Sidebar

5 Cara Memasarkan Produk Tour Travel yang Efektif

Dalam sebuah bisnis, pemasaran adalah faktor penting yang menjadi penentu kesuksesan. Semakin sukses pemasaran maka semakin besar keuntungan yang didapat.

SHARE :

Ditulis Oleh: Tim Phinemo

Dalam sebuah bisnis, pemasaran adalah faktor penting yang menjadi penentu kesuksesan. Pemasaran yang baik harusnya meningkatkan neraca penjualan produk oleh konsumen. Selanjutnya akan memberikan dampak berupa keuntungan yang besar kepada pelaku bisanis. Analogi sederhana, semakin sukses pemasaran maka semakin besar keuntungan yang didapat.

Memasarkan produk membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena akan melibatkan strategi promosi untuk memikat konsumen. Namun untuk menghemat anggaran, pemasaran dapat dilakukan secara mandiri. Selain itu, dengan memasarkan produk secara mandiri dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana tingkat persepsi pasar dan konsumen terhadap produk. Berikut disajikan tujuh cara paling efektif untuk memasarkan produk tour travel secara mandiri.

1. Manfaatkan Media Sosial

Era digital seperti sekarang ini, aktivitas masyarakat di dunia maya meningkat drastis. Hal ini dapat digunakan sebagai peluang untuk melakukan promosi produk yang bisnis anda miliki. Cukup dengan menggunakan foto yang di unggah di sosial media seperti facebook dan Instagram menjadi cara yang ampuh untuk membuat produk dikenal.

Jika diperlukan gunakan jasa selebgram untuk memperluas jangkauan promosi sehingga produk dikenal oleh banyak kalangan. Pilih foto yang memiliki resolusi tinggi dengan sudut pandang yang tepat. Jangan lupa tambahkan caption dan hashtag yang menarik untuk memikat konsumen.

2. Menjadi Sponsor

Selain online, memasarkan produk secara offline juga sama pentingnya. Untuk memperkenalkan produk yang anda jual secara offline dapat dilakukan dengan menjad sponsor suatu acara seperti seminar, workshop, atau hiburan. Dengan menampilkan logo bisnis, bukan hanya produk yang dikenal tapi juga bisnis anda.

3. Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi

91% konsumen lebih mempercayai produk yang direkomendasikan oleh temannya. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan pemasaran. Ajak konsumen yang telah membeli produk anda untuk merekomendasikan kepada teman lainnya, jika berhasil berikan imbalan berupa diskon khusus, voucher, atau sejumlah uang. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk menjalin loyalitas dengan konsumen.

4. Gunakan Souvenir Promosi

Dalam gelaran acara-acara tertentu seperti car free day atau peringatan, anda bisa membagikan barang-barang seperti kaos, topi, atau souvenir lainnya yang berisi logo bisnis secara gratis kepada pengunjung yang datang. Sehingga saat souvenir tersebut digunakan akan mengingatkan orang lain disekitarnya akan produk dan bisnis anda.

5. Mengembangkan Membership

Mengembangkan membership akan mendorong konsumen untuk melakukan repeat order. Cara ini menjadi salah satu cara untuk memperluas skala pasar. Berikan harga khusus bagi konsumen yang sudah terdaftar sebagai member sehingga konsumen semakin setia dengan anda.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

3 Pembelajaran dari Kegagalan First Travel dalam Mengelola Bisnis Tour Travel

5 Tren Produk Wisata yang Diprediksi Naik Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

3 Target Pasar Potensial Open Trip, Tour Agent Harus Tahu!

Maksimalkan Link Bio Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

6 Jenis Wistawan yang Harus Diketahui oleh Tour Operator

FALLBACK
The END