8 Tempat Asyik di Jakarta Untuk Hangout di Akhir Pekan

Akhir pekanmu monoton? Kami punya rekomendasi agar lebih menarik. Di antara semua rekomendasi, Whilshire Restaurant Jakarta salah satu yang wajib Kamu coba.

Ditulis Oleh Echi

Sudah punya rencana jalan-jalan di akhir pekan? Kalau Kamu lagi di Jakarta dan sudah bosan dengan akhir pekan yang itu-itu saja, Kamu bisa coba kunjungi 8 spot ini.

Mau tahu di mana saja? Check these out!

1. Laidback Blues Record Store di Pasar Santa 

Wilshire-Restaurant-Jakarta-5

Laidback Blues Record Store Jakarta. Foto dari sini

Tempat pertama yang bisa Kamu kunjungi adalah Laidback Blues Record Store di Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Laidback Blues Record Store (LBRS) sangat cocok buat Kamu yang tertarik dengan musik, khususnya piringan hitam. Di tempat ini Kamu bisa menemukan koleksi piringan hitam yang cukup lengkap. Harga piringan hitamnya pun relatif terjangkau, mulai dari di bawah 100 ribuan.

Dekorasi Laidback Blues Record Store pun sangat instagenik. Cover piringan hitam dengan desain vintage, lukisan seni yang tergantung di dinding, tempelan-tempelan stiker di pintu, dan bendera warna-warni yang menghiasi dinding, sanggup menarik mata untuk menjepretkan shutter kamera.

Toko ini buka dari jam 3 sore hingga jam 10 malam.

Selain 8 destinasi asik ini, kamu juga bisa kunjungi tempat romantis yang ada di Jakarta ini. Artikel lengkapnya baca di sini ya.

2. Berburu barang unik di Glodok Chinatown 

Wilshire-restaurant-jakarta

Pernak-pernik khas Tiongkok. Sumber foto

Ada apa di Glodok? Glodok merupakan Chinatown-nya Jakarta yang terletak di kampung Taman Sari, Jakarta Barat.

Kalau Kamu suka wisata city tour, Glodok jadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Memang bukan destinasi dengan bangunan instagenik dan jalanan kota yang menarik untuk dipotret, tapi di sana Kamu bisa menemukan bangunan-bangunan peninggalan sejarah, wisata kuliner, berburu barang unik, dan keunikan budaya Tiongkok. 

Kamu bisa wisata religi dengan mengunjungi Toa Se Bio Temple, Dharma Bakti Temple, dan Gereja Khatolik Santa Maria de Fatima. Dari ketiga tempat beribadah tersebut, Gereja Katolik Santa Maria memiliki desain bangunan yang unik. Sekilas bangunan ini terlihat seperti klenteng, namun saat masuk lebih dekat, Kamu akan menemukan suasana gereja khatolik. 

Kalau bosan dengan wisata religi, keliling ke Jalan Pancoran dan Petak Sembilan. Kamu bisa berkeliling sekadar windows shopping. 

3. Sesekali memahami karya seni kontemporer di Art: 1 Gallery 

Wilshire-Restaurant-Jakarta-4

Karya seni kontemporer di Art: 1 Gallery. Foto dari sini

Art: 1 Gallery dibangun sejak 1983. Dulunya, galeri seni ini bernama Mon Decor Gallery. Namun, karena galeri seni ini membutuhkan area yang lebih luas, maka pada tahun 2011 museum ini diperluas dan diganti nama menjadi Art: 1 Gallery. 

Art: 1 Gallery terbagi menjadi dua bagian, Art: 1 New Museum dan Art Space. Museum ini menyimpan beragam koleksi patung, lukisan seni, video art, hingga karya fotografi. Kamu penikmat seni kontemporer? Pasti betah berada di museum ini. 

Untuk bisa menikmati karya seni yang ada di Art: 1 New Museum, Kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp100.000,-. Sedangkan untuk mengunjungi Art Space, Kamu tidak dikenakan biaya. 

4. Mengenal budaya Betawi dari dekat di Kampung Betawi Setu Babakan 

Wilshire-Restaurant-Jakarta-5

Kampung Situ Babakan. Foto dari sini

Kalau Kamu bukan pencinta karya seni kontemporer, coba beralih ke karya seni tradisional dengan kunjungi Kampung Betawi Setu Babakan. Setu Babakan merupakan tempat pelestarian dan pengembangan kebudayaan betawi. Di sana Kamu bisa melihat pertunjukkan tradisional Betawi seperti tari topeng, tari cokek, kasidah, marawis, lenong, seni gambus, dan lenong. 

Selain itu, Kamu bisa piknik bersama keluarga di area sekitarSetu Babakan. Kalau Kamu tak membawa bekal makanan, tak perlu khawatir karena di sana pun terdapat banyak kuliner khas Betawi seperti kerak telor, selendang mayang, atau asinan betawi. 

5. Hunting buku di Post Santa 

wilshire-restaurant-jakarta

Galeri buku Post Santa saat dilihat dari balik jendela kaca. Sumber foto

Ide kegiatan asyik di akhir pekan selanjutnya adalah hunting buku di Post Santa. Toko buku yang berada di Pasar Santa, Jakarta Selatan ini menjadi ruang asyik buat para pencinta buku.

Di tempat ini, Kamu bisa menemukan berbagai buku dari penerbit indie dengan kualitas yang apik seperti Banana, Penerbit Oak, Kata Bergerak, dan Marjin Kiri.

Post Santa tidak hanya menyajikan buku lokal saja, ada buku dari luar negeri. Harga buku tempat ini pun terjangkau, mulai Rp30.000,- (untuk buku lokal) hingga Rp70.000,- Sedangkan buku luar negeri dibanderol dengan harga mulai dari Rp230.000,-.

Toko buku ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu pukul 3 sore hingga 8 malam. Jadi, daripada akhir pekanmu berakhir dengan menghadap layar laptop, lebih baik mampir di Post Santa. Bisa dapat pengetahuan dan teman baru karena ternyata toko buku ini pun sering digunakan sebagai ruang diskusi.

6. Berakhir pekan bersama keluarga dengan bermain-main di Jakarta Aquarium 

Bertemu ikan-ikan lucu di Jakarta Aqurium. Foto dari sini

Ada yang sudah pernah berkunjung ke Jakarta Aquarium? Tempat ini menjadi destinasi seru buat dikunjungi bersama keluarga atau pun teman-teman. Apalagi dekorasi aquarium dibuat dengan desain yang instagenik, Kamu yang suka hunting foto pasti akan betah bermain-main di sana. 

Bukan hanya bisa berfoto, Jakarta Aquarium punya beberapa pilihan atraksi seru seperti Otter Tunnel, Touch Pool, Menyelam Bersama Hiu, Sea trekking, Pearl Of The South Sea, dan Penguin Feeding. Untuk bisa menikmati keseruan di Jakarta Aquarium, Kamu harus membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp175.000,- saat weekdays dan Rp225.000,- saat akhir pekan.

Jakarta Aquarium buka dari jam 10 pagi hingga 8 malam.

7. Mengenal sisi lain kehidupan warga Jakarta dengan mengikuti Jakarta Hidden Tour

Turis asing sedang mengikuti Jakarta Hidden Tour. Foto dari sini

Penasaran dengan kehidupan nyata di balik gemerlapnya Jakarta? Kamu harus mencoba Jakarta Hidden Tour.

Jakarta Hidden Tour merupakan tour operator yang siap mengajakmu melihat sisi lain kehidupan Jakarta. Mengunjungi perkampungan kumuh, bertegur sapa dengan warga-warga lokal, bahkan berbincang dengan anak jalanan.

Dengan mengikuti Jakarta Hidden Tour, Kamu akan tersadar bahwa ada banyak hal yang harus disyukuri. 

8. Makan malam di Wilshire Restaurant & Bar Jakarta

Wilshire-Restaurant-Jakarta-5

Interior ruang Wilshire Restaurant Jakarta yang elegan. Dokumentasi Wilshire Restaurant Jakarta

Setelah puas berpanas-panasan keliling kota Jakarta, saatnya nyamankan diri Kamu dengan bersantai dan bersantap makan di Wilshire Restaurant & Bar Jakarta. Restoran yang terletak lantai Colette Lola, Jl. Senopati ini menyajikan menu makanan ala California. 

Seperti California yang memiliki ragam menu makanan dari para imigran yang tinggal di California, menu Wilshire Restaurant Jakarta pun sangat variatif, seperti Slow Cooked 55 Degree Wagyu Bowl, Korean Wings, Pan Fried Duck, Confit with Waffles, atau Urban Rice. Harga makanan mulai dari Rp65.000,-

Untuk minuman di Whilshire Restaurant Jakarta, Kamu bisa memesan soft drink, fresh juice, tea, coffee, wine, vodca, whiskey, dan lainnya. Harga minuman mulai dari Rp30.000,- 

Wilshire Restaurant Jakarta

Cantiknya ruangan di Wilshire. Dokumentasi Wilshire Restaurant Jakarta

Wilshire Restaurant Jakarta memiliki interior dan dekorasi ruang yang elegan dan klasik. Siapapun yang datang ke sana, pasti akan menikmati kenyamanan bersantap makan. 

Tempat ini buka pukul 11 siang hingga 12 malam (Minggu-Kamis), 11 siang hingga 1 dinihari (Jumat-Sabtu). Kamu bisa mengintip lebih dulu akun Instagram mereka di @wilshirejkt sebelum berkunjung.

*Artikel ini merupakan advertorial yang didukung oleh Wilshire Restaurant & Bar Jakarta.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang GLODOK JAKARTA, tulisan lain Echi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post