BTNGR Resmikan Jalur Baru Pendakian Gunung Rinjani

Air terjun Benang Stokel di Desa Aik Berik. Foto diambil dari sini

Berencana mendaki Gunung Rinjani? Cobalah jalur pendakian baru ini! Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) baru saja membuka jalur baru menuju Danau Segara Anakan melalui Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah.

jalur pendakian gunung rinjani

Air terjun Benang Stokel di Desa Aik Berik. Foto diambil dari sini

Dilansir dari Lombokita, jalur pendakian Gunung Rinjani Aik Berik baru resmi dibuka hari ini, 20 Mei 2016. Sebenarnya, jalur ini sudah lama digunakan beberapa pendaki, namun belum sepopuler jalur Senaru dan Sembalun. BTNGR baru meresmikan jalur ini karena mempertimbangkan animo pendakian Gunung Rinjani.

Jalur ini relatif lebih dekat jika dibandingkan dengan jalur pendakian Rinjani via Sembalun. Jika melewati jalur ini, para pendaki membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai Danau Segara Anakan. Terpaut 2 jam lebih cepat dari jalur Sembalun yang memerlukan waktu 10 jam untuk sampai di Segara Anakan.

Jika Anda mendaki melalui jalur ini, Anda tak perlu khawatir untuk kekurangan persediaan air. Karena Anda bisa memperoleh 6 sumber mata air di sepanjang jalur pendakian Gunung Rinjani Aik Berik. Keenam sumber mata air tersebut adalah Sungai Tereng, Sungai Geres, Monte, Pondok Amak Ros, Sungai Umar Maye dan di Sungai Terakhir yang berada di bawah Pelawangan Umar Maye.

Mendaki melalui jalur Aik Berik mempunyai beberapa keuntungan. Selain jarak waktu tempuh yang lebih singkat, Anda akan disuguhi panorama alam yang indah dan hutan yang lebat. Trek pendakian juga cenderung lebih landai. Bonusnya lagi, Anda bisa bertemu aneka ragam satwa hutan liar seperti rusa, babi rusa, landak, dan berbagai jenis burung.

Untuk mencapai jalur baru ini, Anda bisa terbang menuju Lombok Tengah. Setelah itu, Anda bisa menggunakan mobil atau kendaraan lain menuju kecamatan Batukliang. Dari Batukliang, Anda pergi menuju Desa Aik Berik.

Dengan resmi dibukanya jalur pendakian Gunung Rinjani Aik Berik berarti total terdapat 4 jalur pendakian Gunung Rinjani. Tiga lainnya yaitu Jalur Timbanuh Kecamatan Pringgasela, Jalur Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, dan Jalur Senaru Kabupaten Lombok Utara.

Baca Juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar