5 Bakso Paling Enak di Indonesia

Foto @baksoboedjangan

Bakso memang kuliner melegenda di Indonesia. Panganan yang terbuat dari campuran daging dan tepung ini disukai oleh semua umur, dari anak-anak hingga orang tua. Jika Anda adalah salah satu penggemar bakso, wajib hukumnya untuk mencicipi bakso di 7 kedai bakso paling enak di Indonesia berikut ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Bakso Kekinian di Jogja yang Endes Banget

Mengapa? Karena banyak review bagus tentang kedai bakso ini. Bukan hanya itu saja, kedai-kedai berikut ini bahkan mengeluarkan menu yang tak lazim. Penasaran? Berikut ini daftarnya:

1. Bakso Klenger di Yogyakarta

bakso klenger

Anda para pengunjung bisa memesan bakso kesukaan Anda. (Foto/baksoklenger)

Ini dia kedai bakso tak lazim di Indonesia yang rasanya lezat menggugah selera. Di sini Anda bisa memesan bakso seberat sekilo hingga bahkan 55 kilogram.

Ukurannya yang tak manusiawi, membuat kedai bakso ini kini banyak diburu oleh YouTuber luar negeri. Semuanya penasaran dengan rasanya.

Harganya beragam, mulai dari Rp15.000 hingga jutaan rupiah sesuai dengan berat bakso yang Anda pilih.

Lokasi: Warung Bakso Klenger 2 ‘Ratu Sari’ di jalan Wahid Hasyim No.296, Tempel, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Bakso Adam, Glodok

bakso adam

Foto/andrea.fiona

Dinamai bakso Adam konon karena sang pemilik memiliki wajah yang mirip dengan Adam Suseno, suami penyanyi dangdut goyang ngebor, Inul Daratista.

Bakso Adam ini terkenal rasanya enak dan murah meriah. Biasanya buka sejak pukul 4 sore dan selalu ramai oleh pengunjung, bahkan sebelum kedai ini buka. Saking ramainya, kedai ini akan kehabisan stok 2 jam setelah buka.

Tak heran jika kedai ini rata-rata akan kehabisan stok baksonya setelah 2 jam buka.

Kedai bakso Adam ini berlokas di Jl. Pancoran No.68, RT.1/RW.6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat (di depan toko manisan Afung).

3. Bakso Boedjangan

bakso boedjangan

Foto /@baksoboedjangan

Sebenarnya Bakso Boedjangan pusatnya ada di Bandung, tapi sudah ada di berbagai daerah di Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, dll. Terkenal enak, kedai ini menawarkan variasi bakso mulai dengan kuah kaldu tulang hingga kuah pedas rawon. Unik kan?

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati bakso wagyu, bakso alpukat, bakso keju, hingga bakso cuanki di sini. Kisaran harganya sekitar Rp18.000.

4. Bakso Rusuk Setan

bakso rusuk setan

Instagram/baksorusukjoss_narogong

Bakso rusuk sapi sudah biasa, tapi kalau rusuk setan bagaimana? Ternyata panganan ini bisa Anda temui di Bekasi. Kedai yang menjual Bakso Rusuk Setan ini bernama Kedai Bakso Rusuk Joss.

Seperti namanya, Bakso Rusuk Setan tentu saja disajikan dengan tulang rusuk. Bukan dari rusuk setan, melainkan rusuk sapi. Rusuk sapi berukuran jumbo yang masih ada dagingnya tersebut dibalut adonan bakso. Ukurannya sebesar mangkuk sehingga akan puas ketika menyantapnya.

Di sini juga terdapat berbagai menu bakso lainnya, mulai dari bakso beranak, bakso mangkok, bakso jablay, bakso buaya beranak, hingga mi ayam. Harganya mulai dari Rp20 ribu hingga Rp100 ribu.

Lokasi: 

  • Bakso Rusuk Joss Pusat
    Lokasi: Perumahan Mutiara Gading Timur, Blok G1 No. 20, Jl. Mustika Jaya, Bekasi Timur, Mustika Jaya, Mustikajaya, Kota Bks, Jawa Barat 17158. Exit Tol Tambun, Bekasi
    Nomor: 0822-9555-9995
  • Bakso Rusuk Joss Narogong
    Lokasi: Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116/ Exit Tol Bekasi Barat
    Nomor: 0816-1669-198
  • Bakso Rusuk Joss Serpong
    Lokasi: Jl. Graha Raya Boulevard Cluster Bougainvilea Loka Blok N1 No.7, Paku Jaya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15324/ Exit tol Alam sutra
    Nomor: 0895384920673

Baca juga: Mencicipi Mie Ayam Pak Dhe Wo Terkentul dan Termantul Se-Jogja

5. Bakso Tengkleng Mas Bambang

bakso tengkleng mas bambang

Foto @bakso.tengkleng.tangerang

Kedai bakso ini memang unik, karena sang pemilik mengklaim bahkwa bakso yang mereka buat terdiri dari 97 % daging sapi dan hanya 3% tepung. Tak dipungkiri rasa baksonya pun lebih mantap dari bakso biasanya. Teksturnya kenyal dan lembut saat digigit.

Seperti nama kedainya, di sini Anda bisa merasakan semangkuk bakso dengan tengkleng alias balungan sapi. Biasanya jumlah tengklengnya ada dua potong, berupa irisan daging sapi yang masih menyatu dengan tulangnya. Dagingnya lembut dan empuk karena dimasak lama bersama kuah bakso yang gurih.

Bisa juga minta tambah ceker, babat, dan jeroan untuk menambah kenikmatan Bakso Tengkleng Mas Bambang ini. Jangan lupa beri perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap yang telah disediakan di meja agar makin mantap.

Soal harga pun terjangkau, yakni berkisar dari Rp10.000 hingga Rp25.000 per porsinya. Harga ini belum termasuk minuman ya!

Untuk Anda yang sudah ngiler dengan Bakso Tengkleng Mas Bambang ini, bisa langsung berangkat ke berbagai cabangnya di Indonesia, seperti Solo, Malang, Semarang, Tuban, Salatiga, Jogja, Cirebon, Seragen, Bandung, hingga Magelang.

Dapatkan ulasan menarik tentang Bakso dan tulisan Lain dari Wike

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran