facebook pixel

5 Barang Hotel yang Berpotensi Menyebarkan Kuman, Kamu Harus Waspada

Meskipun petugas hotel selalu membersihkan kamar, namun barang-barang hotel ini jarang dibersihkan lho, bahkan beresiko menularkan kuman dan virus!


Bebebarapa kali menginap di hotel membuat saya berpikir, dengan begitu banyak kamar dan barang hotel yang ada apakah semuanya dibersihkan setiap hari? Kamu juga pasti pernah mempertanyakan hal yang sama dengan saya. Karena saya merasa penasaran, akhirnya waktu itu saya pun memberanikan bertanya pada seorang housekeeping. 

Mereka memang membersihkan kamar, terutama kamar yang baru saja ditempati. Namun tak semua barang di kamar tersebut dibersihkan. Alhasil, barang-barang ini menjadi sasaran empuk bagi kuman. Meski terlihat bersih, namun barang-barang ini ternyata berpotensi menyebarkan penyakit lho. Barang-barang apa sajakah yang jarang dibersihkan dan dijadikan sarang kuman?

1. Kartu kunci pembuka pintu

barang hotel

Kartu kunci merupakan salah satu barang hotel yang cukup kotor. Sumber foto

Kalau Kamu menginap di hotel berbintang, biasanya Kamu akan diberikan kartu untuk membuka pintu. Kartu ini hampir tidak pernah dibersihkan dan hanya dipindahkan tangan dari satu tamu ke tamu yang lain.

Karena sering dipegang banyak orang dan jarang dibersihkan, barang ini menjadi barang yang cukup kotor dan menimbun banyak kuman. Jadi aa baiknya sebelum Kamu memegang kartu ini bersihkan terlebih dahulu dengan tissu yang mengandung pembersih.

2. Gagang Telepon

barang hotel

Ada baiknya bersihkan gagang telepon sebelum menggunakannya. Sumber foto

Meski terlihat bersih, gagang telepon merupakan barang yang kotor, lho. Gagang telepon juga sering luput dari perhatian housekeeping. Dari sekian banyak tamu yang menginap dan menggunakan telepon, tentu gagang telepon telah disentuh banyak tangan dan berpotensi menimbun kuman.

Kalau Kamu ingin memakai telepon, ada baiknya Kamu bersihkan dulu ya gais.

3. Remote Televisi

barang hotel

Sering menggunakan remote tv saat di hotel? sebaiknya Kamu berihkan dulu sebelum memakainya. Sumber foto

Hampir sama kasusnya dengan gagang telepon, remote tv juga merupakan salah satu barang hotel yang hampir tak pernah dibersikan. Padahal barang ini hampir digunakan oleh setiap tamu yang datang. Bisa Kamu bayangkan bukan, bagaimana kotornya remote tv ini?

4. Selimut atau bedcover

barang hotel

Pastikan selimutmu baru dan bersih saat menginap di hotel. Sumber foto

Mungkinkah selimut dan bedcover rutin dicuci? Menurut saya tidak, kecuali ketika sudah terlalu lusuh. Padahal, selimut merupakan salah satu barang yang sudah pasti dipakai oleh tamu. Beruntunglah Kamu jika ternyata Kamu mendapatkan selimut yang baru saja dicuci atau diganti yang baru.

Kamu bisa kok bertanya ke petugas hotel, apakah selimutmu baru atau tidak. Semisal Kamu ragu, minta saja pada petugas untuk mengganti selimut dengan yang sudah dibersihkan.

5. Wastafel

barang hotel

Bersihkanlah wastafel sebelum memakainya . Sumber foto

Ada beberapa petugas hotel yang melewatkan wastafel dalam daftar benda yang harus dibersihkan. Kebanyakan petugas akan lebih fokus pada toilet dan alat mandi, sedangkan wastafel jarang menjadi pehatian.

Ada baiknya untuk menjaga kebersihan diri, bersihkan dulu wastafel sebelum Kamu memakainya.

***

Meskipun tidak akan berimbas langsung pada kesehatanmu, ada baiknya Kamu menjaga kebersihan saat berada dihotel. Kamu tidak pernah tahu, mungkin orang yang pernah menggunakan barang-barang di hotel memiliki potensi menularkan kuman atau virus yang berbahaya. Untuk itulah, menjaga kebersihan diri sendiri sangat penting saat menginap di hotel.

Ternyata ada fakta-fakta lain seputar hotel yang akan membuatmu kaget. Ingin tahu? Cek di sini:

banner experience