Booking Online Gunung Rinjani Berlaku Mulai April, Ini Caranya

booking online gunung rinjani

Booking online bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi. Foto oleh Adi Nugrahanto/Phinemo.com

Mengakomodir kebutuhan pendaki di era digital, beberapa pengelola gunung di Indonesia telah menyediakan fasilitas booking online dalam pembelian tiket pendakian. Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani juga tak mau kalah. Sistem booking online Gunung Rinjani akan mulai diberlakukan per 1 April 2018, bersamaan dengan pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Rinjani.

Saat ini aktivitas pendakian Gunung Rinjani memang sedang ditutup mulai 1 Januari-31 Maret 2018. 

Booking online Gunung Rinjani ini bisa dilakukan via website erinjani.net dan aplikasi android eRinjani. 

Baca juga: Fakta-fakta Gunung Rinjani yang tak banyak orang tahu.

Jika sudah mengunduh aplikasinya, daftar dan buat akun di aplikasi eRinjani dengan mengisi data diri lengkap. Setelah membuat akun, silakan pilih tanggal pendakian.

Untuk harga tiket pendakian, ada perbedaan bagi pendaki dalam negeri dengan pendaki mancanegara. Untuk pendaki dalam negeri, dikenakan harga Rp5.000,- dan pendaki mancanegara dikenakan harga Rp150.000,-. Harga tersebut naik saat akhir pekan dan hari libur.

Pemesanan yang telah dilakukan bisa dilihat di menu My Booking.

Yang tak kalah penting, ada batasan waktu antara pemesanan dengan waktu transfer agar pesanan tidak hangus dan harus pesan ulang.

Pendaki yang ingin mendaki Gunung Rinjani hanya diperbolehkan melalui jalur resmi, yaitu Sembalun, Senaru, Aik Berik, dan Timbanuh.

Rinjani, gunung impian para pendaki

Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini juga menyandang gelar sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Rinjani menjadi favorit pendaki karena merupakan salah satu dari seven summits Indonesia. Selain itu pemandangan yang ditawarkan juga sangat istimewa.

Ada beberapa fakta menarik mengenai Gunung Rinjani:

#1. Di Gunung Rinjani, pendaki akan menemukan Segara Anak yang indahnya tak bisa diungkapkan kata-kata.

#2. Pemandangan Segara Anak juga terdapat di mata uang Rp 10.000-an tahun 1998.

#3. Dari tebing, pendaki juga bisa lihat ada Kawah Gunung Batujari. Gunung ini berada di tengah-tengah Segara Anak yang mengeluarkan sulfur dari kawahnya.

#4. Trek yang dilewati saat pendakian tergolong berat, karena itu gunung ini tidak terlalu disarankan bagi pemula yang samasekali belum pernah mendaki gunung.

#5. Rinjani berada di persinggungan garis batas Wallace di mana flora dan fauna tipe Asia dan Australia bertemu.

#6. Di Gunung Rinjani juga terdapat pemandian air panas, uniknya suhu tiap-tiap air di kolam berbeda-beda.

#7. Ada stalaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas. Gunung di Indonesia yang memiliki goa seperti ini hanya Rinjani.

#8. Rinjani juga sering disebut sebagai gunung ter-romantis. Hal tersebut karena di Rinjani terdapat spot sunset terbaik, yaitu di Plawangan Sembalun. 

#9. Rinjani juga punya Padang Savana Sembalun Lawang. Savana ini merupakan titik mula pendakian ke Puncak Rinjani. Di sini juga terdapat bekas jalur aliran lahar dingin.

#10. Di Rinjani, para pendaki juga bisa menemukan berbagai macam air terjun. Kurang lebih ada 20 air terjun yang akan ditemui selama pendakian.

#11. Penghargaan dunia yang telah diterima Gunung Rinjani yakni World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler pada tahun 2004. Pada tahun 2005 TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tommorow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tomorrow Award. Selain serentetan penghargaan itu, Gunung Rinjani disebut sebagai gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.

#12. Hubungan warga lokal tidak hanya sebatas nilai ekonomi, lebih dari itu, masyarakat setempat menjalin hubungan apik antara ekologi, spiritual, dan ekonomi. Bahkan, bagi masyarakat sasak (masyarakat lokal), Gunung Rinjani dianggap mempunyai nilai spiritual yang tinggi. Masyarakat sasak begitu menghormati Gunung Rinjani. 

#13. Gunung Rinjani juga melambangkan perwujudan kerukunan antar umat beragama. Khususnya umat Hindu Lombok dan Islam Watu Telu. Kedua umat tersebut menganggap sakral Danau Segara Anak. Terkadang, umat Islam Watu Telu berdoa di Danau Segara Anak pada saat purnama. Sedangkan umat Hindu, mereka melakukan ritual Mulam Pakelem dengan cara melarungkan persembahan di Danau Segara Anak. Ritual ini bertujuan untuk keharmonisan alam semesta.

#14. Pendaki yang berhasil mencapai Puncak Rinjani berhak melihat kaki langit yang luas tanpa batas. Lanskap pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung, Gunung Tambora, dan lautan lepas terlihat jelas. 

#15. Gunung Rinjani mempunyai tiga jalur pendakian yang paling sering digunakan pendaki; jalur Senaru, jalur Sembalun, dan jalur Torean. Dari ketiganya itu Jalur Senaru lebih sering dilewati para pendaki daripada jalur-jalur lain.

#16. Di Puncak Gunung Rinjani, pendaki bisa menjumpai Bunga Edelweiss. Tapi ingat, bunga ini tidak boleh dipetik.

Dapatkan ulasan menarik tentang Gunung Rinjani dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: ,

Paket Produk Penawaran