5 Tempat Wisata Kekinian di Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

Meski tidak sebanyak kota lain di Jawa seperti Jogja atau Bandung, Pontianak juga memiliki banyak tempat wisata kekinian atau yang sedang naik daun di kalangan pelancong. Di kota ini Anda bisa menjelajahi beberapa tempat menarik yang sebelumnya jarang dikunjungi atau masih baru.

Baca juga: Rekomendasi kuliner di Pontianak

Nah, mumpung sedang berada di kota khatulistiwa, coba lakukan penjelajahan di beberapa rekomendasi tempat wisata di Pontianak yang menarik di bawah ini.

1. Rumah Betang Radak

Rumah Betang Radak adalah salah satu replika rumah adat Dayak yang berada di Kalimantan Barat. Rumah adat ini berjenis panggung dengan panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter.

Setiap hari, rumah adat yang terletak di Jalan Profesor M. Yamin, Kota Pontianak ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Rata-rata mereka yang datang ingin menikmati kemegahan rumah yang pernah punya predikat terpanjang di Indonesia ini.

2. Kampung Beting

Kampung Beting dikenal sebagai kota lama dari Pontianak. Di masa lalu, kawasan ini pernah menjadi pusat peradaban untuk warga setempat. Saat ini, kawasan yang terlihat sangat kuno ini menjadi desa wisata yang unik dan menarik. Di tengah kawasan Kampung Betung terdapat banyak kanal-kanal untuk penjelajahan air dan transportasi warga.

3. Aloe-vera Center

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman khas dari Pontianak. Di kota ini, lidah buaya tidak hanya dibudidayakan untuk keperluan obat dan perawatan kulit saja, tapi juga untuk dikonsumsi. Lidah buaya bisa dibuat menjadi minuman segar yang menyehatkan.

Kalau Anda berada di kawasan Pontianak, jangan lupa untuk datang ke Jalan Budi Utama, Pontianak Utara. Di sana ada Aloe-vera Center yang membudidayakan lidah buaya dalam jumlah banyak.

4. Vihara Bodhisattva Karaniya Metta

Vihara ini dikenal sangat tua oleh warga sekitar. Bahkan, beberapa bangunan vihara didirikan pada abad ke-17 tepatnya tahun 1645-1772 saat era Dinasti Kang Hie. Saat ini vihara yang sangat indah ini digunakan tempat ibadah dan juga wisata yang menarik dan penuh dengan nilai sejarah.

Baca juga: Rekomendasi destinasi Pontianak di yang ada di Film Aruna dan Lidahnya

5. Taman Alun Kapuas

Ada tiga hal menarik yang bisa Anda lakukan di Taman Alun Kapuas. Pertama adalah menikmati keindahan air mancur dan aneka lampunya saat malam hari. Di tempat ini Anda bisa jalan-jalan santai sambil menikmati keindahan Sungai Kapuas. Kedua, Anda bisa bersantai-santai sambil menikmati kuliner setempat yang banyak dijajakan.

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan di sini adalah naik kapal wisata Lancang Kuning. Kapal ini beroperasi di Sungai Kapuas untuk mengantar wisatawan menjelajah Pontianak dari sungai raksasanya.

Wisata kekinian di Pontianak akan kurang lengkap kalau Anda melakukan wisata kuliner atau wisata budaya. Lakukan penjelajahan lebih jauh lagi kawasan Pontianak. Kalau Anda ingin menginap, disarankan untuk memesan hotel dari jaringan hotel Airy yang saat ini sudah banyak tersebar di kawasan Pontianak dan sekitarnya.

Mengapa harus menginap di hotel dalam jaringan itu? Karena hotel di Pontianak ini memiliki fasilitas lengkap dan mudah dipesan. Hotel ini menawarkan kamar dengan fasilitas TV LCD, AC, akses internet nirkabel, kasur bersih, kamar mandi dengan air hangat, perlengkapan mandi, dan air mineral. Pemesanan bisa dilakukan melalui web atau aplikasi di ponsel Android atau Apple. Setelah memesan, Anda bisa segera membayar melalui kartu kredit atau transfer bank.

Nah, bagaimana sudah siap menjelajahi Pontianak lebih jauh lagi?

Dapatkan ulasan menarik tentang Pontianak dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran