Sidebar

Maison Weiner Cake Shop, Toko Roti Legendaris Tertua di Jakarta

Maison Weiner Cake Shop merupakan kedai roti tradisional yang pertama kali berdiri pada tahun 1936, tempat ini disebut sebagai kedai roti tertua di Jakarta.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Maison Weiner Cake Shop merupakan kedai roti tradisional yang berada di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat. Pertama kali berdiri pada tahun 1936, tempat ini disebut sebagai kedai roti legendaris tertua di Jakarta. Gaya bangunan Maison Weiner Cake Shop mengusung konsep khas kolonial Belanda, nyaris tidak banyak perubahan sejak awal didirikan. Kini produksi roti di kedai ini dipegang oleh generasi ke-3, Heru Laksana.

Kedai roti Maison Weiner didirikan oleh Lee Liang Mey yang akrab disapa Nyonya Gem. Ketika itu, nenek dari Heru Laksana seringkali diminta membantu orang Belanda membuat kue dan roti. Atas saran dari orang Belanda, Nyonya Gem pun akhirnya membuka bakery sendiri meskipun dengan modal seadanya. Semua peralatan dan bahan-bahan membuat kue dibeli dengan cara mencicil dari Pasar Baru.

Saat ini, Maison Weiner Cake Shop dikelola oleh cucu dari Nyonya Gem, Heru Laksana. Ketertarikan Heru untuk melanjutkan perjuangan neneknya ini lantaran keinginan Heru untuk memajukan dunia bakery di Indonesia. Demi mewujudkan hal itu, Heru sampai rela belajar bakery di luar negeri hingga menyandang gelar Master Pastry Chef. Semua roti di kedai ini dibuat dengan resep turun-temurun tanpa perubahan apapun.

(mnews.co.id)

Maison Weiner Cake Shop pada awalnya hanya menjual sajian kue kering dan roti tawar khas Erop yang berpadu rasa Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, menu-menu di kedai roti ini pun semakin bervariasi. Maison Weiner juga menjajakan roti dan kue manis. Dari semua jenis roti yang ada, roti sourdough ala Eropa adalah yang paling diminati. Sourdough adalah roti jadul yang biasanya untuk sarapan.

Menu andalan lainnya yaitu ontbijtkoek atau kue rempah Belanda. Sekilas mirip dengan roti bolu pada umumnya, namun memiliki rasa gurih-manis karena tambahan aneka rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan pala. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp. 12 ribu per potongnya. Selain dua menu andalan itu, juga ada roti dan kue manis seperti roti cokelat almond, roti bloeder keju, kue soes, dan masih banyak lahi lainnya.

(Instagram/mark.he)

Harga roti-roti di Maison Weiner terbilang cukup terjangkau, berkisar antara Rp 10 ribu hingga paling mahal Rp 100 ribuan. Setiap hari Sabtu ada promo sebesar 30% untuk semua jenis produk roti-rotinya, Tertarik untuk merasakan roti tradisional khas Eropa? Datang langsung ke kedai roti Maison Weiner di Jalan Kramat II Nomor 2, RT. 6/RW. 7, Kwitang, Jakarta Pusat. Dapat juga dibeli online di Tokopedia.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Pullman Ciawi Vimala Hills, Resort yang Diapit Gunung di Ujung Jakarta

Kenapa Bali Disebut Pulau Dewata? Terungkap, Inilah Alasannya

Api Abadi Mrapen di Grobogan Padam Setelah 500 Tahun, Pertanda Apa?

3 Tempat Liburan Orang Super Kaya di Indonesia, Orang Miskin Jangan Iri!

5 Pemandian Air Panas Alami di Tengah Hutan Indah Indonesia

Aston Cilegon Boutique Hotel, Menginap di Kamar Berteknologi Canggih

FALLBACK
The END