Backpacker ke Dieng dengan Motor, Berikut Tipsnya

Backapacker ke Dieng dengan menggunakan motor (Instagram/@lost_in_the_world_ma).

Sejak diadakannya Dieng Culture Festival satu dekade yang lalu, pesona Dataran Tinggi Dieng secara perlahan mulai terangkat. Mulai dari budaya seperti tarian dan rambut gembel, kuliner seperti mie ongklok dan carica, hingga panorama alam yang sangat indah. Setiap harinya Dataran Tinggi Dieng selalu ramai dipadati wisatawan yang berkunjung untuk menikmati kesejukan alam dan kearifan lokal masyarakatnya.

Dataran Tinggi Dieng dapat dijangkau menggunakan kendaraan umum seperti bus serta kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Motor menjadi salah stau kendaraan yang cukup efektif untuk menuju Dataran Tinggi Dieng karena dapat menerobos kemacetan dan dengan mudah melaju naik turun di jalanan Dataran Tinggi Dieng yang sempit. Bagi anda yang berencana backpacker ke Dieng dengan motor ada baiknya memperhatikan lima tips berikut ini.

1. Google Maps

Google Maps adalah solusi bagi anda yang tidak begitu paham jalur-jalur yang harus dilewati untuk menuju Dataran Tinggi Dieng.

Bagi anda yang berasal dari arah Solo bisa melewati jalur alternatif Magelang-Getasan. Selanjutnya mengikuti jalur Secang menuju Temanggung, Wonosobo, dan berakhir di Dataran Tinggi Dieng.

Sementara yang berasal dari arah Yogyakarta dapat menggunakan jalur menuju Magelang-Purworejo. Perhatikan estimasi waktu ketika memilih jalur dengan Google Maps.

2. Siapkan Perbekalan

Waktu perjalanan menuju Dieng cukup lama, sehingga penting untuk menyiapkan perbekalan untuk berjaga-jaga. Selain itu beristirahatlah jika dirasa anda sudah merasa kelelahan.

Perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng dari Solo memakan waktu hingga 5 jam. Sedangkan dari Yogyakarta menuju Dataran Tinggi Dieng waktu tempuh mencapai 3,5 jam.

3. Kenakan Baju Hangat

Penting untuk menggunkan baju hangat, karena suhu udara akan terasa sangat dingin jika telah memasuki wilayah Wonosobo. Kenakan pakaian hangat, jaket, kaos tangan, dan kaos kaki dari awal sebelum berangkat.

Siapkan juga pakaian hangat cadangan karena setelah sampai di Dieng, suhu udara akan terasa semakin menusuk tulang. Seperti sekarang ini, suhu udara dapat mencapai dibawah nol derajat Celcius.

4. Berangkatlah Sepagi Mungkin

Waktu tempuh menuju Dataran Tinggi Dieng cukup lama, agar tidak sampai malam sebaiknya berangkat sepagi mungkin. Jalan menuju daerah Dataran Tinggi Dieng masih minim penerangan sehingga rawan terjadi kecelakaan.

5. Periksa Kondisi Kendaraan

Perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng akan banyak melewati kawasan hutan dan perkebunan warga. Bengkel atau tempat servis motor cukup sulit dijumpai di sepanjang perjalanan. Untuk menghindari kendaraan bermasalah di tengah perjalanan ada baiknya untuk memeriksanya terlebih dahulu sebelum berangkat.

Bagi anda yang ingin menyaksikan kemegahan pagelaran tahunan Dieng Culture Festival 2019 namun belum kebagian tiketnya tak perlu khawatir lagi. Phinemo Marketplace menyediakan berbagai paket perjalanan Dieng Culture Festival dari tour operator terpercaya di Indonesia. Cek selengkapnya melalui link berikut >> Dieng Culture Festival 2019.

Dapatkan ulasan menarik tentang dieng dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar