Buah Merah Asli Papua, Tanaman Tradisional yang Kaya Manfaat

Buah merah, buah tradisional khas dari Papua yang kaya akan manfaat (Instagram/@ulinepo).

Buah merah merupakan tanaman tradisional khas dari Papua yang terkenal dengan manfaatnya yang beragam. Buah Merah memiliki nama ilmiah Pandanus conoideus dan masih berkerabat dekat dengan tanaman pandan-pandanan. Dari segi morfologi, buah merah dapat tumbuh hingga ketinggian 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang 5-8 meter dan diperkuat oleh akar tunjang di area pangkal batang.

Beberapa daerah di Papua yang banyak ditumbuhi buah merah diantaranya adalah Jayapura, Manokwari, Nabirem dan Wamena. Buah merah biasa dikonsumsi oleh suku-suku adat asli Papua yang menjadi buadaya. Awalnya masyarakat Papua zaman dulum belum mengetahui jika buah merah dapat dikonsumsi. Namun setelah mereka melihat seekor anjing memakan buah merah dan tidak terjadi apa-apa, mereka pun mulai mencoba untuk mengonsumsinya.

Beberapa ahli telah melakukan penelitian terhadap kandungan dan kahsiat dari buah merah dengan hasil yang mencengangkan. Buah merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi, selain itu juga ditemukan kandungan protein, karbohidrat, lemak baik, vitamin E, vitamin C, karoten, betakaroten, dan tokoferol. Sedangkan dari sisi manfaatnya, buah merah memiliki khasiat sebagai antikanker, antiperadangan, antivirus dan antimikroba, serta antikolesterol.

Masyarakat Papua biasanya mengkonsumsinya dengan cara dimakan langsung atau sebagai bumbu masakan. Khusus untuk bumbu masak, sebelum digunakan buah merah terlebih dahulu harus ditumbuk dan ditambah air untuk selanjutnya disaring hingga diperoleh saus merah kental. Minyak dari ekstrak buah merah dapat digunakan sebagai pelengkap makanan dan pewarna alami.

Papua memang memiliki keunikannya tersendiri. Walaupun masih dalam satu geografis Indonesia, Papua memiliki bentang alam yang jauh berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya. Sebagian wilayah papua memiliki kemiripan dengan Australia, namun dengan lebih banyak hutan tropis. Papua memiliki beberapa destinasi wisata alam yang belakangan sangat populer seperti Raja Ampat, Wayag, dan Piaynemo. Jika anda tertarik untuk berkunjung, Amabel Travel memiliki penawaran menarik paket wisata ke destinasi-destinasi tersebut. Cek sekarang di Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang papua dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar