Sidebar

7 Air Terjun Dekat Jakarta, Alternatif Destinasi Liburan Akhir Pekan

Jangan salah, ada beberapa air terjun yang jaraknya masih dapat dijangkau pulang-pergi dari Jakarta. Dapat menjadi alternatif destinasi liburan akhir pekan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Wisata air terjun selalu seru dan menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka yang menggemari petualangan. Biasanya untuk mencapai lokasi air terjun harus ditempuh dengan pendakian melalui jalur yang menanjak dan curam. Namun ketika sampai, semua perjuangan akan terbalas dengan pemandangan indah alam hijau dan gemercik sumber mata air yang segar.

Jangan salah, ada beberapa air terjun yang jaraknya masih dapat dijangkau pulang-pergi dari Jakarta. Dapat menjadi alternatif destinasi pilihan untuk liburan akhir pekan. Berikut adalah beberapa air terjun dekat Jakarta.

1. Curug Parigi, Bekasi

Air terjun ini berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi, Jawa Barat. Curug Parigi merupakan aliran air Kali Bekasi yang melaju deras di ketinggian lebih dari tiga meter. Karena cukup dangkal, air terjun ini cukup aman dan pengunjung bisa bermain air dengan bebas. Menuju Curug Parigi bisa sangat sulit ketika kondisi jalan macet. Dari pintu Tol Bekasi Barat, ambil arah menuju Jalan Raya Narogong lalu belok ke Jalan Pangkalan 5.

Curug Parigi di Bekasi (travelspromo.com).

2. Curug Leuwi Hejo

Air terjun ini sangat indah, terkenal akan airnya yang biru kehijauan jernih dengan dasar kolam yang cukup dalam. Sehingga pengunjung dapat berenang dengan bebas. Curug Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangun, Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Dari Kampung Wangun menuju air terjun butuh trekking sekitar dua kilometer.

3. Curug Barong

Curug Barong masih satu lokasi dengan Curug Leuwi Hejo sehingga tidak perlu membayar biaya retribusi lagi. Jika Curug Leuwi Hejo terlihat indah dengan air kolamnya yang jernih, Curug Barong justru mempesona dengan ketinggian curahan air yang sampai tujuh meter. Keunikan tekstur batuan dan air yang masih sangat sejuk menjadi daya tarik tersendiri .

Curug Barong (travelspromo.com).

4. Curug Leuwi Lieuk

Sama, masih satu lokasi dengan Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong. Tapi Curug Leuwi Lieuk menawarkan keindahan yang berbeda, yaitu dua tebing tinggi yang mengapit aliran sungai jernih berwarna kehijauan hingga membentuk air terjun. Menuju tempat ini akan lebih dekat jika dari arah Tol Sentul City hingga ke Simpang Jungle Land. Kemudian belok kanan, ke Kecamatan Sukamakmur. Dari simpangan hanya butuh waktu 30 menit.

5. Curug Sawer

Air terjun ini terletak di kawasan wisata Situ Gunung yang masuk wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Ketinggian curahan airnya mencapai 35 meter, tak jauh dari tempat ini ada lokasi glamping jika berminat untuk menginap. Ada jembatan gantung. Aksesnya sangat mudah karena dikelola dengan baik. Sehingga cocok bagi yang ingin membawa anak-anak atau orang tua.

Curug Sawer (ksmtour.com).

6. Curug Cigamea

Berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan dan masuk dalam area Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Kabupaten Bogor. Menuju ke Curug Cigamea dapat ditempuh dari jalur utama, yaitu melalui Lewiliang. Ada enam curug di area ini, namun Curug Cigamea inilah yang menjadi primadona. Alasannya adalah indah dan akses jalan yang mudah. Pohon-pohon hijau di sekitar air terjun menjadi habitat bagi monyet liar.

7. Tujuh Air Terjun di Cilember

Berlokasi di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, tempat ini memiliki kawasan wisata air terjun bernama Curug Cilember. Ada tujuh air terjun di seluruh area ini, dengan ketinggian yang berbeda-beda, mulai dari jeram pendek hingga yang memiliki ketinggian 40 meter. Fasilitas di tempat ini sudah sangat lengkap. Terdapat juga area untuk berkemah.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

27 Hotel Isolasi Pasien Covid-19 di Jakarta yang Dirujuk Pemerintah

Kenapa Dilarang Memetik Bunga Edelweis di Gunung? Sangat Istimewa

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Ritual Potong Rambut Gimbal Festival Dieng 2020 Digelar Virtual

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

FALLBACK
The END