Jadi, Kamu Pilih Jalan Sendiri, Ikut Open Trip atau Pakai Jasa Biro Perjalanan?

Lebih enak jalan sendiri, ikut open trip atau pake jasa biro perjalanan? Tergantung sih!

Rizqi Y • May 18, 2017

Mau jalan sendiri, ikutan open trip atau pakai jasa biro perjalanan sebetulnya punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri

Masih sering bingung menentukan pilihan antara mau ikutan open trip, jasa biro perjalanan atau jalan sendiri? Sebetulnya sih Kamu nggak perlu bingung, tinggal sesuaikan aja sama karakter liburanmu. Kamu juga perlu tahu lebih dan kurangnya kalau Kamu memutuskan buat ikut di open trip atau biro perjalanan dibanding pergi liburan sendiri.

1. Lihat dulu waktu yang Kamu punya untuk pergi liburan

beda open trip dan biro perjalanan

Kalau punya waktu bebas banyak, mending jalan sendiri aja. Sumber foto

Jalan sendiri : Kalau Kamu punya banyak waktu, mending Kamu jalan sendiri aja. Lagian kan Kamu punya cukup waktu buat ngurus segalanya sendiri, jadi biaya juga lebih bisa diatur sesuai budget Kamu. Dan asyiknya lagi, Kamu bisa liburan lebih lama kalau pergi jalan sendiri. 

Open trip : Cocok buat Kamu yang punya waktu cukup bebas, tapi tetep ada batas waktu yang bisa dipake buat liburan. Soalnya kan kalau open trip biasanya udah terjadwal, tapi memang kadang bisa berubah di tengah jalan sesuai kesepakatan masing-masing anggota open trip.

Biro perjalanan : Ini pas banget buat Kamu yang nggak punya waktu banyak buat persiapan dan juga buat liburan. Nah jadwal dari biro jasa perjalanan kan biasanya udah pasti tuh, misalnya perjalanan 3 hari 2 malam. 

Biar Kamu nggak ketipu open trip abal-abal : cara membedakan jasa open trip asli dengan abal-abal

2. Budget juga jadi pertimbangan penting saat Kamu menentukan pilihan

beda open trip dan biri perjalanan

Sebelum milih mau ikut yang mana, mending lihat dulu budget Kamu. Sumber foto

Jalan sendiri : Pas Kamu pengen jalan-jalan tapi uang ngepres, ya udah mending jalan sendiri aja. Soalnya kan Kamu bisa atur sendiri mau makan di mana, nginep di mana, dan mau ke destinasi apa. Jadi bener-bener bisa ngatur keuangan sendiri. Tapi ingat, harus tetap disiplin sama perencanaan keuangan Kamu ya gais!

Open trip : Sebetulnya kalau kondisi keuanganmu lagi nggak begitu bagus, ikutan open trip juga enak. Kadang open trip ini akan membagi rata  biaya perjalanan ke semua anggota trip. Jadi bisa menghemat biaya. Tapi Kamu juga harus sedia uang cadangan, karena kadang akan ada perubahan perjalanan yang mungkin bakal ngaruh ke keuangan. 

Biro perjalanan : Biasanya sih untuk biro perjalanan biayanya cukup mahal. Soalnya semua akomodasi dan keperluan udah di tanggung biro. Tapi kalau Kamu punya banyak uang, nggak masalah buat milih biro perjalanan karena Kamu udah nggak perlu repot mikir ini itu. 

3. Kalau soal itinerary?

beda open trip dan biro perjalanan

Enaknya ikut open trip dan biro nggak perlu repot bikin itinerary. Sumber foto

Jalan sendiri : Ya Kamu harus siap bikin itinerary sendiri. Kamu harus rajin cari informasi dari satu blog ke blog yang lain. Intinya Kamu harus repot sendirian buat bikin itinerary supaya perjalanan Kamu berjalan lancar. 

Open trip : Kalau Kamu ikutan open trip biasanya itinerary udah dibuat sama tour leader-nya. Jadi Kamu nggak perlu repot. Tapi di perjalanan bisa aja itinerary ini berubah sesuai kesepakatan bersama. Ya, semacam lebih fleksibel gitu. 

Biro perjalanan : Kalau ini mah jelas, itinerary sudah pasti dibuat oleh pihak biro. Jadwal sudah tertata rapi mulai dari peserta datang sampai pulang. Dan biasanya jadwal ini akan berjalan sesuai dengan yang udah disetejui di awal. Jadi Kamu tinggal datang dan ngikutin semua itinerary yang udah dibuat. 

Tips buat bikin itinerary biar Kamu nggak bingung : Begini Caranya Bikin Itinerary Perjalanan (INFOGRAFIS)

4. Masing-masing perjalanan bakal punya sisi pengalaman yang beda

beda open trip dan biro perjalanan

Pengalaman seru kalau ikut open trip, Kamu bisa dapet kenalan baru atau malah jodoh. Sumber foto

Jalan sendiri : Kamu bakal dapat pengalaman gimana asyiknya bikin itinerary sendiri, ribetnya cari tiket dan penginpaan sendiri, juga pusingnya ngatur keuangan sendiri. Tapi semua itu bakal jadi pengalaman tersendiri yang nggak bisa Kamu lupain, dan bakal jadi bekal ilmu untuk libutran selanjutnya. 

Open trip : Pengalaman Kamu juga nggak kalah seru. Kamu bisa ketemu dan jalan bareng sama orang asing yang punya hobi sama buat jalan-jalan. Mungkin aja Kamu bisa dapet jodoh sehabis ikutan open trip. Hehe..

Biro perjalanan : Perjalanan bakal super nyaman karena semua udah disediain. Kamu juga bisa ketemu dan jalan bareng sama orang baru. Intinya sih, Kamu bisa nambah banyak teman dan kenalan saat ikutan liburan dengan jasa biro perjalanan.

5. Kebebasan buat eksplor banyak hal saat liburan

beda open trip dan biro perjalanan

Kalau ikut open trip atau biro, Kamu kurang bebas eksplore. Sumber foto

Jalan sendiri : Kamu lebih bebas dan nggak terikat dengan apa yang pengen Kamu lakukan. Kamu mau pergi ke pulau tak berpenghuni, mau berdiam diri seharian di pantai atau mau camping di alam bebas juga nggak masalah. Karena Kamu nggak terikat oleh siapapun.

Open trip : Kamu juga bebas mengeksplorasi destinasi yang Kamu tuju. Tapi biar gimanapun Kamu tetap terikat oleh anggota trip lain. Artinya kebebasan Kamu tetap ada batasnya. 

Biro perjalanan : Kamu lebih cenderung terikat dan susah untuk melakukan banyak hal di luar itinerary yang udah dibuat pihak biro. Tapi kadang aja juga kok biro yang emang kasih kelonggaran jam bebas agar Kamu bisa eksplore lebih. 

6. Soal keribetan akomodasi selama perjalanan, sudah pasti beda juga dong

beda open trip dan biro perjalanan

Jalan sendiri bikin Kamu harus repot urus akomodasi transportasi sendiri. Sumber foto

Jalan sendiri : Kamu harus cari kendaraan sendiri, belum lagi kadang Kamu harus terkendala dengan kendaraan umum yang nggak bisa jalan kalau belum ada barengan yang memenuhi kuota. Jadi mau nggak mau Kamu harus nunggu lama. 

Open trip : Soal akomodasi peserta sih udah diurus sama tour leader. Paling Kamu cuma perlu mikir akomodasi dari rumah menuju ke meeting poin. 

Biro perjalanan : Sama kayak open trip, Kamu udah nggak perlu mikir soal akomodasi. Bahkan ada juga lho biro jasa yang punya fasilitas penjemputan peserta dari rumah. Jadi Kamu tinggal leha-leha aja dan nikmati liburan Kamu. 

7. Pas Kamu mau mengabadikan momen liburanmu

beda open trip dan biro perjalanan

Enaknya jalan bareng, mau ambil foto gampang. Sumber foto

Jalan sendiri : Kalau Kamu nggak bawa tripod, maksimal cuma bisa selfie. Kecuali kalau cuma motret lanskap destinasi yang Kamu kunjungi. Atau seringnya sih Kamu minta tolong sama orang lain buat motretin.

Open trip : Kamu bisa gantian sama peserta lain buat saling motretin. Dan karena jalannya bareng-bareng orang banyak, fotonya juga bisa lebih asyik dan seru, nggak cuma foto selfie aja

Biro perjalanan : Kamu tinggal pose, pihak biro juga siap motretin Kamu kapan aja. Pihak biro yang udah pengalaman bahkan tahu harus ngarahin Kamu kayak gimana supaya hasil fotonya bagus. Mereka juga kadang kasih spot foto yang emang fotogenik banget. 

8. Kebutuhan logistik yang harus Kamu bawa buat bekal selama perjalanan

beda open trip dan biro perjalanan

Pergi sendiri berarti harus siap bawa barang banyak. Foto oleh Echi

Jalan sendiri : Kamu harus nyiapin semuanya sendiri mulai dari obat-obatan, cemilan, makanan dan minuman. Jadi nggak heran kalau ransel Kamu yang segedhe gaban itu bisa jadi full bahkan rasa-rasanya kurang. Kalau ternyata ada yang nggak Kamu bawa, ya harus ribet sendiri. 

Open trip : Kamu juga harus bawa logistik sendiri, tapi setidaknya nih Kamu bisa berbagi sama peserta lain. Jadi kalau ternyata ada logistik yang lupa dibawa, bolehlah Kamu minta tolong ke peserta lain.

Biro perjalanan : Kamu nggak perlu repot ngurus kebutuhan obat, makan dan minum. Karena semuanya udah diurus dan disediain sama pihak biro. Enak banget kan?

9.  Saat hal buruk terjadi di tengah perjalanan liburanmu

beda open trip dan biro perjalanan

Nggak enaknya jalan sendiri, kalau ada masalah ya ditanggung sendiri. Sumber foto

Jalan sendiri : Karena pergi liburan sendiri, nggak ada asuransi yang menjamin Kamu selama di perjalanan. Kalau pun ada mungkin cuma waktu Kamu pakai kendaraan umum yang punya asuransi kecelakaan. Di luar itu ya Kamu bakal tanggung sendiri semua kesulitan yang dihadapi. 

Open trip : Kamu bisa tangani masalah yang terjadi  barengan sama peserta open trip lain. Kalau Kamu cerdas milih open trip, ada juga lho yang kasih asuransi. Jadi perjalanan kamu juga bakal lebih nyaman.

Biro perjalanan : Hampir semua biro perjalanan yang resmi bakal kasih Kamu jaminan asuransi selama ikut dalam perjalanan liburan mereka. Jadi Kamu udah nggak perlu repot kalau ternyata ada hal buruk terjadi saat sedang berlibur. 

***

Mau jalan sendiri, ikutan open trip atau pakai jasa biro perjalanan sebetulnya punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jadi tergantung sama kondisi Kamu aja. Intinya sih jangan mengotak-ngotakkan diri untuk selalu tertuju sama satu pilihan. Ketiganya asyik kok, cuma tinggal mana yang paling sesuai dengan kondisi Kamu. 

Tapi kalau disuruh pilih, mana yang bakal Kamu pilih gais?

View Results

Loading ... Loading ...

 

Baca juga artikel menarik lainnya;