7 Destinasi Wisata Sembalun yang Sayang Jika Dilewatkan

Wisata Sembalun makin populer akhir-akhir ini. Kami ulas beberapa tempat yang layak menjadi referensi saat musim liburan nanti.

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Ke Lombok tidak lengkap jika belum mampir ke Sembalun. Sebuah kecamatan di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini memang memiliki banyak pesona yang banyak menghipnotis setiap wisatawan yang datang.

Baca juga: 5 Fakta Nusa Tenggara yang wajib dipahami wisatawan.

Berikut ini adalah destinasi wisata Sembalun yang bisa disambangi wisatawan saat ke Lombok.

1. Bukit Selong Sembalun

wisata sembaun

Pemandangan di atas bukit Selong. Sumber

Bukit Selong berada di Pusuk Sembalun tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Bukit ini memiliki daya tarik yang sayang jika dilewatkan karena wisatawan dapat melihat pamandangan luar biasa saat berada di sini.

wisata sembalun

Bukit Selong. Sumber

Hamparan sawah yang berwarna-warni akan membuat pikiran kembali tenang. Bukan hanya itu saja, wisatawan juga bisa berfoto sepuasnya di sini karena ada banyak sekali spot fotogenik yang dibangun.

2. Desa Beleq

wisata sembalun

Desa Adat Baleq. Sumber

Ke Sembalun tidak lengkap jika tidak mampir ke Desa Adat Baleq. Di kompleks desa adat ini terdapat 7 buah rumah adat yang masih tradisional dan 2 gelang atau tempat penyimpanan harta benda dan 1 bale malang yang digunakan untuk beribadah serta satu batu bertuah yang disebut dengan pasek gumi.

Wisata Sembalun

Desa Baleq. Sumber

Rumah di desa adat ini terbuat dari jerami dan anyaman bambu. Lantainya dari tanah liat yang biasanya dicampur dengan kotoran kerbau dan abu jerami. Letak Desa ini dekat dengan Bukit Selong, jadi sangat mudah untuk mengakses desa ini.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Lombok yang Wajib Dibeli Wisatawan

3. Taman Wisata Pusuk 

wisata sembalun

Salah satu spot di Taman Wisata Pusuk. Foto oleh ayuananda5

Taman Wisata Pusuk merupakan destinasi yang cukup banyak diminati oleh wisatawan saat ke Sembalun. Destinasi ini berada di ketinggian 900 mdpl dan menawarkan keindahan dan kesejukan yang bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan stress.

wisata sembalun

Di Taman ini wisatawan bisa berfoto di spot yang telah disediakan. Foto oleh moonyet_twns

Di Taman Wisata Pusuk ini wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Bukit Pengasingan, Bukit Anak Dara, Bukit Naggi bahkan Bukit Selong.

4. Air Terjun Mangku Sakti

wisata sembalun

Air Terjun Mangku Sakti. Foto oleh christinasusilo

Selain pemandangan perbukitan di Sembalun juga terdapat air terjun yang cukup cantik bernama Air Terjun Mangku Sakti.

wisata sembalun

Spot menarik di Air Terjun Mangku Sakti. Foto oleh whety02

Air terjun ini tidak begitu tinggi tapi beberapa spot di air terjun ini sangat unik sehingga banyak sekali pasangan memilih tempat ini menjadi tempat foto prewedding, bukan hanya itu saja anak mudah juga banyak yang ke sini untuk menyegarkan diri seperti berenang dan main air.

5. Air Terjun Umar Maya

wisata sembalun

Warna airnya biru. Segar untuk menjadi tujuan wisata. Foto oleh somaprana

Air Terjun Umar Maya terletak di Desa Bilok Petung, Sembalun. Jaraknya cukup dekat dengan pusat Sembalun sekitar 30-45 menit mengendari motor.

wisata sembalun

Pemandangan Air Terjun Maya. Foto oleh mbojo_backpacker

Akses ke air terjun ini sangat mudah dan memiliki ketinggian sekitar 6 Meter. Air terjun ini memiliki telaga yang luas seperti kolam warna airnya biru keputihan (mengandung belerang).

Baca juga: Kuliner pedas Lombok wajib dicicipi wisatawan saat ke Lombok.

6. Bukit Pergasingan

wisata sembalun

Pemandangan di Bukit Pergasingan. Foto oleh  @her_journeys

Bukit Pergasingan merupakan bukit yang berada di ketinggian 1700 mdpl. Di atas bukit ini wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah layaknya Bukit Selong. Petak-petak sawah terlihat sangat indah.

wisata sembalun

Bukit Siswa. Foto oleh anto_id58

Di sini wisatawan dapat menyaksikan pemandangan sunrise yang istimewa sehingga jika ingin menikmati pemandangan yang sempurna di bukit ini lebih baik sekalian camping karena trek menuju bukit ini juga cukup menguras tenaga.

7. Gunung Rinjani

wisata sembalun

Pemdangan Segara anak. Foto oleh lombokpirates

Sembalun adalah gerbang menuju Gunung Rinjani. Jika memang pecinta wisata ekstream lebih baik sesekali coba mendaki ke Gunung Rinjani. Ketinggiannya 3.726 mdpl dengan jalur yang cukup berat.

wisata sembalun

Pemandangan sunset di Gunung Rinjani. Foto oleh mattskyyy_

Di atas gunung ini wisatawan dapat melihat berbagai pemandangan alam yang indah seperti Danau Segara Anak, edelwais yang merekah, sunrise dan sunset cantik, serta semua sisi pulau lombok, bahkan pulau Bali dan Sumba.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA LOMBOK, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post