Hal yang Boleh dan Nggak Boleh Dilakukan Saat Minta Foto Bareng Bule

Echi • July 21, 2016

Kau tahu apa yang membuat Indonesia memesona? Orang-orangnya
-Joshi Daniel, Travel Photographer-

Setuju banget dengan pendapat Joshi Daniel. Indonesia memesona bukan hanya karena alamnya, tapi orang-orangnya. Orang Indonesia memang unik. Salah satu keunikannya adalah suka ngajak turis asing (bule) buat foto bareng. Nggak harus cakep, yang penting bule. Jadi, nggak heran kalau bule di Indonesia sudah kayak artis.

 

Kamu pengen foto bareng bule juga tapi malu? Takut ditolak bule? Berikut tips ngajak bule foto bareng:

Apa yang harus Kamu lakukan?

1. Kamu harus tahu bule mana yang kamu incar

foto bareng bule

Foto berasal dari sini

Kamera sudah ada, sekarang tinggal menemukan bulenya. Bule yang lagi jalan-jalan sendirian lebih gampang diajak foto, sih. Atau bisa juga mengajak bule yang sering senyum.

2. Pastikan Kamu bawa kamera

foto bareng bule

Foto berasal dari sini

YA IYALAH.

 

3. Minta izin yang sopan

Udah ketemu bulenya? Persiapkan mentalmu buat minta izin sama mas/mbak bule. Gunakan kata “excuse me” biar lebih sopan. Jangan lupa, bilang “thank you” setelah berfoto.

“Excuse me, sir/mam, can I take picture with you?” atau “would you mind taking picture with me? ”

4. Ngobrol basa-basi dulu juga boleh

Sebelum mengutarakan keinginanmu buat foto bareng, kamu bisa ngobrol basa-basi. Misalnya:

Jika si bule merespon, itu tandanya mas / mbak bule nggak keberatan buat diganggu. Setelah itu, baru deh minta izin buat foto. Kalau si bule nggak merespon, Kamu tetap berpikiran positif aja, mungkin dia juga kurang lancar berbahasa inggris, sama kayak Kamu.

 

5. Sebelum minta foto bareng, pastikan kameramu udah siap

foto bareng bule

Foto berasal dari sini

Pastikan kameramu ada baterainya dan dalam keadaan menyala. Nggak lucu dong, udah pose paling keren, eh kamera mati. Begitupun juga kalau mau pakai timer, jangan atur timer terlalu lama. Cukup 5 detik aja. Terlalu lama, bikin capek nahan gaya.

 

6. Siapkan pose andalan

foto bareng bule

Foto berasal dari sini

Perjuangan minta foto bareng sama bule itu nggak mudah. Hargai usaha dan maksimalkan gayamu. Wajib foto pakai gaya andalan. Kalau pose andalanmu cuma berdiri tegak lurus, nggak apa-apa juga sih.

***

Kalau Kamu sudah melakukan tips di atas dengan baik dan benar, jangan lakukan hal-hal berikut

1. Ngajak foto bule yang terlihat sibuk

foto bareng bule

Ilustrasi. Foto berasal dari sini

Coba lihat foto si mbak bule di atas, deh. Masih pegang gorengan, eh diajakin foto.

2. Minta foto berkali-kali

foto bareng bule

Ilustrasi. Foto berasal dari sini

Kebiasaan kita waktu foto-foto adalah mengulang pengambilan foto berkali-kali. Belum puas dengan hasilnya, lalu minta foto lagi. Jangan lakukan itu ketika kamu foto sama bule. Sekali atau dua kali jepretan boleh, lah.

3. Mengerumuni bule

foto bareng bule

Ilustrasi. Foto berasal dari dimasnugraha.net

Bagi bule yang baru pertama ke Asia, banyak dari mereka yang shock dengan budaya minta foto turis asing. Apalagi jika Kamu minta foto bareng bule dengan serombongan teman-temanmu dan mengerumuninya. Itu akan membuat mereka merasa nggak nyaman.

4. Pegang bagian tubuh bule, apalagi pegang hidungnya

foto bareng bule

Ilustrasi. Foto berasal dari sini

Nggak semua orang mau foto berdempet-dempetan, berpelukan, pegang tangan, pegang hidung, atau pegang bagian tubuh lainnya. Sama halnya dengan si bule. Hindari menyentuh tubuh si bule.

5. Sok akrab

foto bareng bule

Ilustrasi. Foto berasal dari sini

Saya tahu mungkin Kamu sangat jago bahasa Inggris. Boleh, lah, ngobrol-ngobrol ringan sama mas/mbak bule. Tapi bukan berarti Kamu jadi kebanyakan ngobrol. Dia kan pengen liburan, bukan ngobrol.

6. Minta bule menunggu

foto bareng bule

Foto berasal dari sini

Selain mengulang foto-foto, kadang kita suka ribet pas lagi foto. Nunggu semua formasi lengkap, baru deh foto bareng. Kamu kan yang pengen foto bareng bule, jadi jangan biarkan dia menunggu. Cukup gebetanmu aja yang Kamu biarkan menunggu kepastian hubungan kalian.


Bosan foto-foto pemandangan doang waktu jalan-jalan? Kamu perlu coba fotografi jenis ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait