7 Rekomendasi Kuliner Pedas di Lombok Paling Enak

Pedasnya bikin ketagihan.

Ditulis Oleh Echi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Lombok berarti cabai. Makna lombok sebagai cabai ternyata bisa merepresentasikan kuliner-kuliner khas Pulau Lombok. Dikenal dengan keindahan pantai dan wisata halalnya, Pulau Lombok ternyata memiliki beragam kuliner pedas yang nikmat. 

Baca juga: 5 fakta tentang Nusa Tenggara yang mungkin bikin jadi tambah wawasan

1. Ayam Taliwang 

mark wiens

Ayam Taliwang. Foto oleh Mark Wiens

Ayam Taliwang khas Lombok ini memang sudah tak diragukan lagi kelezatan dan pedasnya. Bahkan, Ayam Taliwang Lombok jadi makanan favorit travel foodie dunia seperti Mark Wiens. Menurut Mark Wiens, Ayam Taliwang bisa menjadi favoritnya karena aroma dan rasanya yang enak. Apalagi dengan ekstra cabai di atas ayam membuat ayam makin nikmat.

“Ayam bakar Taliwang proved to be one of my ultimate favorite Indonesian dishes. The chicken itself was extremely flavorful and bursting with juices, and because it was grilled on a high heat it additionally had a nice flame flavor. But the greatest thing about the chicken was the incredible amount of chilies piled on top. It was truly a chicken changing experience!” – Mark Wiens.

Menemukan Ayam Taliwang di Lombok bukanlah hal yang sulit. Banyak pilihan warung dengan cita rasa andalannya, tapi lesehan Ayam Taliwang Irama di Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara, Mataram harus dicoba. Restaurant ini peroleh review yang bagus dari pengunjung. Dari total 5 bintang, lesehan Ayam Taliwang Irama mendapatkan bintang 4.

2. Beberuk Terong 

Beberuk terong, lalapan pedas yang tak biasa nikmatnya. Foto dari sini

Kuliner Lombok yang satu ini juga tak kalah pedas dengan Ayam Taliwang. Beberuk terong merupakan lalapan khas Lombok yang berbahan dasar terong gelantik, irisan kacang panjang, kemudian di atasnya disiram saus sambal tomat yang pedas. Biasanya, kuliner Lombok Beberuk Terong ini disajikan bersama Ayam Taliwang sebagai teman makan. Jadi, saat memesan satu porsi Ayam Taliwang bisa sekalian mencicipi Beberuk Terong. 

Beberuk Terong masih jadi kuliner favorit wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Konon, kuliner Lombok yang satu ini bisa meningkatkan selera makan. Menemukan kuliner ini pun mudah, hampir di setiap restoran atau warung makan penjual Ayam Taliwang menyediakan menu Beberuk Terong. 

3. Plecing Kangkung 

Penghilang rasa lapar. Foto dari sini

Jika biasanya kangkung diolah dengan cara ditumis, di Lombok, kangkung dipadukan dengan sambal tomat yang pedas. Warga Lombok menyebut kuliner ini dengan nama Plecing Kangkung. 

Plecing kangkung Lombok berbahan dasar utama kangkung air khas Lombok yang memiliki tekstur renyah dan tidak alot. Setelah kangkung direbus, kangkung dipotong kemudian disiram dengan sambal tomat yang pedas. Campuran terasi pada sambal tomat yang pedas dan siraman air jeruk nipis membuat kuliner lombok ini terasa lezat dan menggugah selera makan. 

Kuliner Lombok ini pun mudah ditemukan di setiap warung makan di Lombok. Tapi, Rumah makan Dua-EM yang berada di Jalan Transmigrasi 99, Mataram jadi tujuan favorit warga lokal dan turis yang liburan ke sana. 

Baca juga: Rekomendasi kuliner Indonesia yang disukai Mark Wiens

4. Sate Bulayak 

Gurih pedasnya kuah sambal bikin nagih. Foto dari sini

Kuliner Lombok selanjutnya adalah Sate Bulayak. Jika di Pulau Jawa terkenal dengan sate ayam bumbu kacang dengan cita rasa manisny, Sate Bulayak khas Lombok terbuat dari daging sapi yang disajikan dengan bumbu pedas gurih khas Suku Sasak.

Saus sambal yang pedas makin membuat mulut terasa panas dengan tambahan irisan cabai rawitnya. Perasan jeruk nipis yang disiramkan di atas sate membuat kuliner pedas lombok ini punya cita rasa yang unik, gurih, pedas, dan sedikit asam. Sebagai teman makan, Sate Bulayak disajikan bersama lontong yang dibungkus dengan daun aren. 

Mau cari sate Bulayak paling enak di seantero Lombok? Datang saja ke Warung Sate Bulayak Suranadi yang terletak tidak jauh dari Sentra Oleh-Oleh Redo, tepatnya di daerah Narmada, Lombok Barat.Sate Bulayak Suranadi buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. 

5. Sate Rembiga 

Pedas manisnya Sate Rembiga bikin orang bahagia. Foto dari sini

Meski sama-sama terbuat dari daging sapi, Sate Rembiga ternyata memiliki cita rasa yang berbeda dengan Sate Bulayak. Jika Sate Bulayak dikenal dengan saus sambal pedas gurihnya, Sate Rembiga disajikan tanpa sambal pelengkap. Meski tak ada sambal atau saus pendamping, nyatanya bumbu pedas manis begitu meresap pada daging sapi Sate Rembiga. 

Tekstur daging yang empuk dengan bumbu khas nya yang meresap menciptakan kenikmatan makan sate sapi yang belum pernah ditemui sebelumnya. Salah satu warung sate rembiga yang paling populer di Lombok adalah warung sate rembiga utama milik Bu Ririn jadi primadonanya. 

Warung Sate Rembiga bu Ririn berada di pusat kota Mataram tepatnya di Jalan Dr. Wahidin No.05, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram. Buka dari pukul 09 pagi sampai 10 malam. Oiya, warung sate rembiga bu Ririn juga sediakan plecing kangkung.

6. Ayam Rarang 

Pedas bumbunya menggugah selera. Foto dari sini

Kuliner Lombok pedas lainnya adalah Ayam Rarang. Berbahan dasar ayam muda, Ayam Rarang tak kalah pedas dan nikmat dari Ayam Taliwang. Ayam Rarang dimasak dengan cara dibakar kemudian disiram dengan bumbu pedas plecing berwarna merah menggoda. Bedanya dengan Ayam Taliwang, Ayam Rarang diolah dengan bumbu rempah yang lebih banyak. 

Pencinta kuliner pedas pasti tak sabar mencicipinya. Penasaran? Datang saja ke Warung Ayam Rarang III yang berada di Jalan Langgko, Mataram. Ayam Rarang di warung ini terkenal kelezatannya dengan cita rasa original. 

7. Bebalung 

Bebalung khas Lombok yang mirip soup iga. Foto dari sini

Kalau ingin nikmati kuliner Lombok yang pedas dan menyegarkan, coba saja cicipi semangkuk kepedasan Bebalung. Bebalung ini merupakan sop pedas dengan isian iga dan tulang-tulang sapi. Bedanya sup bebalung dengan sup iga pada umumnya, kuah bebalung terbuat dari rempah-rempah dan campuran jahe dan cabe rawit. Jika terasa kurang pedas, coba tambahkan sambal supaya lebih nikmat. 

Salah satu warung bebalung paling enak di Lombok ada di Depot Kebelet yang terletak di Jalan Hos Cokroaminoto, Mataram. Di sana, tidak hanya kuah sup bebalung yang nikmat. Iga dan tulang-tulang sapi nya pun sangat lembut. Jadi, tak perlu ribet saat menyesap bebalung sapi nya.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KULINER, tulisan lain Echi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post