5 Menu Buka Puasa Sehat dan Enak yang Wajib Dicoba

Menu makanan sehat namun nikmat yang harus dicoba saat berbuka puasa selama Ramadhan (Instagram/@thefeedfeed).

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Puasa didefinisikan sebagai suatu kegiatan menahan hawa nafsu termasuk makan dan minum mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Selama seharian menjalankan ibadah puasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi, oleh karena itu ketika berbuka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi tinggi.

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi maka kebutuhan nutrisi tubuh akan tetap terjaga. Hindari makanan yang mengandung pengawet, pewarna, pemanis, atau perasa sintetis seperti sirup dan cokelat. Berikut disajikan lima jenis makanan sehat namun enak yang wajib dicoba untuk berbuka puasa.

1. Kurma

(Instagram/@produkita.id)

Kurma merupakan buah khas timur tengah yang disunahkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma menjadi salah satu jenis makanan yang praktis dan sehat karena mengandung zat besi, gula alami, serat, dan mineral yang tinggi. Dengan tiga butir kurma, energi tubuh setelah berpuasa seharian akan kembali pulih.

2. Oatmeal

(Instagram/@pia_mia_cleanfood)

Oatmeal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga akan membuat rasa kenyang lebih cepat. Oatmeal dikenal sebagai salah satu menu sehat karena kandungan serat dan gandum utuhnya akan membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan obesitas. Oatmeal bisa disajikan dengan irisan buah-buahan seperti pisang atau beri-berian dan susu rendah lemak agar mendapatkan rasa lebih nikmat.

3. Kolak Pisang

(Instagram/@ellydj_xingfu)

Campuran berbagai umbi atau buah dalam menu kolak pisang menjadikannya sebagai menu sehat untuk berbuka puasa. Kandungan serat dan vitamin dalam buah, serta gula dalam umbi akan memnuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Namun yang harus diperhatikan adalah penggunaan gula, gunakan gula pasir atau gula aren yang alami dan jangan sekali-kali menggunakan pemanis buatan karena dapat memicu diabetes.

4. Kelapa Muda

(Instagram/@yellowskyfood)

Kelapa muda memang menjadi minuman yang sangat nikmat jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Air kelapa muda mengandung ion-ion yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Dalam penyajiannya gunakan gula aren agar terasa lebih nikmat dan sehat.

5. Salad Sayur dan Buah

(Instagram/@thefeedfeed).

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan serat sehinggacocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Sayur dan buah juga cocok untuk yang sedang menjalankan program diet karena kandungan kalori yang rendah. Berbuka dengan sayur dan buah juga tidak akan membuat perut terasa begah.

Dapatkan ulasan menarik tentang ramadhan dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar