7 Makanan Khas Betawi yang Sangat Meleganda di Ibukota

Makanan khas Betawi yang telah melegenda di ibukota Jakarta (Instagram/resepmakanandankue3).

Jakarta merupakan megapolitan yang hingga kini masih berstatus sebagai ibukota negara dimana pusat pemerintahan dan perekonomian berada. Jakarta menjadi tempat tinggal bagi Suku Betawi yang dikenal memiliki kebudayaan yang sangat khas. Suku Betawi juga memiliki berbagai makanan tradisional yang telah sangat melegenda dan menjelma menjadi santapan khas Ibukota Jakarta, berikut ini adalah beberapa ulasannya.

1. Kerak Telor

(Instagram/keyanginperutz)

Kerak telor dibuat dari beras ketan putih, telur ayam, dan ebi yang disangrai hingga kering ditambah bawang merah goreng, kemudian disajikan bersama bumbu halus berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.

2. Soto Betawi

(Instagram/menudaily.id)

Soto Betawi sudah sangat populer di Provinsi DKI Jakarta. Sama seperti Soto Madura dan Soto Sulung, Soto Betawi juga menggunakan bahan jeroan seperti mata, torpedo, dan hari. Daging sapi digunakan sebagai bahan tambahan campuran dalam Soto Betawi.

3. Asinan Betawi

(Instagram/deffi_rahmawati)

Asinan merupakan sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran dari berbagai bahan seperti sayur dan buah. Asinan Betawi sangat khas, dibuat dari kol, sawi, selada, dan taoge yang diasinkan dengan garam. Disajikan bersama campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai.

4. Roti Buaya

(genpi.co)

Sama seperti roti lainnya, Roti Buaya dibuat dari bahan gandum dan air yang difermentasikan dengan ragi. Yang khas dari Roti Buaya adalah bentuknya yang menyerupai buaya, biasanya digunakan kebagai seserahan dalam upacara pernikahan dan kenduri tradisional Betawi.

5. Ketoprak Betawi

wajibbaca.com)

Ketoprak merupakan salah satu jenis makanan khas betawi yang dibuat menggunakan ketupat dan sambal kacang. Ketoprak sangat mudah ditemui di Jakarta, biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lama dengan gerobak dorong berkeliling di perumahan atau pusat keramaian.

6. Laksa Betawi

(Instagram/enaknyong)

Soto Tangkar adalah makanan Betawi. Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini.

7. Soto Tangkar

(Instagram/resepmakanandankue3)

Soto Tangkar merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang dibuat dengan iga sapi. Berdasarkan sejarah, dahulu Soto Tangkar dibuat dari daging-daging sisa dari penyembelihan sapi oleh meneer-meneer Belanda pada masa penjajahan dahulu.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang kuliner dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar