Keindahan Masjid Al-Aqsa dan Masjidil Haram, Tempat Suci yang Disinggahi Nabi Muhammad SAW Saat Isra' Mi'raj

Masjid Al-Aqsa (Flickr/@freado kmkm)

Bagi umat muslim Isra’ Mi’raj adalah salah satu peristiwa yang bersejarah karena pada saat itu Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat lima waktu. Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan sehari semalam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Makah menuju Masjid Al-Aqsa di Palestina, dan dari Masjid Al-Aqsa menuju Sidratul Muntaha.

Isra’ Mi’raj terjadi pada 27 Rajab tahun ke-10 kenabian. Tempat-tempat yang disinggahi Rasulullah SAW saat Isra’ Mi’raj termasuk tempat-tempat suci bagi umat Islam.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram kompleks masjid yang dibangun mengelilingi Ka’bah yang merupakan kiblat sholat umat Islam. Masjidil Haram berlokasi di Kota Makah, Saudi Arabia. Memiliki luas total 356.800 meter persegi, masjid ini dinobatkan sebagai masjid terluas di dunia.

Berikut adalah potret keindahan masjidil haram yang menjadi tempat tersuci bagi umat Islam.

(Instagram/@islaam_is_my_religion)
(Flickr/Ahmad Azaharuddin Omar)
(Flickr/Ahmad Azaharuddin Omar)

2. Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa merupakan kompleks masjid yang terletak di Palestina. Masjid Al-Aqsa sempat menjadi kiblat sholat sebelum Masjidil Haram. Keberadaan Masjid Al-Aqsa sekarang ini menjadi sengketa antara Israel dan Palestina. Saat ini Palestina masih terjajah oleh Israel, beberapa kali Masjid Al-Aqsa sempat dilarang dikunjungi oleh umat Islam.

Berikut adalah potret keindahan Masjid Al-Aqsa di Palestina.

(Flickr/Asim Bharwani)
(Flickr/Usaid)
(Flickr/Soloman212)

Saat ini kedua tempat tersebut selalu dipadati oleh pengunjung, mayoritas pengunjung adalah umat Islam yang akan melaksakan ibadah. Masjidil Haram bahkan tak bisa membendung jumlah pengunjung yang akan melaksanakan ibadah. Karena hingga saat ini Palestina masih berada dalam kondisi perang dengan Israel, pengunjung di Masjid Al-Aqsa dibatasi jumalahnya karena alasan keamanan.

Dapatkan ulasan menarik tentang isra' mi'raj dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar