Ini Video Pendaki Gunung Semeru yang Dihukum di Ranu Kumbolo Karena Langgar Aturan

Sebelum mendaki, para pendaki Gunung Semeru biasanya akan mendapatkan briefing dari tim yang bertugas tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kegiatan pendakian. Salah satu hal yang selalu diinformasikan pada pendaki Gunung Semeru adalah larangan untuk mencemari air yang ada di Ranu Kumbolo. Hal ini karena air tersebut dikonsumsi untuk seluruh pendaki Gunung Semeru.

Namun, meski sudah diberikan informasi terkait, masih ada saja pendaki Gunung Semeru yang nakal dan mengabaikan larangan tersebut.

Baca juga: Pevita Pearce Rindu Gunung Semeru, Netizen Ramai Minta Bikin Film 5 CM Part 2

Beberapa waktu lalu tersebar sebuah video saat seorang pendaki Gunung Semeru diberikan hukuman di depan umum karena melanggar aturan. Pendaki ini diketahui mencuci kakinya langsung di Danau Ranu Kumbolo. Padahal jelas-jelas ini adalah hal yang dilarang.

A post shared by Instagramnya Pendaki Gunung (@instapendaki) on


Dalam video pendek tersebut, terlihat seorang pendaki pria dihukum push up di tepi danau. Dengan disaksikan puluhan pendaki yang sedang camping di sekitaran danau, pendaki ini pun menjalani hukuman tersebut.

Setelah selesai menjalani hukuman push up, pendaki Gunung Semeru yang melanggar aturan tersebut pun diminta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia diminta untuk meminta maaf pada seluruh pendaki karena telh mengotori Ranu Kumbolo.

Disambut tepuk tangan meriah dari puluhan pendaki, permintaan maaf pendaki ini pun diterima dengan ikhlas oleh para pendaki yang tengah camping di sana.

Video ini pun mendapatkan banyak reaksi dan komnetar dari netter, seperti di antaranya:

@saputraardiprabowoberjiwa: “besar, mengakui kesalahan dan meminta maaf ? #respect”

@lucky_coconut_stars: “Maaf jika saya terkesan berlebihan, namun ini demi kita semua, alam tidak butuh kita namun kita butuh alam.. ranu kumbolo adalah impian semua pendaki saat perjalanan ke semeru.. salam damai untuk semua.”

@arisadityanugraha: “Salut sama yang menegur dan salut sama yang ditegur (y) jadikan pembelajaran untuk semuanya.”

Baca juga: Viral Foto Salju di Semeru, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Hal ini tentu menjadi sebuah pelajaran yang berharga bagi seluruh pendaki, baik di Gunung Semeru maupun di gunung lainnya. Menjaga alam adalah kewajiban bagi setiap pendaki tanpa terkecuali.

Khusus bagi pendaki Gunung Semeru, jika ingin mencucui kaki, tangan, atau mandi, ambillah air secukupnya dari danau menggunakan botol atau ember. Lalu menjauhlah sekitar 5 – 10 meter, baru diperbolehkan mencuci kaki dan lainnya.

Seoerti kita tahu, air di Ranu Kumbolo memang menjadi sumber mata air utama bagu pendaki. Baik untuk minum maupun memasak. Jadi, mari kita jaga bersama kebersihan Ranu Kumbolo.

Dapatkan ulasan menarik tentang Pendakian dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran