Sidebar

5 Gunung Paling Angker di Indonesia, Jangan Mendaki Sendiri!

Beberapa gunung sangat lekat dengan cerita mistis dan keangkerannya yang melegenda. Berikut ini disajikan beberapa gunung di Indonesia paling angker.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pendakian menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati belakangan ini oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pemandangan alam yang indah dan udara yang masih asri akan merileksasikan pikiran dan otot-otot yang tegang setelah sekian lama berjibaku pada rutinitas harian. Meskipun pendakian adalah kegiatan yang menyenangkan, namun terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari fisik hingga mental.

Gunung adalah alam liar yang penuh dengan kejutan dan membahayakan, dari hal ini jelas gunung bukan untuk mereka yang penakut. Bagi sebagian masyarakat, gunung menjadi tempat tinggi yang disucikan karena dihuni berbagai kerjaan ghaib. Beberapa gunung sangat lekat dengan cerita mistis dan keangkerannya yang melegenda. Berikut ini ulasannya.

1. Gunung Arjuno – Alas Lali Jiwo

(bali.tribunews.com)

Gunung Arjuno dikenal sangat angker karena keberadaan sebuah kawasan hutan yang bernama Alas Lali Jiwo. Setiap pendaki yang melintasi hutan ini dihimbau untuk tetap foksu dan jangan sampai terpencar karena resikonya sangat besar. Mereka yang terpencar dipastikan akan hilang untuk selama-lamanya. Penting untuk tetap mengutamakan sopan santun saat melintasi Alas Lali Jiwo dengan tidak mengeluh, memaki, apalagi mengumpat.

2. Gunung Latimojong – Hantu Poppo

(backpacker-kere.com)

Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Gunung ini dikenal angker karena dipercaya menjadi tempat tinggal bagi Hantu Poppo. Salah satu makhluk astral yang berwujud manusia terbang dengan mata merah menayala. Konon Hantu Poppo seringkali menculik para pendaki pada malam hari. Oleh karena itu setiap pendaki dihimbau untuk selalu siaga apabila mendengar suara “pok…pok…pok” berulang-ulang karena keberadaan Hantu Poppo sudah semakin dekat.

3. Gunung Merapi – Desa Ghaib

(yogyakarta.kompas.com)

Selain karena masih berstatus aktif, Gunung Merapi juga dianggap sangat berbahaya karena keberadaan sebuah desa ghaib yang tak kasat mata. Konon setiap pendaki dengan perangai buruk dan hati tidak bersih akan tersesat di desa ini. Sebagian akan ditemukan meninggal berhari-hari kemudian, sebagian lagi hilang hingga entah kapan. Terdapat satu pantangan saat tiba-tiba melintasi desa ghaib ini, yaitu jangan pernah mencoba makanan yang ditawarkan. Bagi mereka yang melanggar tidak akan lagi bisa kembali ke alam manusia.

4. Gunung Lawu – Mistis di Setiap Langkahnya

(travel.kompas.com)

Gunung Lawu yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal sangat angker. Beberapa titik yang dianggap angker seperti Bulak Peperangan yang berada sebelum puncak. Tempat ini konon sering terdengar suara gaduh seperti perang. Terdapat juga mitos tentang Pasar Dieng, pasar ghaib yang dapat dikunjungi oleh manusia. Sekali masuk ke pasar ghaib ini konon akan sangat sulit mencari jalan keluar.

5. Gunung Rinjani – Segara Anak

(pagitrans.com)

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu puncak dengan panorama alam yang sangat indah. Sehingga tak heran jika banyak pendaki yang mencoba menaklukannya. Namun demikian Gunung Rinjani juga dikenal akan keangkerannya, terutama di Sagara Anak. Konon Sagara Anak adalah tempat berdirinya kerajaan jin yang dipimpin oleh Dewi Anjani yang jelita. Setiap pendaki dilarang untuk berkata kotor, mengumpat, atau memaki selama disini demi keselamatan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Gunung Rinjani Ditutup Setelah Turis Pesta Dugem di Bukit Propok

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Pondok Merapi Selo, Hotel dengan Pemandangan Teras Gunung Merapi

Kenapa Indonesia Banyak Gunung Berapi? Ternyata Ini Alasannya

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Rusak Setelah Viral di Media Sosial

Air Terjun Penimbungan, Keindahan Tak Terjangkau di Gunung Rinjani

FALLBACK
The END