Hotel Gumaya Semarang

Hotel Gumaya kerap menjadi pilihan orang yang tengah melakukan perjalanan bisnis maupun liburan di Kota Semarang. Ini fasilitas yang mereka tawarkan


Menginap di hotel bintang lima demi mendapat layanan prima saat perjalanan bisnis atau liburan keluarga kerap menjadi pilihan banyak orang. Di Kota Semarang, Kamu bisa mendapatkan hal tersebut, salah satunya di Gumaya Tower Hotel. 

Ulasan singkat

Lounge di area lobi

Area santai di lounge lobi. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Gumaya, salah satu hotel bintang lima di Kota Semarang. Letaknya tak jauh dari pusat kota dan berada di ruas jalan utama.

Untuk mencapai hotel ini dari Bandara Ahmad Yani butuh waktu sekitar 20 menit jika kondisi jalan lancar. Kamu bisa memanfaatkan layanan free pick up dari bandara atau taksi untuk menuju hotel ini. 

Hotel Gumaya tampil elegan, terlihat dari pertama kali masuk ke area Chatter Lounge yang ada di lobi utama hotel. Ruangan lobi dengan ornamen modern terlihat mewah. Dari pintu masuk menuju meja resepsionis dihiasi tanaman hijau, cukup menyegarkan mata. 

Ada setidaknya 259 kamar dengan berbagai tipe, mulai dari deluxe, new deluxe, grand deluxe, tower club, royal suite, dan presidential suite. Dengan rate terendah sekitar Rp1.500.000,- masing-masing kamar di Hotel Gumaya tentunya punya fasilitas berbeda. Namun ada juga fasilitas yang bisa dinikmati semua tamu hotel dengan gratis, beberapa di antaranya shuttle penjemputan, air minum sepuasnya dan breakfast. Selain itu, masih ada banyak juga fasilitas di Hotel Gumaya. Beberapa di antaranya ballroom, kolam renang, fitness centre, business centre, resto, executive lounge, sauna, spa dan banyak lagi. 

Lokasi

Executive lounge Gumaya

Ruang executive lounge untuk tamu kamar executive. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Gumaya terletak di salah satu ruas jalan utama pusat Kota Semarang. Hal ini menyebabkan area jalanan di dekat hotel rawan macet, namun hal ini juga menjadikan lokasi Hotel Gumaya menjadi sangat strategis. Lokasi Hotel Gumaya Tower juga sangat dekat dengan berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata sejarah. 

Hotel yang berada di area padat bangunan ini memang akan memberikan pemandangan lanskap perkotaan. Tapi kalau Kamu pintar memilih kamar, laut utara Jawa dan kapal-kapal pelabuhan akan menjadi satu pemandangan yang cantik yang bisa dinikmati. Apalagi saat sore, Kamu akan bisa melihat hangatnya matahari saat mulai turun ke peraduan. 

Foto dari Phinemo.com

Ruang kamar

Ruang kamar Gumaya

Salah satu ruang kamar hotel Gumaya. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Untuk rate harga terendah adalah kamar deluxe dengan kisaran harga sekitar Rp1.500.000-an. Di tipe kamar ini Kamu bisa menikmati ruang seluas 40 meter persegi lengkap dengan fasilitas yang disediakan, mulai dari tempat tidur, TV, AC, meja dan kursi, telepon, shower, sampai bath tube. Fasilitas ini juga mirip dengan yang ada di kamar tipe new deluxe.

Gumaya Tower Hotel kerap menjadi pilihan tempat menginap orang penting di Indonesia, sebut saja Presiden Jokowi dan mantan presiden SBY. Untuk tamu sekelas mereka, disediakan kamar tipe presidential suite atau KPS. KPS ini memiliki luas 260 meter persegi dan dilengkapi fasilitas mewah. Mulai dari area ruang kerja pribadi, dapur pribadi, kontrol AC pribadi, ruang keluarga, brankas, TV 42″, akses kunci super canggih, dan banyak lagi lainnya. Ruang kamar ini terletak di lantai paling atas yaitu lantai 17. 

Untuk kamar tipe grand deluxe, tower club, royal suite bisa dikatakan sebagai kamar tipe eksekutif di Gumaya Tower. Salah satu fasilitas yang membedakan tipe kamar ini dengan kamar deluxe atau new deluxe adalah adanya executive lounge. Untuk tipe kamar grand deluxe ke atas para tamu akan mendapat akses masuk ke executive lounge yang ada di lantai 11. 

Executive lounge di lantai 11 merupakan tempat bersantai, terdapat jejeran sofa yang ditata simpel dengan paduan warna putih dan abu-abu. Hiasan dinding yang berupa lukisan-lukisan unik membuat ruang kecil ini makin mewah dan eksklusif. Di executive lounge ini disediakan juga berbagai jenis cemilan seperti kue dan roti, alam pemanggang roti, selai, minuman, alat pembuat kopi sampai lemari pendingin. 

Kolam renang

Kolam renang Gumaya

Kolam renang di hotel Gumaya Tower. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Untuk ukuran hotel bintang lima, kolam renang di Gumaya Tower Hotel memang tidak terlalu besar. Berada di lantai tiga dan hampir semua bagian tepi kolam tertutup dinding membuat pemandangan dari kolam renang ini sedikit terbatasi. Mungkin karena memang ini dibuat supaya privasi para tamu lebih terjaga karena banyak gedung tinggi di sekitar Hotel Gumaya.

Berada di lantai tiga juga menjadikan angin di sekitar kolam tidak terlalu kencang, tapi masih terasa sepoi-sepoinya. 

Ada beberapa kursi untuk berjemur di tepian kolam. Kalau ingin bersantai di tempat yang lebih teduh saat siang juga sudah disediakan kursi sofa di sudut luar kolam renang. 

Meski kecil, tapi kolam di Gumaya sangat bersih. Kolam renang ini juga tertutup untuk umum, jadi kenyamanan tamu terjaga.

Makanan

Cake corner Gumaya

Salah satu menu kue cake corner Gumaya. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Gumaya tentu memiliki banyak pilihan menu makanan di restonya. Meski salah satu resto yang dimiliki bertajuk resto internasional, tapi di sini juga tetap menyediakan menu makanan Asia, bahkan Jawa. Bahkan ada juga resto khusus untuk masakan chinese yaitu Noble Court. Resto ini menyediakan berbagai jenis masakan chinese yang 100% halal untuk para muslim.

Ada setidaknya lima resto di Gumaya, yaitu Cascade, Chatter Lounge, Noble Court, Skyline dan Tower Club Lounge, Di Cascade, biasanya menu makanan yang disajikan dalam bentuk a la carte dan buffet. terkadang di resto ini juga dilakukan aksi live cooking langsung oleh cheff. 

Chatter Lounge adalah lobi sekaligus resto dengan suasana yang santai. Tamu bisa merokok di ruangan ini. Terdapat berbagai jenis minuman, kue dan juga makanan dengan harga mulai sekitar Rp40.000,-

Berbeda dengan Tower Club Lounge dan Skyline, kedua resto ini bisa dibilang merupakan resto kelas eksekutif di Hotel Gumaya. Letaknya di lantai 17 dan memiliki desain ruang mewah dan megah. Di Skyline misalnya, Kamu akan melihat indahnya Kota Semarang secara menyeluruh 360 derajat karena Skyline memiliki jendela kaca setinggi 6 meter ke langit-langitnya.

Hiburan

Fitness centre Gumaya

Fitness centre Gumaya juga terbuka untuk umum. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Fasilitas hiburan untuk para tamu cukup beragam. Mulai dari spa, sauna, fitness centre, hingga mini golf. Fitness centre di Hotel Gumaya juga lengkap, termasuk di dalamnya ada training TRX, Muay Thai, aerobik, dan banyak lagi lainnya. Selain untuk tamu hotel, fitness centre ini juga dibuka untuk umum. Tapi Kamu harus berlangganan bulanan atau tahunan jika ingin melakukan latihan secara rutin di sini. 

Masih dalam satu kawasan yang sama, ada juga area untuk memanjakan diri dengan pijatan di ruang spa. Jadi kalau Kamu sudah lelah berenang atau fitness, bisa langsung memanjakan diri dengan spa di sini. Atau bisa juga sauna sambil bersantai baca buku dan ngobrol. Di area luar terdapat juga mini golf yang bisa Kamu mainkan. Memang tidak terlalu besar, tapi cukup untuk melatih kemampuan bermain golf-mu. 

Di sini terdapat pertunjukan live music setiap hari dari jam 7 sampai 9 malam. Adapun alat musik yang dimainkan adalah piano dan saxophone. Ini menjadi satu-satunya yang ada di hotel Semarang. 

Fasilitas lain

Executive lounge Gumaya

Ruang executive lounge untuk tamu kamar executive. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Gumaya juga menyediakan beberapa fasilitas lain untuk kepentingan tamu. Di antaranya adalah shopping centre dan business centre. Shopping centre ini merupakan area belanja batik yang dikelola oleh Anne Avantie, letaknya di lantai dasar lobi di balik tangga eskalator. Kamu bisa membeli oleh-oleh baju batik dan berbagai aksesoris bernuansa batik di sini. 

Jika Kamu butuh akses internet menggunakan komputer atau butuh mencetak dokumen tertentu, bisa menggunakan business centre. Di sini dilengkapi juga dengan mesin fotokopi, scanner dan akses internet kecepatan tinggi. Business centre ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 11 malam. 

Kelebihan

  • Fasilitas lengkap
  • Ballroom
  • Meeting room
  • Kolam renang lengkap dengan fitness centre, spa, sauna
  • Lokasi di tengah kota
  • Memiliki view ke laut utara Jawa
  • Setiap lorong dan ruang kamar berkarpet
  • Parkir luas

Destinasi wisata terdekat

  • Wisata kuliner Semawis (+/- 5 menit)
  • Tugu Muda (+/-6 menit)
  • Lawang Sewu (+/- 6 menit) 
  • Toko Oen (+/- 3 menit)
  • Paragon Mall (+/- 4 menit)
  • Kawasan Kota Lama (+/- 5 menit)

Informasi lebih lanjut hubungi

Jl. Gajah Mada No. 59-61 Semarang

Jawa Tengah 50134

Telepon : 024 355 1 999

Fax : 024 355 1 777

Email: [email protected]


Destinasi di Sekitar Hotel Gumaya Semarang






toko oen

Toko Oen

cimory on the valley
eling bening

Eling Bening





Hotel Lainnya