7 Danau Terindah di Dunia, Keindahan Surgawi di Bumi

Danau terindah dunia yang keindahaannya menyaingi alam surgawi (Instagram/@trekkingtoes).

Danau merupakan sebuah perairan tenang yang menempati sebuah cekungan yang ada di daratan. Bebeda dengan laut atau sungai, perairan danau cenderung lebih tenang sehingga sangat cocok untuk merileksasikan pikiran setalah sekian lama berjibaku dengan rutinitas harian yang padat.

Diantara semua danau yang ada di dunia terdapat beberapa danau yang memiliki panorama alam yang luar biasa indah, bahkan keindahannya disebut-sebut menyamai keindahan alam surgawi. Berikut ini disajikan beberapa danau terindah yang ada di dunia.

1. Danau Hillier, Australia

(Instagram/@dream.044)

Danau Hillier merupakan sebuah danau salin yang terletak di Kepulauan Recherche di wilayah Goldfields-Esperance, tepatnya di Middle Island, Australia. Keunikan Danau Hillier yang paling mencuri perhatian adalah warna airnya yang merah muda. Warna ini awalnya diduga berasal dari alga, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut diketahui bahwa warnanya berasal dari mikroba Extremophile. Danau ini juga memiliki salinitas yang sangat tinggi bahkan dianggap sebanding dengan Laut Mati.

2. Yucatan Cave Lake, Meksiko

(Instagram/@louisepaul16)

Seperti namanya, Yucatan Cave Lake berlokasi di dalam sebuah gua kapur di Meksiko dengan perairan biru jernih yang memukau mata. Berdasarkan catatan ilmuwan diketahui Yucatan Cave Lake terbentuk akibat peristiwa tektonik maha dahsyat sekitar lebih dari dua juta tahu lalu. Ketika Peradaban Suku Maya berkembang di Semenanjung Yucatan, Yucatan Cave Lake dianggap sakral karena dipercaya sebagai tempat tinggal Dewa Hujan.

3. Danau Five Flower, Tiongkok

(Instagram/@farenexus)

Danau Five Flower di Tiongkok dikenal akan keindahannya yang tidak ada duanya. Danau ini juga seringkali dijuluki sebagai “Son of The Sea”. Danau Five Flower memiliki warna air yang sangat berwarna-warni mulai dari biru, merah, kuning, hingga hijau. Dengan kedalaman hanya lima meter dan air yang jernih membuat dasar danau dapat dilihat langsung oleh mata dari permukaan danau.

4. Danau Plitvice, Kroasia

(Instagram/@visit_plitvice_lakes)

Danau Plitvice merupakan danau di Kroasia yang tersusun dalam kaskade. Danau ini saling berhubungan dan dipisahkan oleh bendungan alam travertine yang tumbuh 1 cm per tahun. Terdapat beberapa mikroorganisme yang mendiami Danau Plitvice dengan kemampuan untuk merubah warna air danau mulai dari biru, hijau, hingga abu-abu tergantung sudut matahari.

5. Danau Kawah, Oregon

(iNews)

Danau Kawah merupakan danau di Oregon yang terbentuk akibat letusan Gunung Mazama pada 7.700 tahun yang lalu. Danau kawah adalah kaldera danau dengan kedalaman 2.148 kaki dan menjadi yang terdalam di Amerika Serikat. Danau kawah tidak terhubung dengan sungat atau badan air lainnya, sehingga dianggap sebagai sumber air paling murni di dunia.

6. Danau Baikal, Siberia

(Instagram/@undeaadgirl)

Danau Baikal merupakan satu-satunya danau paling ajaib dengan keindahan alam paling menakjubkan di dunia. Danau baikal terbentuk akibat retakan kerak bumi yang kemudian digenangi oleh air. Celah retakan ini menjadi yang terdalam di dunia mencapai 1.642 meter. Saat musim dingin melanda Siberia, danau ini akan membeku dan menampilkan kristal-kristal es berwarna biru yang indah.

7. Danau Moraine, Kanada

(Instagram/@trekkingtoes)

Danau Moraine merupakan danau indah yang dikelilingi oleh Canadian Rocky Mountains. Dengan warna air yang kebiruan dengan pepohonan hutan disekelilingnya membuat danau ini tampak begitu memukau mata. Saat malam hari, pantulan cahaya bintang-bintang akan menerangi permukaan danau sehingga tampak seperti peta bintang tata surya.

Dapatkan ulasan menarik tentang danau dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar