facebook pixel

11 Bahasa di Dunia yang Bisa Bantu Kamu Menawar Oleh-oleh

Ayo menawar harga dengan berbagai bahasa di dunia!


Traveling ke luar negeri adalah hal yang saat ini sudah biasa terjadi di kalangan wisatawan dalam negeri, Menyenangkan sih! Tapi, ketika harus belanja oleh-oleh untuk teman dan keluarga di rumah, Kamu pasti merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan penjual mancanegara yang Kamu temui.

menawar harga

Shoping buat oleh-oleh di Korea. Sumber foto

Coba deh pakai kata dasar berikut ini untuk membantumu mendapatkan harga terbaik saat belanja oleh-oleh di luar negeri. Dijamin bakal dapat harga oke!

1. Thailand

Yang perlu Kamu tahu, orang Thailand sering menambahkan imbuhan Ka (buat cewek) dan Krap (buat cowok) agar tutur ucapannya terdengar lebih sopan. Saat Kamu mau menawar barang, cobalah ucapkan salam kepada penjual terlebih dahulu seperti,

Sawasdee Kaa (cewek)

‘Sawasdee Kraap (cowok)

Setelah itu, barulah tanyakan harga barang yang ingin Kamu dengan kalimat tanya di bawah ini,

Ani gi baht?’ (berapa harganya?”

Kalau Kamu merasa barang yang ditawarkan  terlalu mahal, coba saja bilang

Peng bai. Lot noi dai mai?’

Kosa kata Bahasa Thailand yang mungkin bisa Kamu gunakan saat tawar menawar harga misalnya,

  • Aku tidak mau itu. – Mai auw kraap / kaa
  • Boleh = Dai!
  • Tidak boleh = Mai dai

2. Vietnam

Untuk menyapa, Kamu bisa memakai bahasa ini,

xin chau anh? , xin chau chu?,  Anh khoe khong?,  Chu khoe khong? 

Untuk menawar harga, kamu bisa pakai kata ini,

Xin chau, Anh. Cai Nay bai nhieu Tien vay?

(Halo mas, berapa harganya ini?)

Ohya, ini bahasa yang mungkin bisa sedikit membantumu.

  • Chào!= Halo! / Hai!
  • Chào buổi sáng!= Selamat pagi!
  • Xin chào!= Selamat siang!
  • Chào buổi tối!= Selamat sore/malam!
  • Chúc ngủ ngon!= Selamat malam!

3. China

Bagi kamu yang ingin menanyakan “Apa ini?” dalam bahasa Cina, kamu bisa bilang “Zhe shi shenme?” (diucapkan, ‘jeh shirr shenma’). Untuk menawar harga, kamu bisa gunakan kata-kata ini.

A: 老板,这多少钱?(lǎo bǎn, zhè duō shǎo qián?)
bahasa Indonesia: boss, ini berapa?

B:100元 (yī bǎi yuán)
100 yuan

A:那么贵啊??!?(nà me guì ā)
ini terlalu mahal

B:多少呢?(duò shǎo ne?)
pengen harga berapa?

A:40吧。(sì shí ba)
empat puluh

B:那不行,80元。(nà bù xíng, bā shí yuán)
nggak bisa, saya kasih kamu 80 yuan aja ya

A:40可以不?不可以就算了。(sì shí kě yǐ bù? bù kě yǐ jìu suàn le)
empat puluh, jual ke saya atau saya pergi

B:好好,你拿吧。【hǎo hǎo, nǐ ná ba
oke, saya kasih deh

4. Korea Selatan

Saat ini banyak orang yang datang ke Korea Selatan. Bagi kamu yang berencana untuk ke Korea Selatan dan mau beli oleh-oleh lebih baik mengawali pembicaraan dengan penjual dengan bilang ‘Annyeong Hasaeyo (안녕하세요)’ yang artinya hai/halo. Setelah menyapa, kamu bisa langsung bertanya berapa harga barangnya dan tanya adakah diskon yang diberikan. Berikut ini kalimat mendasar untuk menanyakan dan menawar harga.

  • Olmayeyo? (얼마예요?) – Berapa ?
  •  i-gô ôl-ma ye-yo? (이거 얼마예요?)- ini berapa harganya?
  •  A-jô-ssi, i-sæng-sôn ôl-ma ye-yo? (아저씨, 이생선 얼마예요?)- Pak, ikan ini berapa harganya?
  • Com Kakka Cusaeyo (좀 깎아 주세요) – Discount please!
  • Kamsahamnida (감사합니다) – Terima kasih

5. Jepang

Jika ingin menawar harga di Jepang, kamu harus coba pakai bahasa ini.

これ、いくらですか。Kore, ikura desuka – Ini, berapa harganya?

これ、もっと安くなりませんか。 Kore, motto yasuku narimasenka–  Ini, apakah bisa lebih murah lagi?

いいですね。じゃあ、これ 下さい。ii desu ne. jyaa, kore kudasai- Baik. Kalau begitu tolong yang ini (saja).

はい、そうです。hai, sou desu-Benar

6. Filipina

Saat ke Filipina, langsung saja tanyakan harga barang. Kamu bisa tanya dengan bahasa berikut ini.

  • Magkano?– Berapa harganya?
  • Gaano…?-Bagaimana barangnya?
  • Gaano karami ang kailangan mo?-Berapa yang kamu butuhkan?
  • Magkano ito?-Ini harganya berapa?Magkano iyan?-Itu berapa harganya?
  • Sampung piso– Satu peso
  • Ang mahal– Mahal banget!Wala bang tawad?- Nggak ada diskon?
  • Iyan ba ang pinakamura?-Ada yang lebih murha?

7. Amerika Serikat/Inggris/ Australia

Kalau ke Amerika, Inggris, atau Australia sih pakai bahasa Inggris saja. Ini caranya!

  • How much is …? / What’s the price of this …?- Berapa harga …?
  • Pricey / Expensive- Mahal
  • Can you give me a better price on this? / Can you go lower?- Dapatkah kamu memberikan harga yang lebih baik? / Bisakah lebih murah?
  • Is that your final / best offer?- Apakah ini sudah harga akhir/ penawaran terbaik?
  • Great, I’ll take it. / Sorry, I’ll pass this time- Bagus, saya ambil ini/ Maaf, saya tidak jadi membelinya.

8. Prancis

Saat ke Prancis, cobalah untuk belajar bahasa berikut ini. Kamu bisa menyapa terlebih dahulu dengan bilang ‘Bonjour’ yang artinya ‘Halo’. Lalu langsung saja tanya berapa harga barangnya.

  • C’est Combien?- Ini harganya berapa?
  • Très cher! pourrait être moins cher?- Terlalu mahal! Bisa lebih murah?
  • Merci- Terima Kasih.

9. Jerman

Saat ke Jerman dan beli oleh-oleh, Kamu bisa tanya harga ke penjual dengan bahasa asli mereka dengan kalimat berikut ini. Cukup mudah, lho!

Untuk menanyakan harga Kamu cuma bilang:

  • Wie viel kostet…?- Berapa harga..?
  • Wie viel kostet das?- Berapa harganya itu?

Jika ingin beli peta, Kamu bisa cara berikut ini:

  •  Morgen, ich will eine Landkarte kaufen. Wie viel kostet die da?– Pagi, saya mau beli sebuah peta. Berapa harganya yang di situ?
  • Mein Gott! Das ist sehr teuer – Oh Tuhan! Mahal sekali!
  • Ja, Danke- Ya, terima kasih.

10. Italia

Sebagai salah satu negara bagian Eropa Selatan, Italia menjadi negara yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kamu yang berencana jalan-jalan ke Italia, coba belajar bahasa berikut ini, deh!

  • Sto cercando…. – Saya sedang cari. 
  • Ha…?-Apakah Kamu punya..
  • Quanto costa?– Berapa harganya?
  • Ne ha di più?– Apakah kamu punya lebih?
  • Che taglia è?– Berapa ukurannya?
  • Vorrei provarlo– Aku ingin coba ini
  • Lo prendo / lo compro– Aku beli ini!/Aku ambil ini!

11. Uni Emirat Arab

Sedangkan saat Kamu lagi berada di Arab, Kamu bisa bilang ‘bikam’ (berapa harga) untuk menanyakan harga. Jika ingin membedakan ini dan itu, kamu bisa bilang ‘haadza’ (ini) dan ‘dzalika (itu).

Pembeli : Bikam haadza sirwaal?- Berapa harga celana ini?

Penjual : Bikhamsiin riyal-50 riyal

Pembeli : Haadza ghaali jiddan, maa fii muraa’aat? -Ini mahal sekali, tidak bisa ditawar?

Penjual : Ma’aliisy ma’ak biarba’iin riyal-Tak apa, dengan Anda 40 riyal saja

Pembeli : Thayyib, abghaa wahid. Syukran.-Baik, saya mau satu. Terima kasih

Penjual : Syukran- Terima kasih

Meski Kamu nggak begitu jago bahasa Arab, Kamu nggak perlu khawatir. Karena beberapa pedagang di Arab cukup pandai menggunakan bahasa Indonesia dalam hal tawar-menawar kok.

***

Dijamin Kamu nggak akan kesulitan menanyakan harga dan menawar harga ketika mampir ke 11 negara ini. Baca juga tips menawar untuk mendapatkan harga terbaik di bawah ini:

banner experience