5 Kebiasaan Orang Betawi yang Akan Membuatmu Semakin Terpesona

Kebiasaan orang betawi yang akan membuat anda semakin terpesona (Law-Justice.co)

Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai negara multikultural yang memiliki ratusan suku bangsa dengan beragam budaya dan adat kebiasaan yang berbeda-beda. Salah satu suku bangsa di Indonesia yang memiliki budaya dan adat kebiasaan yang khas adalah Suku Betawi. Suku Betawi banyak bermukim di Provinsi DKI Jakarta yang merupakan keturunan penduduk yang telah tinggal di Batavia sejak abad ke-17.

Suku Betawi sebenarnya adalah keturunan darah campuran dari berbagai suku bangsa yang didatangkan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke Batavia. Kelompok Suku Betawi lahir dari berbagai kelompok suku bangsa yang telah hidup lebih dulu di Jakarta seperti Sunda, Melayu, Jawa, Bugis, Makassar, Ambon, Arab, Tionghoa, dan India.

Suku Betawi dikenal memiliki budaya dan adat kebiasaan unik yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut ini telah disajikan kebiasaan orang betawi yang akan membuatmu semakin terpesona.

1. Gaya Bicara Ceplas-Ceplos

(Tribunews.com)

Masyarakat dari Suku Betawi cenderung tidak menyukai basa-basi, apabila berbicara langsung kepada pokok permasalahan yang menjadi objek pembicaraan. Tak heran jika Suku Betawi dikenal memiliki gaya bicara yang ceplas-ceplos. Beberapa orang ada yang menilai kebiasaan dari Suku Betawi ini terkesan agak kasar dan tidak sopan.

2. Tidak Suka Merantau

(Kondeontel)

Suku Betawi merupakan kelompok masyarakat yang dikenal tidak suka merantau. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kebiasaan ini, diantaranya faktor kemapanan ekonomi dan rasa kekeluargaan yang erat. Masyakarakat Suku Betawi lebih menyukai bekerja di wilayahnya sendiri yang tak jauh dari keluarga, terlebih lagi Jakarta adalah ibukota negara dimana pusat ekonomi dan pemerintahan Indonesia berada.

3. Memiliki Toleransi yang Tinggi

(Pepnews.com – Netizen Polite)

Masyarakat Suku Betawi terdiri dari multi etnis dengan adat kebiasaan yang beragam. Suku Betawi dapat hidup berdampingan dengan damai tanpa konflik diantara semua keberagaman tersebut sejak lama. Bagi masyarakat Suku Betawi, toleransi terhadap perbedaan harus ditingkatkan untuk mencipkatakan kehidupan sosial yan rukun dan damai.

4. Pandai Mengaji

(Blog Berita Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan)

Kehidupan sosial masyarakat Suku Betawi banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai luhur Agama Islam. Setiap anak-anak Suku Betawi telah diajarkan membaca Al-Qur’an sejak dini, sehingga tak heran banyak dari masyarakat Suku Betawi yang pandai mengaji. Suku Betawi akan sangat bangga apabila anak-anaknya pandai mengaji Al-Qur’an dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

5. Jago Pencak Silat

(Law-Justice.co)

Pencak Silat merupakan salah satu seni beladiri asli dari Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Pencak Silat banyak dikuasai oleh masyarakat Suku Betawi sebagai sarana untuk membela diri. Orang yang jago Pencak Silat di Suku Betawi dikenal dengan Jawara. Pencak Silat Suku Betawi sedikit berbeda, seperti dari gerakan tangan yang mengandalkan pertarungan jarak dekat.

Dapatkan ulasan menarik tentang betawi dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar