Pantai Indah Kapuk Kini Punya Wajah Baru, dari Hutan Hingga Pecinan

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara belakangan sedang naik daun karena memiliki area kuliner baru dengan konsep menarik.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara belakangan sedang naik daun karena memiliki area kuliner baru dengan konsep unik serta menarik. PIK sebenarnya merupakan daerah perumahan yang terkenal sebagai pusat hiburan malam seperti taman bir, bar karaoke, dan kelab dansa. PIK menjadi kawasan pesisir yang masih terjaga di pusat Jakarta.

Di salah satu sisinya, kawasan PIK memiliki sebuah hutan mangrove di Jalan Garden House RT 8/RW 1, Kamal Muara, Penjaringan. Hutan ini sangat populer dan sering menjadi tujuan pelarian warga Jakarta yang penat dengan riuh padatnya kehidupan perkotaan. Terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan, seperti bersepeda hingga berkemah.

Bermalam di Hutan Mangrove PIK

Hutan mangrove PIK memiliki penginapan unik berupa pondok-pondok kayu dengan kapasitas hingga dua orang. Fasilitasnya yang disediakan cukup lengkap, mulai dari akses internet, parkir, dan set perlengkapan mandi. Selain itu juga terdapat villa tidak jauh dari hutan mangrove PIK, RedDoorz Resort Taman Wisata Mangrove yang didominasi oleh kayu.

Pondok Kayu di hutan mangrove PIK dapat dipesan di Airbnb, harga per malamnya berkisar USD 23. Sedangkan untuk RedDoorz Resort di Taman Wisata Mangrove dapat dipesan di Agoda dengan harga per malam mulai dari Rp 116.591. Meskipun murah, namun akomodasi ini dikelilingi oleh panorama alam indah dengan berbagai fasilitas yang mewah dan lengkap.

(sisternet.co.id)

Kebun Hijau di Tengah PIK

Terletak di Pulau Maju atau Golf Island dan berada satu komplek dengan Restoran GIOI dan Toby’s Estate, terdapat sebuah kebun hijau modern ala perkotaan. Diberi nama Urban Farm PIK, kebun ini menanam berbagai jenis tumbuhan sayur, buah, dan rempah. Selain untuk penghijauan, juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran masakan di restoran sekitarnya.

Meskipun berada di kawasan pulau reklamasi yang terkesan panas, para pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sejuk dengan semilir angin yang membuat betah berlama-lama. Masuk ke Urban Farm PIK ini gratis, hanya bayar jika masuk ke cafe dan memesan secangkir kopi atau makan. Sekilas, suasana alam di tempat ini mirip Bali jika tanpa pohon dan bule.

Pantai Pasir Putih di PIK 2

Selain hutan mangrove, terdapat juga pantai pasir putih yang merupakan pantai buatan satu-satunya di Jakarta. Keberadaannya masih belum cukup terkenal karena masih dalam pengembangan oleh Agung Sedayu. Pohon-pohon tampak baru saja ditanam. Beberapa tahun lagi, kawasan pantai ini mungkin akan menjadi populer sebagai pesisir pantai yang rindang asri.

Tepat di pinggir pantai pasir putih ini terdapat sentra wisata kuliner yang memanjang beberapa ratus meter. Menjajakan berbagai kuliner nikmat, mulai dari hidangan nusantara, chinese, hingga Korea yang viral. Kawasan pantai pasir putih di PIK 2 ini hanya buka pukul 15.00-21.00 WIB. Dilarang menjelajah terlalu jauh karena beberapa area belum dibuka untuk umum.

(louissescarlet.com)

Pantjoran PIK dengan Nuansa Tiongkok

Jakarta Utara memiliki satu kawasan baru yang bernuansa Tiongkok, yaitu Pantjoran Pantai Indah Kapuk atau Pantjoran PIK di Pulau Maju. Dibuka di pertengahan November 2020 lalu, pecinan Pantjoran PIK langsung menyita perhatian publik. Selain tempatnya yang instagramable, pecinta kuliner akan dimanjakan dengan lebih dari 80 tenant kuliner menggugah selera.

Beberapa jajanan legendaris juga didatangkan langsung dari daerah asal di pancoran Glodok, di antaranya Kopi Es Tak Kie hingga Wong Fuk Kie yang tersohor. Tak hanya itu, terdapat juga berbagai spot foto keren yang haram dilewatkan. Semakin lengkap dengan gerai yang menyewakan baju hanfu, yaitu pakaian tradisional khas dari Tiongkok untuk kebutuhan berfoto ria.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU