facebook pixel

12 Hal yang ‘Jogja Banget’ Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Main Lagi ke Jogja

'Jogja selalu punya cerita'. Yup, Jogja emang selalu bikin kangen. Sekali ke sana pasti pengen balik lagi. Ini beberapa yang khas dari Jogja


‘Jogja selalu punya cerita’. Yup, Jogja emang selalu bikin kangen. Sekali ke sana pasti pengen balik lagi. Ada banyak hal ‘Jogja banget’ yang ngangenin. Ini beberapa di antaranya:

1.  Riuhnya Malioboro

jalan-malioboro

Katanya sih belum ke Jogja kalau belum ke Malioboro. Sumber foto

Sepanjang pedestrian Malioboro menawarkan banyak cerita. Alunan musik angklung di pinggir jalan Malioboro menjadi tontonan menarik ketika malam hari. Banyak andong berderet-deret di sepanjang jalan. Kebanyakan andong tersebut digunakan untuk berwisata., bukan untuk alat transportasi warga Jogja.

Ketika lewat dari pukul 9 malam, Kamu akan dimanjakan beragam kuliner khas Jogja di sini.

2. Belanja batik khas Jogja di kerumunan Pasar Beringharjo

yang khas di jogja

Mungkin di sini emang bukan atnya batik terbaik, tapi suasana pasar tradisionalnya kental banget. Sumber foto

Di sini Kamu bisa membawa pulang banyak batik dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk menawar. Karena biasanya pedagang memberikan harga 2 kali lipat dari harga aslinya.  

3. Kongkow santai di Angkringan Kopi Joss Lik Man

yang khas di jogja

Kopi Joss, satu satunya kopi disajikan dengan bara api merah membara. Sumber foto

Menikmati secangkir kopi dengan tambahan arang di atas kopi tentu aja hal yang nggak biasa. Bercengkrama sampai malam, mendengarkan musisi jalanan yang bisa di bayar dengan tarif per lagu, gorengan murah yang ditemui dengan harga Rp 500,-, dan semua makanan yang sangat terjangkau harganya, semua keramahan itu ada di sini. 

4. Nangis bombay saat santap oseng-oseng Mercon Bu Narti

yang khas di jogja

Cocok buat kamu penggemar kuliner pedas. Sumber foto

Di sepanjang Jalan KH. Ahmad Dalan, Kamu bisa menemukan deretan warung makan oseng-oseng mercon pada malam hari. Dari sekian banyak warung itu, cobalah oseng-oseng Bu Narti. Paduan nasi putih hangat dengan lauk oseng-oseng kikil super pedas meledak di mulut, cocok banget buat Kamu penggila kuliner pedas,

5. Berburu kerajinan perak Kota Gede

perak-kotagede

Kerajinan perak di sini bahkan udah populer di mata internasional lho! Sumber foto

Kota Gede emang terkenal dengan kerajinan peraknya. Nggak akan masalah kalau Kamu berkali-kali keluar masuk toko perajin perak di Kota Gede, karena di deretan pengrajin perak ini, setiap toko punya tarif sendiri-sendiri. Jangan malas keliling buat membandingkan harga. 

6. Belanja cokelat Monggo, cokelat terbaik racikan ahli cokelat 

yang khas di jogja

Nggak perlu ke luar negeri cuma buat nyicip cokelat berkualitas. Sumber foto

Cokelat produksi asli Jogja ini mengandung cita rasa lokal dengan kualitas yang nggak kalah dengan produk luar negeri. Walaupun namanya sudah besar, produsen cokelat Monggo nggak segan untuk berbagi ilmu. Kamu diperbolehkan masuk untuk melihat proses pembuatannya. Butuh rekomendasi? Coba deh rasa Red Chili, Orange Peel, Ginger, atau Mango sebagai oleh-oleh.

7. Sunset cantik di Istana Ratu Boko

yang khas di Jogja

Indah banget kan sunsetnya? Kamu pasti pengen balik sini lagi. Sumber foto

Megahnya Candi Ratu Boko dengan pemandangan langit senja, disusul burung bangau yang terbang membentuk formasi bakal Kamu dapati di sini.

Datanglah sekira 1 jam sebelum sunset agar dapat mencari spot bagus untuk mengambil gambar.

8. Semangkuk wedang ronde di Alun-alun Kidul

yang khas dari jogja

Anget-anget, lumayan kalau abis main tutup mata di alkid. Sumber foto

Di Alun-alun kidul, yang populer emang permainan ‘berjalan melewati tengah-tengah beringin kembar sambil tutup mata’. Tapi sebenernya ada juga hal yang nggak kalah ngangenin di sini. Wedang ronde hangat yang banyak dijajakan di tepi alun-alun. Cobalah semangkuk, Kamu bakal tahu kenapa Jogja terlalu istimewa buat nggak dikunjungi lagi. 

9. Warga lokal Jogja yang super ramah

yang khas dari jogja

Kalau di Jogja itu berasa di rumah karena saking ramahnya mereka. Sumber foto

Warga lokal Jogja itu ramah banget. Bahkan jangan heran kalau Kamu bakal diantar sampai tujuan ketika sekadar tanya jalan di sana.

Bahkan saat Kamu baru keluar dari penginapan dan jalan di gang perumahan warga Kamu mungkin bakal ditanya, ‘bade tindak pundi, Mas/Mba?’ yang artinya ‘mau ke mana, Mas/Mba?’.

10. Seniman-seniman jalanannya yang atraktif

pengamen-tunanetra

Kalau di Malioboro mungkin Kamu bakal menemukan mereka. Sumber foto

Jogja emang gudangnya orang-orang super kreatif. Dan tempat yang cocok untuk mereka yang berjiwa seniman. 

Di Malioboro aja misal, ada banyak seniman yang kualitasnya mungkin nggak kalah sama mereka yang sering tampil di tv. Salah satu yang paling populer sih penyanyi tunanetra cewek di Malioboro. Suaranya merdu banget, Kamu bakal takjub.

11. Romantisnya Kolam Susu di Depok

jogja

Kamu bisa makan bareng pasangan di sini. Sumber foto

Kata orang, Jogja itu romantis bahkan hingga ke tiap sudutnya. Tapi sebenernya Kamu nggak perlu main sampai ke sudut-sudut kota demi mendapat nuansa romantis. Main aja ke ‘Kolam Susu’!

Lokasinya di Jalan Manggis, Depok. Nuansanya hangat. Duduk di pinggir kolam buatan dengan sinar lampu kuning dan lilin-lilin kecil di meja. Nggak kalah romantis ada meja-meja kecil tertata rapi di jembatan cinta.

12. Ketemu turis dari berbagai negara di Resto Viavia

yang khas dari jogja

Siapa tahu bisa dapat kenalan dari mancanegara. Sumber foto

Mendatangi Cafe Viavia di Jalan Prawirotaman nggak hanya nongkrong dan makan.

Mungkin bukan menunya yang bakal bikin berkesan, tapi suasananya. Suasanya cozy banget. Di sini merupakan tempat berkumpulnya turis dari banyak negara. Kamu mungkin bakal merasa ada di luar negeri. 

***

Tentu masih sangat banyak hal di Jogja yang ngangenin, Kamu bisa kok ikut nambahin di kolom komentar.

Baca juga artikel menarik lainnya di sini:

banner experience