Fakta Pasar Tomohon Indonesia yang Konon Paling Sadis di Dunia

Kelelawar di Pasar Tomohon. Foto/@wahyunikamah

Indonesia dengan segala keragamannya memiliki aneka keunikan yang jarang ditemui di berbagai daerah di dunia. Pasar Tomohon jadi salah satu yang paling menonjol karena di sinilah berbagai daging tak lazim dijual belikan. Bukan daging kambing, domba, sapi, atau ayam yang biasa di jual di pasar-pasar tradisional biasa, tapi daging makhluk hutan yang dianggap ‘menjijikkan’ dan ‘tidak layak konsumsi’ lah yang dijual di pasar ini.

Baca juga: Ini 5 Menu Sarapan Paling Menjijikkan di Dunia, Berani Coba?

Mulai dari ular, tikus hingga daging kelelawar di jual di Pasar Tomohon

pasar tomohon

Salah satu daging yang dijual di Pasar Tomohon. Foto diambil tahun 2017. Foto/beritasatu

Seperti yang kami sebutkan, di sini daging yang dijual terlampau unik dan aneh bahkan tak lazim. Daging ular, tikus hutan, kelelawar, babi hutan, daging monyet, daging anjing, hingga hewan dilundungi laris manis dijual di pasar ini.

Konon, daging-daging tak lazim ini dijual belikan di pasar ini karena masyarakat setempat dulu memang kesulitan untuk mendapatkan hewan ternak. Sehingga mengonsumsi binatang dari hutan sudah menjadi kebiasaan mereka.

pasar tomohon

Tikus hutan yang telah dihilangkan bulunya dengan cara dibakar.. Foto/@wahyunikamah

Tetapi kini pasar ini kini tak menjual daging monyet dan hewan dilindungi karena telah mendapatkan edukasi dari pemerintah. Kini hanya tinggal beberapa hewan hutan saja yang dijual seperti tikus, ular, dan kelelawar. Meski begitu, Anda tetap akan merasa mual ketika memasuki pasar ini karena bau amis darah hewan dan reptil tak lazim yang memang lebih menyengat dari daging ternak biasa.

Konsumsi daging ekstrem jadi kebiasaan masyarakat sekitar Pasar Tomohon Manado

pasar tomohon

Harga Daging ekstrem ini ternyata mahal. Perkilo bisa sampai Rp 79 ribu. Foto/@azril_bani

Hingga saat ini pasar ini tetap ramai dengan pedagang daging anjing dan daging ekstrem lainnya. Mereka tanpa ragu memotong-motong daging itu dengan pisau mereka seperti seorang penjual daging biasa ketika ada yang membeli.

Meskipun terkesan sadis, tapi masyarakat Tomohon memang sudah biasa menikmati kuliner ekstrem dari dulu. Ini sudah menjadi sebuah tradisi yang melekat yang tidak bisa dipisahkan. Tak heran jika mengkonsumsi tikus hutan itu rasanya nikmat untuk masyarakat setempat. Begitu pula dengan daging anjing, ular, dan daging-daging ekstrem lainnya.

Baca juga: Harga Tiket Capai Rp46 Juta, Pria Ini Dapat Menu Makan Pesawat yang Menjijikkan

Daging-daging ekstrem itu biasanya dimasak dengan bumbu melimpah ruah dengan cita rasa pedas. Biasanya hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis menyengat.

Ada juga penjual ikan cakalang, bukan hanya yang ekstrem saja

pasar tomohon

Ikan cakalang juga dijual di sini. Foto oleh @silvia_meilani

Meskipun terkenal sebagai pasar hewan-hewan mengerikan. Di sini sebenarnya juga ada penjual ikan dan bahan makan lainnya yang juga penting bagi masyarakat. Jadi, Anda yang datang ke sini bukan hanya disambut dengan daging ekstrem tapi juga daging konsumsi biasa.

Bagaimana, tertarik untuk datang mengunjungi pasar Tomohon?

#SelamatHariPanganSedunia 16 Oktober 2018

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar