Malioboro Makin Cantik dengan Shelter Andong dan Becak!

Malioboro Jogjakarta bakal lebih tertata rapi!

Johan Vembrianto • May 17, 2017

Andong dan becak merupakan dua transportasi tradisional yang jadi favorit turis saat jalan-jalan di Yogyakarta

andong jogja

Yang nggak boleh kamu lewatkan saat di Jogja, naik andong keliling kota! Sumber foto

Kalau Kamu ke Malioboro, dua kendaraan klasik, andong dan becak, gampang banget Kamu temui di sepanjang jalan Malioboro. Nah, supaya andong dan becak yang ada di pinggiran jalan nggak mengganggu lalu lintas dan lebih tertata dengan rapi, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan menyediakan shelter khusus. Jadi, kalau dulu Kamu sering lihat banyak andong dan becak mangkal sembarangan dipinggir jalan, nantinya pemandangan seperti itu nggak bakal Kamu jumpai lagi.

Pemerintah kota Yogyakarta akan nyediain tempat istirahat khusus yang dilengkapi fasilitas pendukung. Bukan cuma fasilitas untuk kuda atau becaknya doang, tapi juga buat kusir dan pengemudi becak. Contoh fasilitas yang diberikan misalnya sumber air buat bersihin kotoran kuda, tempat khusus memberi makan minum kuda, dan toilet buat pak kusir dan pengemudi becak.

Sebenarnya nih, udah ada satu shelter andong yang berada di sebelah timur Pasar Beringharjo. Tapi, shelter Beringharjo tersebut dianggap masih kurang representatif dan butuh banyak pembenahan. 

Selain shelter Beringharjo, lokasi lain yang sangat berpotensi jadi shelter andong ada di sekitar Sompilan. Jadi, nantinya, nggak ada lagi andong yang menunggu penumpang di Maliboro, tapi mereka akan datang ke Malioboro saat ada panggilan penumpang. 

Sedangkan untuk shelter becak, pemerintah kemungkinan akan menggabungkan tempat istirahat becak dengan tempat parkir khusus (TKP) yang ada di sekitar Malioboro. 

Pembangunan shelter andong dan becak memang masih dalam pengkajian. Rencananya, program pengadaan shelter ini bakal direalisasikan pada twiwulan ketiga tahun ini. Tapi, kalau nggak memungkinkan, baru deh dianggarkan tahun depan. 

***

Jogja keren banget nggak sih? Benar-benar total kembangkan pariwisata mereka. Jadi, kalau rencana ini terealisasi, nggak ada lagi kotoran kuda di jalanan atau pun kemacetan jalan karena banyaknya andong dan becak yang parkir di pinggir jalan. 

Mau tahu berita paling terbaru tentang dunia pariwisata Indonesia? Cek sini deh, 

 


Tinggalkan Komentar

Komentar