Sidebar

7 Kegiatan Terlarang yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Bagi kamu yang akan melakukan pendakian atau baru pertama kali berikut beberapa kegiatan terlarang yang sebaikanya tidak dilakukan saat mendaki gunung.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan menikmati keindahan alam yang kini digemari oleh berbagai kalangan. Indonesia memiliki cukup banyak kawasan pegunungan yang menawarkan panorama alam yang sangat mempesona. Bagi kamu yang akan melakukan pendakian atau baru pertama kali berikut beberapa kegiatan terlarang yang sebaikanya tidak dilakukan saat mendaki gunung.

1. Berkata kotor

Masyarakat Indonesia hingga saat ini masih mempercayai bahwa gunung merupakan tempat keramat yang dihuni oleh berbagai kerajaan ghaib. Kearifan lokal semacam ini sebenarnya bertujuan agar menjaga kelestarian alam dan mengajarkan untuk menghargai alam. Salah satu kearifan lokal masyarakat yang kerap kali disepelekan para pendaki adalah larangan untuk berkata kotor di gunung.

2. Melakukan aksi vandalisme

Aksi vandalisme merupakan perilaku tak beretika yang tidak boleh dilakukan dimanapun, termasuk digunung. Kegiatan perusakan hingga mencorat-coret fasilitas di sepanjang jalur pendakian merupakan perilaku negatif yang tidak seharusnya dilakukan oleh manusia beradab.

3. Membawa tisu basah

Tisu basah menjadi benda yang dilarang untuk dibawa saat kegiatan pendakian karena memiliki kandungan plastik yang sulit terurai. Tisu basah juga menjadi sampah yang sering dijumpai di sekitar jalur pendakian.

4. Meremehkan medan pendakian

Jangan sekali-kali meremahkan medan pendakian karena resiko yang dipertaruhkan adalah nyawa. Ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya meliputi kesehatan diri hingga perlengkapan pribadi sebelum melakukan pendakian. Berolahraga untuk mempersiapkan fisik serta mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait medan di jalur pendakian mutlak diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

5. Membuat perapian

Bagi para pendaki, perapian biasanya digunakan untuk menghangatkan badan ditengah dinginnya suhu udara di puncak gunung. Sebenarnya membuat perapian di gunung merupakan hal terlarang karena dapat memicu terjadinya kebakaran hutan.

6. Mengambil sesuatu selain gambar, meninggalkan sesuatu selain jejak

Tiga kredo yang sebaiknya selalu diingat oleh para pendaki yakni “Jangan Mengambil Sesuatu Selain Gambar, Jangan Meninggalkan Sesuatu Selain Jejak, dan Jangan Membunuh Apapun Selain Waktu”. Maksudnya para pendaki dilarang untuk meninggalkan sampah di gunung, serta selalu menjaga kelesatrian alam dengan tidak mengambil dan membunuh apapun dari habitat alam.

7. Minum minuman beralkohol

Meminum berbagai jenis minuman beralkohol selama kegiatan pendakian di gunung sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan hilang kesadaran dan beresiko mengancam keselamatan.

Phinemo Marketplace menawarkan berbagai paket wisata berupa pendakian di berbagai gunung di Indonesia. Baca selengkapnya di link berikut >> Paket Wisata Pendakian Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Dilarang Memetik Bunga Edelweis di Gunung? Sangat Istimewa

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Kenapa Indonesia Banyak Gunung Berapi? Ternyata Ini Alasannya

5 Gunung Paling Angker di Indonesia, Jangan Mendaki Sendiri!

5 Gunung Paling Angker di Indonesia, Jangan Mendaki Sendiri!

4 Gunung untuk Upacara Kemerdekaan Paling Aman, Rekomendasi PVMBG

FALLBACK
The END