11 Minuman Unik yang Ternyata Dibuat dengan Proses Tak Lazim

Sebelas minuman unik ini memang tidak lazim, tapi menjadi minuman paling laris di negara asalnya. Wah, bagaimana, Kamu berani coba?

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Indonesia terkenal dengan beragam hal unik, tak terkecuali jenis minuman yang sering dikonsumsi masyarakatnya. Contoh minuman unik milik Indonesia adalah bir plentok. Biar ini terbuat dari campuran beberapa rempah-rempah seperti jahe, daun pandan, serai, kapulaga, serai, kayu manis, dan merica hitam.

Tak berbeda dengan Indonesia, beberapa negara di dunia ternyata juga memiliki beragam minuman unik yang terbuat dari bahan lebih tak lazim ketimbang punya Indonesia. Apa sajakah minuman itu? Berikut ini list nya!

1. Placenta 40000

minuman unik

Kamu berani coba minuman ini?

Saat ini Jepang sedang ramai membicarakan minuman yang diberi nama Placenta 0000. Minuman ini cukup bikin bergidik karena dibuat dari campuran plasenta babi dan jelly.

Berdasarkan penelitian, minuman ini bisa memberikan efek positif bagi regenerasi manusia sehingga peminumnya dapat selalu sehat dan awet mudah. Awalnya Jepang gunakan plasenta lumba-lumba namun karena dilarang pemerintah kini Jepang gunakan plasenta babi untuk membuat minuman ini.

Soal rasa dan tekstur, minuman ini memiliki rasa buah persik ketimbang jelly, tapi teksturnya mirip jelly. Mau coba merasakannya?

2. Tezji Sanbian Jiu

minuman unik

San Bian Jiu. Terbuat dari beberapa penis binatang yang dicampur dengan anggur beras. Sumber

Dari namanya sudah terdengar aneh sekali bukan? Tezji Sanbian Jiu merupakan minuman dari China. Minuman ini bisa dibilang unik dan aneh karena bahannya terbuat dari alat kelamin 3 binatang (penis) yang dicampur dengan bir beras. Minuman ini cukup diminati di China.

Bukan hanya 3 campuran penis binatang saja, kadang ada juga yang mencampurkan 5 hingga 6 penis sekaligus agar rasa dan harganya makin mahal. 

3. Peyote Tea 

minuman unik

Kaktus dikeringkan hingga seperti ini. Sumber

Peyote merupakan salah satu jenis kaktus. Di Amerika Selatan, minuman berbahan kaktus ini dikonsumsi.

minuman unik

Kemasan teh kaktus saat dijual. Sumber

Cara konsumsinya dengan mengeringkan kaktus ini lalu diseduh menggunakan air panas seperti menyeduh teh. Teh kaktus ini biasa dikonsumsi karena di kawasan Amerika Selatan ini terdapat banyak kaktus. Terdengar cukup ekstrem bukan? Tapi, kata masyarakat setempat ini adalah minuman paling berkhasiat untuk menjadi kesehatan tubuh.

4. Feni

minuman unik

Inilah minuman khas India yang terbuat dari bahan tidak lazim. Sumber

Kacang mete biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng atau dijadikan sebagai pelengkap adonan kue. Sebelum dikonsumsi, kacang ini telah melalui proses yang panjang untuk membuang getah kacang mete karena getah kacang mete biasanya memberikan efek buruk pada manusia. 

Namun di India kacang mete langsung diolah menjadi sebuah minuman bernama Feni. Feni ini cukup berbahaya jika tidak benar cara mengolahnya. Pernah di tahun 2000 ada 40 orang meninggal karena mengonsumsi minuman ini yang melalui proses memasak yang salah.

5. Panda Dung Tea

minuman unik

Panda Dung Tea. Kelihatan lezat bukan? Sumber

Seperti namanya, Panda Dung Tea merupakan olahan minuman teh yang diambil dari kotoran Panda. Para produsen teh memilih mengumpulkan kotoran panda untuk dijadikan teh karen Panda biasanya hanya menyerap 30% nutrisi dari makanannya sehingga kotorannya dianggap bisa dikonsumsi oleh manusia.

Negara yang mengonsumsi minuman dari kotoran Panda ini adalah orang-orang China. Meskipun menjijikkan namun banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk menikmati seteguk teh dari koroean Panda ini. Kamu berani coba?

6. Waragi

minuman unik

Waragi menjadi minuman yang sering dikonsumsi di Uganda.

Dari namanya saja terlihat jelas jika minuman ini benar-benar minuman unik dunia. Waragi ini merupakan minuman fermentasi ketela pohon, pisang, dan gula tebu. Membayangkan rasanya pasti akan sangat lezat, tapi ternyata minuman Waragi ini beracun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Di tahun 2008 sendiri 80 orang warga Uganda meninggal dunia karena keracunan minuman fermentasi ini. 

Berdasarkan penelitian, hasil fermentasi ketela pohon, pisang, dan tebu ini mengandung metanol yang sangat beracun. Mirip ramuan orang Mesir Kuno dalam pengawetan mayat.

7. Snake Wine

minuman unik

Ular dimasukkan ke dalam botol dalam keadaan hidup. Sumber

Wine biasanya dibuat dari fermentasi beras. Namun di Vietnam para masyarakatnya malah memanfaatkan ular sebagai bahan wine.

Bahan yang dibutuhkan dalam proses fermentasi adalah wine beras dan ular utuh yang biasanya dimasukkan dalam keadaan hidup-hidup. Setelah itu, beberapa bulan kemudian minuman ini bisa dinikmati.

Melansir dari BBC, pernah suatu saat seorang turis wanita digigit ular saat mengonsumsi minuman ini. Ternyata ular-ular fermentasi tidak benar-benar mati saat itu meskipun telah difermentasi selama tiga bulan. Mengerikan ya?

8. Hoihoi Tatea

minuman unik

Berani mencoba minuman unik ini? Sumber

Nama yang unik untuk sebuah nama minuman. Menurutmu kira-kira minuman ini berasal dari bahan apa? Jawabannya, Hoihoi Tatea ini berasal berasal dari air mani kuda. Agar rasanya seperti minuman kebanyakan, air mani kuda ini dicampur dengan perasa apel.

Minuman ini sering jadi sajian para perempuan Selandia Baru. Kamu berani coba minuman ini?

9. Anggur tikus

minuman unik

Aanggur Tikus. Sumber

Mungkin jika Kamu ingin merasakan minuman yang tak biasa, inilah jawabannya. Anggur tikus.

Tikus yang digunakan dalam pembuatan anggur ini adalah jenis tikus putih yang masih kecil alias bayi. Meskipun terlihat menjijikkan namun anggur ini terlihat bersih dan segar. Bahkan warga China sering mengonsumsinya.

10. Darah ular kobra

minuman unik

,Minuman ini mungkin akan membuatmu merasa mual. Sumber

Di Indonesia ada banyak sekali penjual minuman darah kobra. Minuman ini juga dikonsumsi oleh orang Asia lainnya seperti Vietnam. Dipercaya minuman ini dapat memberikan efer positif pada tubuh manusia.

Darah kobra ini sendiri biasa dikonsumsi langsung bersama empedunya. Agar tidak amis, biasanya minuman ini akan diminum dengan sekali tenggak. Mengerikan ya?

11. Fermentasi Kadal

minuman unik

Berani coba minuman ini? Sumber

Di China dan Vietnam terdapat sebuah minuman fermentasi yang cukup aneh tapi banyak peminatnya. Minuman ini terbuat dari kadal. 

Untuk membuat minuman ini biasanya warga lokal mencampurkan 3 kadal ke dalam air beras. Kamu berani mencobanya?

Next Post