Roti Gambang Asli Betawi Masuk dalam 50 Roti Terbaik Dunia Versi CNN

Roti Gambang, roti tradisional Betawi yang masuk dalam 50 roti terbaik di dunia (travel.kompas.com).

Memperingati Hari Roti Sedunia pada 16 Oktober lalu, CNN merilis daftar 50 Roti Terbaik di Dunia. Daftar ini dikurasi oleh mantan chef pastry kenamaan dunia, Jen Rose Smith. Setiap roti terpilih yang masuk daftar memiliki rasa yang nikmat dan unik dengan cerita dan nilai tersendiri.

Membanggakan, diantara roti-roti dari seluruh dunia yang masuk dalam 50 Roti Terbaik di Dunia versi CNN terselip satu roti khas Indonesia, yaitu Roti Gambang asli Betawi. Roti Gambang disandingkan dengan Karavai dari Rusia, Ciabatta dari Italia, dan Baguette dari Prancis.

Roti Gambang

(cookpad.com)

Roti Gambang merupakan roti khas dari Indonesia yang berasal dari Suku Betawi di Jakarta. Nama Gambang dalam Roti Gambang diambil dari nama alat musik tradisional betawi, Gambang Kromong. Roti Gambang memiliki sejarah yang panjang saat masa kolonialisme Hindia Belanda di Indonesia.

Pembuatan Roti Gambang banyak mengadopsi teknik pembuatan roti dari Belanda. Roti Gambang dibuat dari perpaduan antara gandum dengan gula merah, kayu manis, dan wijen. Karena tambahan bahan-bahan tersebut membuat Roti Gambang memiliki aroma yang wangi dan rasa manis.

Selain Roti Gambang, Roti Canai dari Malaysia menjadi perwakilan Asia Tenggara dalam daftar 50 Roti Terbaik di Dunia versi CNN. Berbeda dengan Roti Gambang yang berasal dari budaya khas Betawi asal Indonesia, Roti Canai lahir dari tangan-tangan para imigran India yang datang ke Malaysia.

Nikmati kuliner-kuliner tadisional Indonesia yang telah mendunia bersama Phinmeo Marketplace. Dengan ratusan produk wisata dari tour operator kenamaan Indonesia, wujudkan liburan impianmu. Transaksi aman tanpa perantara dengan fitur rekening bersama. Cek selengkapnya di Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang betawi dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....