Arti Warna Kuning pada Landasan Pacu Bandara yang Jarang Anda Ketahui

garis-garis kuning yang ada di bandara ini gunanya apa ya? (Foto/the lane construction corporation)

Landasan pacu bandara barangkali sudah jadi pemandangan biasa bagi Anda yang gemar berpetualang dengan menaiki moda trasnportasi pesawat.

Namun apakah Anda juga memerhatikan bagian ujung landasan terdapat garis-garis kuning yang mengitari landasan pacu bandara?

Bila Anda pernah melihatnya, sudahkah Anda tahu apa maksud dari garis-garis berwarna kuning tersebut?

banner promo phinemo merchant 2

Baca Juga: Inilah Daftar Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Berdasar pernyataan resmi dari Angkasa Pura Airports melalui akun Twitter resminya, taxiway adalah jalan yang menghubungkan landasan pacu (runway) dengan apron. Taxiways umumnya berbentuk garis lurus mirip seperti pembatas jalan raya.

Pembeda dengan jalan raya, yakni garis pada landasan pacu bandara adalah warna kuning tersebut. Warna kuning ini memiliki desain yang mencolok dan dianggap memudahkan pesawat saat meninggalkan landasan pacu.

Jalur pesawat berwarna kuning atau taxiways tersebut didesain pula dengna bentuk yang beraneka ragam. Tiap ragam memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda pula.

landasan pacu udara

garis-garis kuning yang ada di bandara ini gunanya apa ya? (Foto/alaska journal)

Misalnya saja garis tunggal berwarna kuning solid sebagai pusat taxiways, sedangkan garis kuning ganda menunjukkan tepi taxiways yang tidak boleh dilewati.

Taxiway ini dirancang dengan beragam bentuk untuk membantu pilot menghindari rute yang beresiko merusak pembatas jalan atau pesawat yang mereka kendalikan.

Selain itu, taxiway juga berguna untuk mencegah pesawat yang berada di lokasi yang berdekatan saling bertabrakan satu dengan yang lain.
Taxiways memiliki bentuk yang berbeda yang dilengkapi dengan lampu biru di tepinya. Sedangkan pada bagian tengahnya, taxiways dilengkapi dengan lampu berwarna hijau.

Tak hanya dua warna lampu tersebut saja, melainkan masih ada lagi satu lampu dengan warna merah dan kuning. Lampu-lampu ini menjadi acuan bagi pilot untuk mengontrol pesawat yang sedang dikemudikan.

Adanya lampu dengan berbagai warna ini juga sangat berguna bagi pilot ketika jarak pandang sangat buruk atau saat keadaan di landasan pacu terlihat gelap.

landasan pacu udara

garis-garis kuning yang ada di bandara ini gunanya apa ya? (Foto/the lane construction corporation)

Baca Juga: Inilah Kegunaan Angka di Landasan Pacu Bandara yang Jarang Anda Ketahui

Taxiways di landasan pacu bandara ini tak hanya memudahkan pilot, namun juga membantu para petugas bandara untuk memberi arahan secara lebih mudah kepada pilot.

Arahan yang disampaikan dapat berupa lokasi, arah, penanda pesawat untuk berhenti, dan area apa yang tidak boleh dilalui oleh pesawat.

Dapatkan ulasan menarik tentang bandara dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar