Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti, wisata alam di kaki Gunung Ungaran ini menawarkan beberapa fasilitas untuk liburan bareng keluarga, Villa Umbul Sidomukti salah satunya


Saat berwisata ke kawasan Semarang dan sekitarnya, beberapa orang memilih tempat menginap dengan lokasi strategis; dekat pusat perbelanjaan, bandara, atraksi wisata. Tapi jika Kamu tipe orang yang tak terlalu masalah dengan strategis tidaknya lokasi penginapan serta ingin menginap di kawasan yang tenang ketika berlibur ke Semarang dan sekitarnya, kami bisa berikan rekomendasi yang cocok. 

Ulasan Singkat

Umbul Sidomukti

Taman di Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort. Foto dari Echi / Phinemo.com

Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort yang berada di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang ini memang berada jauh dari pusat kota. Kamu butuh waktu sekitar satu jam perjalanan untuk menuju lokasi. Itu pun kalau tidak macet. 

Tapi, setibanya Kamu di lokasi, penat sepanjang perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan perbukitan dan hijaunya punggung Gunung Ungaran. Suasana sejuk dan angin segar akan menyegarkan pikiran. Tak hanya bisa menikmati ketenangan tinggal di resort saja, Kamu pun bisa mencoba berbagai pilihan wahana wisata. Serunya lagi, Kamu hanya perlu berjalan kaki menuju aneka atraksi wisata yang ingin Kamu coba. 

Bukan hanya unggul dalam pemandangan saja, Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort punya desain kamar yang simple, minimalis, dan ramah lingkungan. Ruang kamar yang sejuk tanpa air conditioning akan membuatmu nyaman berlama-lama di dalam kamar. Apalagi saat melihat keluar kamar, Kamu akan disuguhi hijaunya perbukitan. 

Lokasi

Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort . Foto dari Echi / Phinemo.com

Selain lokasi yang jauh dari pusat kota, Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort ini pun cukup sulit dijangkau menggunakan transportasi publik. Kalau Kamu mulai perjalanan dari bandara Ahmad Yani Semarang, sebaiknya gunakan taksi untuk mengantarkanmu ke sana. Atau mintalah petugas resort untuk menjemputmu di bandara. Namun, airport transfer ini di luar biaya menginap per malamnya.

Bukan hanya permasalahan kendaraan saja. Jalanan dari jalan utama menuju lokasi villa cukup menantang. Kalau Kamu mengendarai mobil pribadi harus siap dengan jalan berkelok dan sedikit terjal. Sepertinya, resort ini memang sangat pas buat Kamu yang suka tantangan. 

Meski berada jauh dari pusat kota, namun resort ini sangat dekat dengan berbagai destinasi wisata unggulan kabupaten Semarang, misalnya Setiya Aji Flower Farm, Candi Gedong Songo, Gua Maria Kerep Ambarawa, Rawa Pening, Museum Kereta Api Ambarawa. 

Ruang Kamar 

Villa Umbul Sidomukti

Ruang kamar. Foto dari Echi / Phinemo.com

Desain ruang kamar yang simple dan minimalis rasanya bisa diterima siapapun yang akan menginap di Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort. Ada empat tipe kamar yang bisa Kamu pilih, yaitu Family Room, Deluxe Room, Superior Room, dan Standard Room. Masing-masing kamar memiliki kapasitas yang berbeda, mulai dari Standard room untuk maksimal 4 orang dan family room yang bisa digunakan untuk 8 orang. 

Harganya pun bervariasi. Untuk standard room dibanderol dengan harga 575.000 per malam, Superior room dihargai 675.000 per malam, deluxe room seharga 725.000 per malam, dan family room seharga 1.250.000. Semua harga tersebut berlaku untuk weekdays, sedangkan saat weekend atau hari besar akan mengalami sedikit kenaikan. 

Fasilitas kamar yang diberikan pun hampir sama seperti hotel atau pun resort lainnya seperti TV, kamar mandi di dalam kamar, kettle heater, dan wi-fi. Hanya saja, karena suhu udara sekitar vila sudah sangat sejuk, jadi pihak resort tidak lagi sediakan air conditioning. 

Makanan

Tak ada menu khusus yang ditawarkan restoran Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort ini. Selayaknya menu makanan yang ada di tempat makan di Indonesia pada umumnya, restoran di sana sediakan nasi goreng, ayam goreng, mie goreng. Namun, dari sekian banyak menu, terdapat satu menu yang sangat diminati pengunjung, yaitu ikan bakar gurame.

Kamu pun tak hanya bisa menikmati makan besar saja. Kalau ingin nongkrong menikmati suasana kaki gunung Ungaran sambil minum kopi, Kamu bisa datang ke cafenya. Snack andalan yang harus Kamu coba adalah tahu serasi khas Bandungan dan singkong keju khas Umbul Sidomukti yang akan membuatmu ketagihan. 

Foto dari Phinemo.com

Fasilitas 

Kolam Renang 

Umbul Sidomukti

Kolam renang Umbul Sidomukti. Foto dari Echi / Phinemo.com

Untuk kolam renangnya, Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort punya kolam renang berlatar perbukitan hijau setinggi 1200 meter di atas permukaan air laut. Kolam renang ini diapit dua jurang sehingga menimbulkan kesan kolam renang di atas awan. 

Akses masuk ke kolam renang sudah termasuk biaya sewa villa per malam. Jadi, Kamu bisa berenang sesuka hatimu. Karena kolam renang Umbul Sidomukti ini terbuka untuk wisatawan umum, lebih baik menikmati kolam ini saat pagi, saat masih sepi pengunjung. Tapi, Kamu pun harus siap dengan suhu dinginnya. 

Kegiatan 

Umbul Sidomukti

Flying fox. Foto dari Echi / Phinemo.com

Bermalam di Pondok Wisata Umbul Sidomukti Family Fun Resort punya kelebihan. Kamu bisa bersantai sambil mencoba beragam pilihan atraksi. Tak hanya fasilitas kolam renang saja, Kamu bisa mencoba wahana lain seperti Flying Fox, Marine Bridge, ATV, Sepeda Awan, Trekking ke Gunung Ungaran, bahkan Paralayang. Namun, kalau Kamu ingin mencoba trekking dan paralayang, sebaiknya pesanlah terlebih dahulu agar pihak resort bisa menyiapkannya untukmu. 

Bukan hanya itu saja, perbukitan di sekitar resort dan pemandangan yang menakjubkan akan menantangmu untuk mengeksplor lebih dalam lagi. Banyak dari pengunjung, yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk sekadar berjalan-jalan di sekitar resort dan berwisata fotografi. 

Kelebihan 

– punya pemandangan pegunungan yang super epik

– punya banyak pilihan wahana permainan

– berada dalam satu kawasan wisata 

– punya banyak pilihan cafe buat nongkrong, pondok kopi dan panorama 

– suasana yang sejuk 

– dekat dengan banyak destinasi wisata unggulan Kabupaten Semarang seperti Rawa Pening, Museum Kereta Api, Candi Gedong Songo 

Destinasi Wisata Sekitar 

– Candi Gedong Songo +/- 15 menit 

– Rawa Pening +/- 30 menit 

– Museum Kereta Api Ambarawa +/- 30 menit 

– Setiya Aji Flower Farm +/- 20 menit 

Informasi lebih lengkap bisa hubungi 

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran,

Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661

0828-9203-1261


Destinasi di Sekitar Pondok Wisata Umbul Sidomukti






Eling Bening

kampung-laut-semarang

Kampung Laut

pondok kopi sidomukti




Hotel Lainnya