5 Habitat Bunga Edelweis di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Infografis habitat Bunga Edelweis di Indonesia (Instagram/@ikpactual).

Bunga Edelweis yang memiliki nama ilmiah Anaphis javanica merupakan salah satu flora endemik dari zona alpina/montana di berbagai pegunungan nusantara. Bunga Edelweis sangat populer sebagai bunga abadi yang dapat bertahan hingga 10 tahun sejak dipetik. Dalam ekosistem gunung, Bunga Edelweis menjadi tanaman pelopor yang tumbuh di tanah vulkanik muda.

Bulan April hingga Agustus merupakan waktu dimana Bunga Edelweis untuk mekar. Semerbak aroma gunung nan meneduhkan akan tercium di seantero puncak gunung. Terdapat beberapa tempat di Indonesia dengan habitat Bunga Edelweis yang masih terjaga, cocok untuk merayakan mekarnya sang puspa abadi.

habitat bunga edelweis
(Phinemo/Sekar Suwardani)

Namun sungguh disayangkan, karena keserakahan dan harapan-harapan yang salah membuat keberadaan Bunga Edelweis mulai terancam. Sebagian besar habitat alami Bunga Edelweis telah rusak oleh tangan-tangan jahil tak bertanggungjawab. Kini Bunga Edelweis telah masuk dalam daftar tanaman langka di Indonesia.

Setiap makhluk hidup di bumi memiliki nilai penting dengan peranannya masing-masing. Hilangnya satu diantara mereka akan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem alam, yang mengancam kelangsungan hidup berbagai makhluk di dalamnya, termasuk manusia. Sangat penting bagi manusia untuk menyadari hal ini, dengan merusak alam secara tidak langsung juga ia merusak diri dan anak turunnya di masa mendatang.

Mulai sekarang hargai alam yang sejatinya merupakan pinjaman yang harus dirawat sebaik-baiknya.

Dapatkan ulasan menarik tentang bunga edelweis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar