Sedang liburan ke Semarang tiba-tiba ingin menginap di hotel dengan harga terjangkau tapi berada di pusat kota? Tak perlu khawatir, karena sekarang Semarang sudah punya banyak sekali pilihan hotel sesuai keinginan dan kebutuhanmu. Untuk hotel dengan kamar luas, harga terjangkau dan berada di pusat kota ini sepertinya Hotel Merbabu masuk dalam kategori yang pas. Berikut ulasan kami tentang Hotel Merbabu.

Ulasan singkat

hotel merbabu semarang

Area free akses wi-fi. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Merbabu merupakan hotel bintang satu yang berada di pusat keramaian Kota Semarang. Letaknya berdekatan dengan salah satu pusat wisata belanja terbesar yang ada di kota lumpia ini. Mungkin banyak orang tak akan menyangka bahwa di deretan bangunan megah Jalan Pemuda ada Hotel Merbabu, karena letak bangunannya yang agak menjorok ke dalam. 

Meski masuk dalam kategori hotel bintang satu, namun Hotel Merbabu memiliki ruang kamar yang luas. Bahkan ada banyak kamar yang memiliki teras dan langsung menghadap ke alam terbuka. Jika dilihat dari desain bangunan dan aksesoris yang digunakan, hotel ini memang terlihat seperti bangunan yang sudah cukup berumur. Misalnya dari pemilihan kursi, meja dan lemari yang menggunakan model lawas. Atau dari beberapa titik hotel yang nampak usang dan lusuh.

Di semua bangunan Hotel Merbabu tidak dilengkapi dengan lift. Jadi kalau tamu mendapat kamar di lantai tiga, maka harus naik tangga dari lantai dasar ke lantai tiga. Ini juga yang menambah kesan bahwa Hotel Merbabu memang hotel yang sudah cukup tua di Kota Semarang.

Fasilitas free wi-fi pun hanya ada di area lobi saja, sedangkan di dalam kamar tidak ada layanan internet gratis dari pihak Hotel Merbabu. Namun satu hal yang menguntungkan jika menginap di hotel ini adalah, lokasinya yang dekat dengan destinasi wisata dan juga biaya menginap yang cukup murah jika dilihat dari luas kamar yang didapatkan tamu. 

Lokasi

hotel merbabu semarang

Halaman sekaligus area parkir kendaraan. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Merbabu terletak di salah satu jalan protokol Kota Semarang, yaitu Jalan Pemuda. Salah satu jalanan yang juga terkenal dengan kemacetannya di saat jam-jam sibuk. Namun demikian jalan ini merupakan lokasi yang strategis karena dekat dengan berbagai destinasi wisata, stasiun, juga area perkantoran swasta dan pemerintahan.

Jarak dari Bandara Ahmad Yani juga tidak terlalu jauh, sekitar 4,8 km dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Jika dari Stasiun Besar Tawang tamu hotel hanya perlu menempuh jarak sekitar 2,7 km dengan waktu tempuh berkisar 1o menit. Tentunya waktu tempuh ini juga bergantung dengan kondisi jalan. 

Foto dari Phinemo.com

Ruang kamar

hotel merbabu semarang

Kamar dengan ukuran yang lebih luas dan twin bed. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Merbabu memiliki kamar dengan ukuran yang cukup luas jika dibandingkan dengan beberapa hotel bintang satu lainnya. Ada setidaknya 63 kamar yang terbagi dalam lima tipe di antaranya tipe standar, superior, deluxe, suite dan family. Masing-masing kamr dilengkapi dengan berbagai fasilitas misalnya AC, shower, TV kabel, meja, kursi, electric kettle, dan telepon. 

Meski demikian ada beberapa kekurangan di kamar hotel yang luas ini. Di antaranya tidak adanya jaringan atau akses internet di dalam kamar. Sehingga tamu yang butuh akses internet di hotel harus menuju ke area lobi utama. Selain itu beberapa perabotan atau peralatan di dalam kamar juga ada yang terlihat usang. Mungkin ini tak lepas dari bangunan hotel yang juga terkesan sudah cukup tua. 

Untuk tamu hotel yang kebetulan mendapat kamar di lantai atas juga tidak difasilitasi dengan lift. Sehingga harus jalan kaki dari lantai dasar ke lantai atas. Cukup repot memang, apalagi kalau menginap bersama anak-anak. 

hotel merbabu semarang

Area living room di kamar hotel Merbabu. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Di sisi lain, dengan harga yang cukup terjangkau tamu sudah bisa menikmati kamar yang luas. Di tipe kamar suite dan family bahkan ruang kamar sudah dilengkapi dengan area living room dan juga lemari es ukuran besar. 

Dilihat dari perabotan yang dipilih juga masih termasuk jadul dan model lama. Seperti pemilihan meja kursi sofa kayu khas jaman dulu. Serta lemari kayu yang juga masih menggunakan model lama. Ruangan kamar seperti ini memang cocok untuk tamu yang lebih suka dengan suasana kamar seperti di rumah nenek. Sederhana dan nyaman.

Fasilitas

Resto

hotel merbabu semarang

Area resto untuk sarapan pagi. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Merbabu juga memiliki fasilitas resto untuk para tamu. Tapi resto ini memang tidal selalu buka, karena biasanya hanya digunakan saat jam sarapan pagi saja. Tidak ada yang istimewa dari restoran Hotel Merbabu. Hanya ada tatanan meja kursi yang simpel dan sederhana. Tapi  bisa membawa suasana seperti sedang makan di rumah. 

Kelebihan

  • Harga sewa kamar terjangkau
  • Lokasi strategis
  • Kamar luas

Destinasi wisata terdekat

  • Paragon Mall (+/- 2 menit jalan kaki)
  • Lawang Sewu (+/- 5 menit)
  • Tugu Muda (+/- 5 menit)
  • Pusat oleh-oleh Pandanaran (+/- 5 menit)
  • Simpang Lima (+/- 7 menit)
  • Toko Oen (+/- 6 menit)
  • Kota Lama (+/- 10 menit)

Informasi lebih lanjut hubungi

Hotel Merbabu

Jl. Pemuda No. 122 – 124 Kauman Semarang Tengah

Semarang Jawa Tengah, 50139

Telepon : (024) 3547492


Destinasi di Sekitar Hotel Merbabu Semarang






toko oen

Toko Oen

kampung-laut-semarang

Kampung Laut

kue leker paimo

Kue Leker Paimo