Nikmatnya Mencicipi Kuliner Khas Cirebon Saat Mudik Lebaran

Renyah lho! Sumber

Kuliner [n] ; Seseuatu yang menyatu pada kegiatan traveling.

Saat Kamu mudik lebaran lewat jalur Pantura, Kamu akan melewati beberapa daerah di Pantura, salah satunya pasti Cirebon. Saat Kamu tiba di Cirebon nggak ada salah dong untuk mencicipi beberapa kuliner khas Cirebon. Apalagi nih, Cirebon dikenal punya makanan khas yang endes. 

Sudah pengen makan? Berikut, bisa Kamu simak kuliner Cirebon yang ciamik dan lezat!

1. Sega Jamblang Mang Dul

Warungnya ramai. Sumber

Kamu bisa mencicipi Sega Jamblang yang merupakan kuliner Cirebon yang paling ciamik. Letaknya ada di jalan DR. Cipto Mangunkusumo, seberang Grage Mall, daerah lampu merah Gunung Sari.

Warung Sega Jamblang ini sudah buka sejak subuh, tapi Kamu bakal nggak kebagian kalau datang saat jam makan siang. Sega Jamblang ini biasanya sudah habis sebelum jam makan siang. 

Sega Jamblang sendiri adalah nasi yang dihidangkan dalam porsi kecil seperti nasi kucing dengan bungkus daun jati. Kamu bisa menyantapnya dengan lauk sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, ikan asing jambal roti, dadar telor kampong, perkedel kopong, dan terik daging/ati. Cocok buat sarapan di pagi hari.

2. Empal Gengtong Mang Dharma

Empal gentong. Sumber

Kuliner Cirebon , Empal Gentong ini mirip dengan Gule. Tapi bedanya, yang disuguhkan nggak hanya daging saja tapi jeroan yang dimasak dalam kuali. Kamu bisa menikmati Empal Gentong bersama potongan lontong dan taburan bubuk cabe pedas. 

Jika Kamu ingin menikmati Empal Gentong Mang Dharma, Kamu bisa menempuhnya dari lampu merah Grage Mall. Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi  No.1 Krucuk.

3. Bubur Sop Mang Kapi

Bubur sop. Sumber

Bubur Sop Mang Kapi ini salah satu tempat makan legendaris di Cirebon, lho! Kamu bisa menikmati bubur Sop ini pada malam hari sampai jam 03.00 pagi! Lokasinya pun ngak jauh dari Grage Mall. Tepatnya di Jalan Karanggetas, Kejaksan. Kamu bisa merasakan bubur yang disiram dengan kuah sop yang mengguanakan tauco.

4. Mie Koclok Hotel Slamet

Mie koclok. Sumber

Kedai Mie Koclok ini buka pada malam hari. Sesuai namanya, kedai mie ini berada di halaman hotel Slamet di Jalan Siliwangi No. 95. Saat merasakan nikmatnya kudapan khas Brebes ini Kamu pun bisa sekaligus menginap di hotel Slamet untuk beristirahat melepas lelah selama perjalanan mudik.

Mie Koclok ini disajikan dengan tauge dan irisin tipis telur rebus. Kuahnya putih kental mirip sate padang. Buat kenikmatannya, rasanya Kamu harus mencobanya sendiri. 

5. Docang

Docang Cirebon. Sumber

Docang adalah sajian khas Cirebon yang berbahan dasar lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang. Setelah itu campuran bahan makanan tersebut disiram dengan kuah panas yang diolah dengan bumbu rempah pilihan. Konon masakan ini sudah dikenal sejak jaman wali.

Jika Kamu ingin mencicipi kudapan lezat ini, maka Kamu bisa mendatangi warung yang ada di Pasar Kanoman dan depan Stasiun Cirebon Kejaksan Cirebon di Jalan Siliwangi. Kamu harus datang pagi-pagi, kalau tidak Kamu akan kehabisan.

6. Nasi lengko haji Barno

Enaknya Nasi Lengko. Sumber

Nasi lengko adalah kudapan khas Cirebon yang mirip dengan nasi pecel. Nasi ini disantap dengan topping irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai.

Nasi Lengko ini bisa Kamu jumpai di setiap sudut kota Cirebon. Salah satu warung yang legendaris adalah Warung Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan No 15B, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

7. Sate Kalong

Lezatnya. Sumber

Salah satu kudapan yang harus Kamu coba saat berada di Cirebon adalah sate Kalong. Kamu bisa menjumpai kuliner khas Cirebon ini di Jalan Kesambi Dalam. Sate ini berbahan dasar kerbau lho, bukan kalong (kelelawar). Dinamakan Kalong karena warung sate ini buka pada malam hari. 

8. Tahu Gejrot

Tahu gejrot biar melek. Sumber

Salah satu makanan khas Cirebon yang paling diminati adalah tahu gejrot. Pedagang tahu gejrot ini bisa Kamu jumpai di Jalan Kanoman atau di Jalan Lemahwungkuk. Tahu gejrot ini adalah tahu yang digoreng dan disiram dengan air gula yang diberi bumbu bawang putih, bawang merah, dan irisan cabai. Kudapan ini pas banget di santap sembari beristirahat saat menempuh perjalanan panjang.

9. Kerupuk Melarat

Renyah lho! Sumber

Aduh, dari namanya saja sudah terkesan mengenaskan ya! Tapi, Kamu harus coba dong bagaimana rasa kerupuk melarat ini. Kerupuk ini digoreng menggunakan pasir tanpa menggunakan minyak. Itulah kenapa disebut dengan kerupuk melarat (miskin).

Kerupuk yang beraneka warna ini dikemas dengan menggunakan plastik transparan dan diikat menggunakan tali rafia. Kamu bisa menjumpai kerupuk ini di sepanjang jalan pantura. Kamu juga bisa membelinya untuk oleh-oleh. 

***

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk mencoba beberapa kuliner Cirebon? Tentunya Kamu harus mampir menyempatkan waktu untuk berbelanja dan mencicipi kuliner khas Cirebon di atas.

Baca juga dong artikel menarik lainnya di sini;

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran