Gili Kondo, Pesona Alam di Timur Lombok yang Layak Kamu Jelajahi

pasir merica dan gradasi warna yang memabukkan jiwa. sumber foto.

Gili Kondo bukan sekadar destinasi wisata dengan pesona alamnya yang memukau. Objek terindah di bagian timur Lombok ini juga layak untuk memulihkan tubuh dan pikiran Kamu setelah penat yang selama ini bersarang.

Destinasi ini berada di Jalan Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Sambelia, Labuhan Pandan, Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Meski tak sepopuler Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air, maupun gili-gili atau pulau-pulau kecil yang lain, Gili Kondo tetap layak Kamu kunjungi libur panjang akhir pekan ini.

Tak heran pula bila Kamu mengunjungi destinasi wisata ini, maka suasana yang terasa tak seramai ketika Kamu mengunjungi tempat-tempat wisata populer di Lombok yang tadi telah disebutkan.

Menilik keelokan Gili Kondo

Gili Kondo

pasir merica dan gradasi warna yang memabukkan jiwa. sumber foto.

Baca Juga: Tengok Cara ke Gili Trawangan di Barat Laut Lombok Berikut Ini

Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Gili ini berdampingan dengan Gili Bidara, dan dekat dengan Gili Lampu serta Gili Kapal.

Keelokan yang bersemayam pada gili ini ialah pulaunya yang masih tak berpenghuni, alami, dan masih dihuni oleh banyak biota laut dan hewan khas kepulauan Indonesia timur.

Meski belum berpenghuni dan jarang menjadi destinasi utama wisatawan ketika bertandang ke Lombok, jangan khawatir perkara penginapan, sebab di sini tetap tersedia bermacam penginapan, vila dan cottage sederhana yang bisa Kamu gunakan untuk bermalam.

Keelokan lain yang dimiliki oleh gili ini, tak lain tak bukan ialah pesona pasir pantainya yang putih cemerlang dan bahkan akan tampak bercahaya ketika ditimpa cahaya mentari. Begitu pula dengan gradasi warna air laut yang membuat Kamu kian betah berlama-lama di sini.

Tak hanya itu, tekstur pasir yang dimiliki Gili Kondo ini menarik. Masyarakat setempat biasa menyebut pasir di lokasi ini sebagai pasir merica. Pasir ini berbentuk bulat-bulat sempurna, hampir seperti mutiara kecil dan hanya terdapat di beberapa titik pesisir pulau saja.

Aktivitas asyik yang bisa Kamu lakukan

Gili Kondo

pesona biota laut yang memukau. sumber foto.

Jalan-jalan ke Gili Kondo, Kamu bisa menjajal berbagai kegiatan lain seperti camping dan snorkeling. Di sini merupakan spot berkemah yang ramah karena pihak pengelola juga telah menyediakan peralatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu juga bisa menengok dengan leluasa pesona bawah laut, terlebih ketika perairan tengah surut. Satu yang mesti diperhatikan ialah Kamu tetap mesti menjaga habitat yang ada, tidak merusak, menjarah serta mengganggu habitat asli perairan.

Bagi Kamu yang telah menyiapkan perencanaan ke Gili Kondo, Kamu bisa menuju ke sini melalui rute dari Mataram (Lombok Barat), Selong (Lombok Timur) atau dari Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah.

Namun karena gili ini belum begitu populer, maka sebaiknya Kamu mencari tahu dahulu dan menanyakan lokasi Sambelia, baru menanyakan tentang Gili Kondo.

Jalanan menuju pulau surga yang tersembunyi ini terbilang mulus. Meski tidak terlalu lebar, namun aspalnya licin dan diapit pepohonan rindang di samping kiri kanan jalan. Kondisi jalanan yang sepi dari lalu lalang kendaraan, membuat siapapun yang melalui jalanan ini merasakan kenyamanan, kesejukan, dan ketenangan.

Gili Kondo

spot camping. sumber foto.

Baca Juga: Restoran di Lombok dengan Pemandangan Pantai dan Bukit yang Luar Biasa Indah

Apalagi setiap titik perjalanan menyajikan pemandangan berbeda. Di satu titik kita bisa menyaksikan kaki Gunung Rinjani yang hijau rimbun, dan di titik lainnya kita bisa melihat hutan yang dipenuhi pohon langka dengan akar dan batang pohon yang besar dan tinggi menjulang. Dua buah pohon terlihat menyatu dan saling berpelukan.

Kamu juga bisa melalui rute Pringgabaya, Lombok Timur. Letak Gili Kondo sebelum Gili Lampu dan berada di sebelah kanan jalan. Kamu juga perlu untuk berkonsentrasi melihat papan petunjuk di pinggir jalan. Sebab, papan petunjuk menuju Gili Kondo hanya papan putih kecil dan ditulis seadanya. Jika sulit menemukan jalan menuju Gili Kondo, jangan segan bertanya kepada warga sekitar.

Begitu melihat papan petunjuk bertuliskan penyebrangan ke Gili Kondo, maka di situlah jalan menuju ke sana. Jalan masuknya berupa gang dan belum beraspal. Setelah melewati gang kecil itu sekitar 200 meter dan berbelok ke arah kiri, kita pun langsung bisa melihat hamparan pasir pantai yang menakjubkan.

Dapatkan ulasan menarik tentang lombok dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar