Fenomena Rawa Berwarna Pelangi di Virginia yang Indahnya Tiada Dua

fenomena rawa berpelangi di Virginia Amerika Serikat. (Instagram/pinspiredmom)

Baru-baru ini, fenomena rawa berwarna pelangi menjadi sorotan publik Virginia, Amerika Serikat. Awal mula dari pemberitaan ini adalah berupa foto yang diunggah oleh seorang pria di situs Reddit  dan disukai oleh lebih dari 120.000 orang dalam 24 jam.

Foto ini menampakkan genangan rawa yang permukaannya memunculkan warna pelangi di sebuah taman nasional di Virginia, Amerika Serikat.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Kota-kota Besar Indonesia

Brent Rossen, sang pria yang mengunggah foto viral tersebut mengungkakan bahwa ia menangkap ada fenomena unik nan indah itu ketika jalan-jalan bersama pasangannya.

“Pekan lalu saya dan kekasih saya berjalan-jalan ke hutan, lalu untuk pertama kalinya saya melihat sebuah kolam yang permukaan airnya memancarkan warna pelangi,” tulisnya dalam unggahan fotonya.

Muasal fenomena rawa berwarna pelangi

rawa berwarna pelangi

fenomena rawa berpelangi di Virginia Amerika Serikat. Sumber foto.

Datang fenomena rawa berwarna pelangi di taman hutan First Landing State Park, Virginia, AS tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Jeff Ripple, mantan pemandu wisata Florida, mengatakan kepada BBC “Kilau pelangi yang memancar adalah lapisan tipis yang berkumpul di permukaan air dan dihasilkan dari minyak alami yang dilepas oleh tumbuh-tumbuhan yang membusuk atau proses biologis bakteri anaerobik yang membuat zat besi dalam tanah berkurang. ”

Jeff mengungkapkan bahwa air perlu waktu lama agar warna pelangi itu bisa muncul. “Pergerakan yang disebabkan arus kolam, gangguan arus atau angin akan membuat lapisan tipis pelangi berpendar,” katanya.

Jeff menambahkan bahwa fenomena rawa berwarna pelangi ini biasanya terjadi di area yang tidak begitu luas.

Tak hanya di bagian Virginia, Amerika Serikat, fenomena rawa berwarna pelangi ini juga ditemukan di bagian lain di Florida, tepatnya di kawasan bernama Tallahassee.

#rainbowswamp yang bermunculan

rawa berwarna pelangi

fenomena rawa berpelangi di Virginia Amerika Serikat. Sumber foto.

Pensiunan insinyur bernama Michael Hussey melalui BBC mengungkapkan bahwa kolam berwarna pelangi itu terdapat pekarang rumahnya saban hari, dan muncul dengan warna-warna yang berbeda.

“Warna-warna yang ada di permukaan rawa menjadi lebih jelas jika hujan tidak turun selama beberapa minggu,” ujarnya.

Baca Juga: Mereka yang Sengsara Dibalik Hits dan Instagramable-nya Hutan Pinus

Michael mengungkapkan, ia melihat perubahan warna rawa itu setiap tiga atau empat tahun, pada pertengahan Februari.

“Saya sudah melihat kejadian ini kira-kira 10 kali selama 40 tahun saya tinggal di sini,” katanya. “Sangat indah untuk dilihat.”

Fenomena rawa berwarna pelangi ini juga dapat Kamu temui dengan mencari tagar #rainbowswamp di platform media sosial Instagram.

Dapatkan ulasan menarik tentang fenomena alam dan tulisan Lain dari Himas

Tags:

Paket Produk Penawaran