Sidebar

5 Menu Wajib Buka Puasa yang Harus Ada Selama Ramadhan

Menemani momen puasa Ramadhan berikut disajikan lima hidangan manis dan lezat yang bisa disiapkan untuk berbuka puasa seperti saat ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Buka puasa selalu identik dengan sajian manis nan menyegarkan. Bukan sekedar enak, gula dalam hidangan manis berfungsi untuk mengembalikan kadar gula darah tubuh setelah berpuasa seharian. Tubuh membutuhkan sumber energi yang dihasilkan dari asupan karbohidrat yang selanjutnya akan dikonversi menjadi gula oleh insulin.

Menemani momen puasa Ramadhan berikut disajikan lima hidangan manis dan lezat yang bisa disiapkan untuk berbuka puasa seperti saat ini.

1. Kolak

(Instagram/@ellydj_xingfu)

Rasanya yang manis membuat kolak banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kolak termasuk menu yang menyehatkan karena mengandung banyak buah-buahan seperti pisang, labu, serta ubi yang kaya akan vitamin dan serat. Kolak sangat nikmat dan menyegarkan jika disajikan dalam keadaan dingin sebagai menu berbuka puasa.

2. Kurma

(Instagram/@produkita.id)

Kurma merupakan tanaman yang masuk dalam genus Phoenix yang dimanfaatkan bagian buahnya untuk dikonsumsi. Tempat asal tanaman ini belum diketahui secara pasti karena sudah sejak ribuan tahun lalu menjadi tanaman budidaya. Mengkonsumsi kurma saat sahur atau berbuka disunahkan oleh Rasulullah SAW. Rasanya yang manis akan mengembalikan kadar gula dalam darah.

3. Es Buah

(Instagram/@resephidangan)

Es buah adalah menu favorit saat berbuka puasa. Manisnya sirup dan dinginnya es selalu berhasil menyegarkan dahaga setelah seharian menjalankan puasa Ramadhan. Es buah biasanya terbuat dari santan, susu, dan sirup yang dicampur dengan buah-buahan seperti melon, nanas, atau pepaya. Namun tidak dianjurkan untuk berbuka langsung dengan es buah karena bertolak belakang dengan kondisi tubuh yang panas. Sebaiknya konsumsi es buah setelah mengkonsumsi air putih atau teh hangat.

4. Bubur Kacang Hijau

(Instagram/@claudiathe70)

Bubur kacang hijau merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau yang direbus dengan campuran santan, pandan, dan gula merah. Bubur kacang hijau sering dicari menjelang waktu berbuka puasa tiba. Kandungan asam amino dalam kacang hijau dapat membantu mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Rasa yang manis dan menyegarkan juga menjadi nilai tambah menu ini sebagai yang terfavorit saat berbuka puasa.

5. Es Cendol

(Instagram/@resep_serba_serbi)

Cendol merupakan minuman yang berasal dari tanah sunda yang dibuat dari tepung beras yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi memanjang kecil-kecil. Cendol disajikan dengan parutan es, gula merah cair, dan santan. Rasanya gurih, manis, dan menyegarkan membuatnya menjadi favorit saat berbuka puasa.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Masjid Nasir Al-Mulk, Warna-Warni Elok Masjid Kuno di Daratan Persia

Kota Ray di Iran, Kampung Halaman Para Imuwan Muslim Dunia

4 Masjid Paling Suci di Dunia Bagi Umat Islam, Sudah Ada Sejak Era Nabi!

7 Museum Sejarah Islam Terbesar dan Termegah di Dunia

7 Tempat yang Diazab Allah Karena Ingkar dan Menyembah Berhala

Masjid di Korea Utara Cuma Satu, Destinasi Wisata Tidak Ramah Muslim!

FALLBACK
The END