Tur Tematik "Surabaya Melawan", Ide Wisata Gratis di Surabaya

Dalam rangka rayakan bulan pahlawan, House of Sampoerna mengadakan tur Surabaya Heritage Track (SHT). Melalui pers rilis yang kami terima, program tematik tur Surabaya Heritage Track (SHT) ‘Surabaya Melawan’ akan diadakan selama tanggal 13 November – 13 December 2018.

Baca juga: Kumpulan wisata kekinian gratis di Surabaya yang bisa menghemat bujet perjalanan Anda

tur tematik surabaya

Tur tematik Surabaya SHT diselenggarakan pada periode-periode tertentu

Anda akan diajak menggali rangkaian peristiwa sebelum pecahnya pertempuran 10 November 1945 dengan mengunjungi tempat bersejarah terkait, salah satunya gedung PT Pertamina EP Aset 4 dan SKK Migas Jabanusa yang dahulu merupakan kantor Bataafsche Petroleum Maatschappij serta area Taman Sejarah dan Jembatan Merah.

Tur tematik SHT diselenggarakan pada periode-periode tertentu guna memperkenalkan sejarah kota Surabaya serta berbagai bangunan dan kawasan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Tur SHT dapat dinikmati oleh wisatawan secara cuma-cuma. Melalui berbagai tur SHT, Anda tak hanya dapat menikmati berbagai bangunan cagar budaya, namun juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.

Selengkapnya, berikut ini rute dan jadwal perjalanan tur tematik Surabaya Heritage Track.

Baca juga: Food junction, tempat nongkrong asyk anak gaul Surabaya. Anda harus ke sini juga

Tur Tematik: “Surabaya Melawan”

Jadwal Tur : Selasa s.d. Kamis, 13 November – 13 December 2018
Waktu : 10:00 – 11:30 WIB

Pemberhentian:

• Gedung PT Pertamina EP Asset 4 dan SKK Migas Jabanusa

Ketika gedung ini diduduki oleh pasukan Sekutu di bawah pimpinan Kolonel Pugh. Kolonel Pugh menginstruksikan kepada pasukannya untuk merampas persenjataan pejuang Surabaya. Akibat instruksi tersebut menimbulkan amarah rakyat sehingga meletuslah pertempuran 28-30 Oktober 1945 yang berakhir dengan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby

• Taman Sejarah dan Jembatan Merah

Pada tanggal 30 Oktober 1945 setelah diadakan perundingan di Kantor Gubernur, para pemimpin Surabaya dan sekutu mendatangi obyek-obyek yang masih terjadi pertempuran dan bermaksud menghentikan pertempuran tersebut. Ketika sampai di kompleks Internatio, terdapat kontak senjata antara para pemuda dan tentara Sekutu, kontak senjata ini mengakibatkan tewasnya Mallaby.

Tips mengikuti tur SHT

Buat Anda yang tertarik mengikuti tur tematik ini, pastikan Anda dalam kondisi fit. Kenakanlah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Gunakan sepatu yang tak bikin kaki sakit dan bawalah bekal minum secukupnya.

Selebihnya, jangan lupa membawa kamera untuk mendokumentasikan momen tur SHT Anda.

Dapatkan ulasan menarik tentang wisata surabaya dan tulisan Lain dari Echi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar