7 Cara Promosi Produk Tour & Travel untuk Mendongkrak Omzet Bisnis

Cara promosi yang baik agar produk dikenal oleh masyarakat luas.

Kunci sukses untuk meningkatkan omzet bisnis tour travel tak hanya melulu soal kulitas produk, tetapi juga strategi promosi yang dijalankan. Sebagus apapun suatu produk jika tidak didukung oleh strategi promosi yang efektif maka tidak akan dikenal oleh konsumen. Tak mengherankan jika banyak pelaku bisnis yang menggelontorkan uang berjuta-juta untuk melakukan promosi.

Namun tahukah anda, melakukan promosi untuk memikat calon konsumen tak selamnaya butuh banyak biaya. Dengan biaya yang sangat terbatas sekalipun calon konsumen bisa dipikat dengan tujuh cara berikut ini.

1. Memberikan Diskon

Diskon menjadi cara yang paling umum digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Bahkan saking umumnya, nilai dari diskon menjadi jatuh dan seolah tak menarik lagi bagi konsumen. Oleh karena itu dalam membuat diskon yang menarik bisa disiasati dengan cara-cara berikut ini.

  1. Membuat harga minus satu (-1). Misalnya harga produk yang awalnya Rp. 2 juta menjadi Rp. 1,99 juta. Hal ini akan memberi kesan lebih murah karena digit awal digit awal harga berubah.
  2. Lakukan pembulatan harga. Pernah melihat harga berantakan seperti Rp. 5.477,-? Dalam kasus produk tour travel harga semacam ini harus dibulatkan agar menarik konsumen secara emosional.
  3. Diskon di waktu yang tepat, misalnya saat libur lebaran atau liburan sekolah. Berikan diskon dalam waktu yang relatif jarang namun bernilai besar.
  4. Diskon untuk target pasar spesifik. Lakukan kolaborasi dengan pelaku bisnis lain untuk membuat diskon dengan dengan mentarget kelompok konsumen tertentu, misalnya pelajar dan mahasiswa.

2. Bermain Harga dengan Kredit

Dewasa ini kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi tidak diimbangi dengan kenaikan penghasilan. Sebagian besar masyarakat menginginkan suatu produk dalam waktu cepat namun belum memiliki cukup tabungan untuk membelinya. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang oleh pelaku bisnis dengan menerapkan sistem kredit.

3. Mengadakan Kontes di Sosial Media

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk membuat suatu produk dikenal oleh masyarakat adalah dengan mengadakan kontes berhadiah di sosial media seperti Instagram. Anda bisa menerapkan syarat misalnya melakukan tagging ke beberapa akun lain yang ada di jaringan pertemanan peserta dan melakukan posting ulang di akun pribadi peserta. Dengan begitu secara tidak langsung produk anda akan dibantu dari sisi promosi.

4. Kode Promo/Voucher

Bagi pelaku promosi online bisa menerapkan sistem kode promo/voucher berupa potongan harga untuk semakin memikat konsumen. Berlakukan syarat seperti share promo atau posting ulang promo di akun sosial pribadi konsumen untuk mengaktifkan promo tersebut. Berikan kode promo/voucher secara berjangka, misalnya setiap bulan atau setiap liburan sekolah.

5. Gift Voucher

Berbeda dengan kode promo/voucher, gift voucher bertujuan untuk mendorong terjadinya repeat order oleh konsumen. Gift voucher bisa diberikan setelah konsumen membeli produk yang dijual atau sebagai hadiah kontes. Berikan syarat dan ketentuan serta masa berlaku voucher untuk menghindari perilaku licik konsumen.

6. Membuat Paket Produk

Menjual produk dalam bentuk paket akan memberikan keuntungan kepada pelaku bisnis tour travel karena keuntungan yang diperoleh lebih besar, sebab dalam sekali transaksi lebih dari satu produk berhasil terjual. Bagi konsumen hal ini sangat efektif dan efisien karena kebutuhannya dapat terpenuhi dalam sekali transaksi pembelian. Beberapa orang menganggap membeli produk dalam bentuk paket lebih murah.

7. Berikan Bonus Merchandise atau Souvenir

Memberikan bonus berupa merchandise atau souvenir bertujuan untuk menjalin loyalitas dengan konsumen. Berikan bonus yang tidap perlu memakan banyak biaya namun sangat bernilai dan selalu mengingatkan konsumen pada produk yang anda jual. Misalnya dalam kasus bisnis tour travel dapat memberikan bonus berupa bantal leher dengan logo bisnis anda.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Faiz Jazuli

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar