Legenda Gunung Semeru, Tempat Bersemayamnya Para Dewa Hindu

Legenda Gunung Semeru, paku bumi untuk penyeimbang Pulau Jawa (Instagram/@susie_suhartanto).

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang terletak di Jawa Timur dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Total ketinggian Gunung Semeru mencapai 3.676 mdpl dan berada di urutan ketiga sebagai gunung tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di NTT.

Dibalik keindahan panorama alamnya yang sangat indah, Gunung Semeru menyimpan kisah legenda yang cukup mencengangkan. Konon Gunung Semeru berasal dari Gunung Meru di India yang diletakkan oleh Dewa Wisnu sebagai paku bumi agar Pulau Jawa tidak terombang-ambing di tengah lautan.

Kisah ini tertulis dalam kitab kuno dari abad ke-15 Masehi. Pulau Jawa dikisahkan saat itu mengambang di lautan luas, terombang-ambing dipermainkan ombak. Suatu ketika saat para dewa mengunjungi pulau Jawa, mereka memaku Pulau Jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru di India ke Pulau jawa.

Untuk memindahkannya, Dewa Wisnu kemudian menjelma menjadi kura-kura raksasa dan mengangkut Gunung Meru di punggungnya. Sementara itu, Dewa Brahma menjelma menjadi ular raksasa yang membelitkan tubuhnya ke punggung kura-kura sehingga Gunung Meru dapat diangkut.

Gunung Meru tersebut lalu diletakkan di sisi timur Pulau Jawa, namun ternyata menyebabkan kemiringan di sisi barat. Dewa Wisnu dan Dewa Brahma kemudian memotong sebagian Gunung Meru untuk diletakkan di sisi timur. Potongan gunung di sisi barat kini dikenal dengan nama Gunung Pawitra atau Gunung Pananggungan, sedangkan sisi timur dikenal dengan nama Gunung Semeru.

Dalam kepercayaan Agama Hindu, Gunung Semeru dianggap sebagai tempat bersemayamnya para dewa serta menjadi tempat penghubung antara bumi dan kayangan. Menurut cerita, jika ingin mendengar firman para dewa diharuskan melakukan meditasi di Gunung Semeru.

Masyarakat Bali percaya bahwa Gunung Semeru adalah bapak dari Gunung Agung. Setiap 8-12 tahun sekali masyarakat Bali mengadakan upacara sesaji untuk menghormati Gunung Semeru. Selain upacara sesaji, masyarakat Bali sering mengunjungi Goa Widodaren untuk mendapatkan tirta suci.

Bagi anda yang ingin mengadakan perjalanan wisata namun masih bingung akomodasi dan transportasi, kini tak perlu lagi pusing. Phinemo Marketplace menyediakan berbagai paket wisata dengan penawaran terbaik dari tour operator terpercaya di Indonesia. Cek selengkapnya di link berikut >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung semeru dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar