Empat Awan Ini Dianggap Berbahaya bagi Dunia Penerbangan

awan mammatus yang berbahaya (Foto/Uniqity)

Dunia penerbangan rupanya memiliki beberapa pantangan terhadap awan-awan yang dianggap berbahaya bagi kelangsungan perjalanan.

Baca Juga: Inilah Wujud Fenomena Alam Paling Indah yang Pernah Terekam Kamera

Ingin tahu apa saja awan-awan yang dianggap berbahaya itu? Mari simak info berikut ini.

1. Awan Pancake atau UFO

dunia penerbangan

awan yang memiliki bentuk seperti ufo (Foto/Grid.id)

Awan ini terdapat di daerah puncak gunung dan dataran tinggi. Bentuk yang mirip seperti roti pancake atau piringan UFO ini, membuat awan ini dijuluki demikian.

Meski memiliki bentuk yang indah, namun awan ini sungguh berbahaya. Di daerah sekitar awan ini sering terjadi embusan angin yang kuat dan kencang.

Embusan kuat inilah yang membuat bahaya bagi pesawat yang sedang melintas di sekitarnya. Bila pesawat nekat untuk melintas di sini, maka besar kemungkinan pesawat justru akan oleng dan hilang kendali.

2. Awan Morning Glory

dunia penerbangan

awan morning glory yang berbahaya (Foto/Everything)

Sering disebut roll cloud atau awan gulung, awan ini termasuk dalam fenomena meteorologi yang sangat langka.

Peristiwa ini pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia, namun biasanya dapat diamati di Teluk Carpentaria, Australia.

Gulungan awan yang panjangnya dapat mencapai 1.000 km (hampir sepanjang Pulau Jawa), tinggi dapat mencapai 1-2 km, tapi kadang hanya sekitar 100-200 m dari atas permukaan bumi.

Awan ini dapat bergerak dengan kecepatan hingga 60 km/jam. Umumnya formasinya hanya terdiri dari satu awan. Namun, terkadang bisa mencapai hingga delapan gulungan awan.

3. Awan Mammatus

dunia penerbangan

awan mammatus yang berbahaya (Foto/Uniqity)

Awan ini terbentuk akibat adanya fenomena dimana awan di langit mempunyai bentuk seperti balon terbalik, bergelombang dan terlihat sangat lembut, dan halus.

Awan ini terbentuk dari banyak macam formasi kristal air di awan yang membentang sejauh ratusan kilometer. Ada banyak sekali mekanisme dalam terbentuknya awan ini.

Meski awan ini mempunyai rupa yang indah, perlu diwaspadai bahwasanya awan ini merupakan tanda akan datang keburukan, yakni cuaca yang ekstrem atau akan datangnya badai.

4. Awan Cumulonimbus

dunia penerbangan

awan cumulonimbus yang berbahaya (Foto/Okezone Techno)

Awan ini merupakan awan populer yang ada di dunia penerbangan. Awan berbentuk tebal vertikal yang menjulang tinggi, padat, mirip dengan gunung atau menara.

Bagian ujung awan ini berserabut, terlihat terbagi atas berjalur-jalur dan hampir rata, lebarnya mirip bentuk landasan pacu yang disebut anvil head.

Baca Juga: Ngeri, Fenomena Gumpalan Awan Besar di Sabah Ini Mirip Ombak Mengamuk

Awan ini berperan langsung dalam badai petir dan cuaca ekstrem . asal mula awan itu adalah hasil dari ketidakstabilan atmosfer di angkasa.

Dapatkan ulasan menarik tentang fenomena langit dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....