facebook pixel

11 Travel Hack Buat Backpacker Indonesia

Poin paling akhir wajib diterapkan biar bisa halan-halan ala Backpacker!


Untuk bisa jalan-jalan irit, backpacker ternyata punya bakat tersembunyi biar mereka bisa mencapai tujuan keliling Indonesia, atau bahkan dunia

Di zaman sekarang, traveling nggak harus dilakukan dengan uang yang melimpah. Kini banyak orang memutuskan untuk menjadi seorang backpacker dengan hanya modal tas ransel besar, uang yang nggak seberapa dan tekad yang besar untuk bisa traveling.

Meskipun modalnya nggak sebanyak para artis yang doyan jalan-jalan mewah, namun orang-orang nekad bernama ‘backpacker’ bisa mencapai tujuan mereka. Contoh konkritnya adalah Adis si ‘Backpacker Gembel’ yang berhasil keliling dunia dengan bujet minim.

Lalu, apa ya rahasia para backpacker yang cuma modal bujet minim bisa traveling keliling Indonesia dan dunia? Yuk intip kitabnya para backpacker yang mereka anut saat traveling berikut ini,

1. Bakat cari tiket gratis dan murah di beragam aplikasi booking tiket

travel hack backpacker indonesia

Booking tiket. Sumber foto

Bagi Kamu yang ingin jadi seorang backpacker yang bisa traveling murah keliling Indonesia, bakat pertama yang wajib Kamu miliki adalah menguasai cara mendapatkan tiket murah, baik tiket pesawat, hotel, dan lainnya. 

Caranya? install aplikasi booking hotel dan booking tiket di ponsel Kamu. Kamu bakal lebih mudah dapatin tiket murah kalau booking jauh-jauh hari. Selain itu, dengan aplikasi booking di ponsel, Kamu bisa  dengan mudah membandingkan harga tiket sehingga bisa mendapatkan tiket termurah.

2. Mencari tahu maskapai-maskapai yang sering kasih promo murah untuk terbang

promo airasia

Sumber foto: AirAsia.com

Bakat yang kedua yang wajib dimiliki seorang backpacker Indonesia adalah tahu maskapai apa yang sering kasih diskon terbang dan selalu tebar tiket gratis.

FYI, maskapai yang sering kasih promo tuh si AirAsia. Ini bukan ngiklan lho ya, tapi setiap tahun mereka pasti tebar tiket gratis yang jumlahnya lumayan banget. Penerbangan gratis mereka juga beragam tujuan.

Yang jelas, Kamu harus kepo ragam maskapai biar bisa langsung dapat tiket promo mereka.

3. Kamu harus harus sudah bisa menggunakan ‘mode penyamaran’ pada browsermu

travel hack

Mode Penyamaran. Foto oleh Chrome

Mode Incognito atau mode penyamaran adalah mode yang berguna saat Kamu menjelajah ke beragam situs website penerbangan/hotel. Hal ini karena mereka bisa melacak ‘history’mu sebelumnya sehingga saat Kamu masuk ke situs mereka lagi sistem mereka akan menaikkan harga atau istilahnya ‘dynamic pricing’. Untuk menghindarinya, Kamu bis amenggunakan mode penyamaran atau ‘Mode Incognito’.

Coba dan buktikak sendiri deh kalau Kamu nggak percaya. Yang jelas, kalau Kamu ingin mendapatkan tiket yang lebih murah.

travel hack backpacke

Cara membuat mode penyamaran. Foto oleh Chrome

4. Punya bakat packing biar backpack muat banyak

travel hack backpacker

Teknik packing terkeran! GIF oleh WorldofBuzz

Menurut para backpacker, packing baju terbaik adalah dengan menggulungnya. Kamu harusnya meniru cara packing ini biar ranselmu bisa muat banyak. Selain muat banyak, cara ini terbukti nggak bikin baju jadi kusut.

5. Punya bakat hitching biar bisa numpang gratis ke tujuan wisata

as

Ini cara hitching Yudha si traveler Indonesia yang keliling Indonesia dengan uang minim.

Traveling keliling Indonesia itu butuh biaya banyak. Sayang kan kalau duitmu habis cuma buat transportasi sewa mobil. Nah, para traveler selalu punya bakat hitching makannya mereka bisa irit banget.

Kamu harus punya bakat ini biar bisa traveling ala backpacker!

6. Ingin traveling di berbagai negara di dunia dengan penginapan gratis? Coba ikut jadi anggota CouchSurfing deh

travel hack backpacker

CouchSurfing . Sumber foto

Jadi gini, CouchSurfing itu sebenarnya adalah layanan jejaring sosial yang berupa hospitality exchange atau jaringan silaturahmi yang memiliki anggota di 246 neraga di dunia yang kini punya anggota lebih dari 2,6 juta orang.

Kamu pasti bakalan senang jadi anggota karena Kamu bisa tidur di tempat anggota di berbagai dunia tanpa bayar** (tergantung kesepakatan antara member). Kamu bisa memanfaatkan mereka untuk perjalananmu. Di Indonesia juga ada anggotanya juga. Kamu nggak akan kena tipu karena setiap anggotanya punya review. Gih buruan daftar. Lumayan banget buat dimanfaatin saat traveling nih.

7. Tahu cara membuat diri sendiri aman saat traveling

travel heck backpacker

Meski Kamu backpacker cewek, Kamu harus perhatikan hal ini. Sumber foto

Keamanan adalah hal yang paling penting dalam sebuah perjalanan. Percuma dong kalau Kamu traveling cuma untuk dirampok? Ya nggak? So, selalu waspada dengan ragam kejahatan di jalanan. Meskipun nggak semua orang itu jahat, tapi tetap waspada aja.

8. Ohya, yang terpenting itu Kamu bisa bikin rencana perjalananmu sendiri

Nulis dulu dong renca mau ke mana? Sumber foto

Kalau Kamu benar-benar ingin menjadi seorang backpacker, Kamu harus bisa membuat rencana perjalananmu sendiri. Mau ke mana, kapan, di mana tujuannya, berapa hari di sana, bagaimana ke sana, apa yang harus di bawa dan lain sebagainya.

Kamu harus tahu betul semua rincinya. Itu namanya backpacker. Kalau nggak pengen repot rencanain perjalanan ya mending nggak usah jadi backpacker aja deh. Hehe

Terus yang paling penting juga, Kamu tahu menggunakan GPS dan smartphonemu.

9. Tahan godaan dan bisa menghemat uang saat traveling

travel heck backpacker

Hemat harus dan wajib. Sumber foto

Namanya jalan-jalan ya pasti melihat ragam keunikan suatu daerah yang dikunjungi. Mulai dari wahana berbayar, kuliner khas, hingga pernak-pernik unik. Semua itu pasti bikin ngiler pengen dibeli.

Tapi, kalau lagi backpacking ya harus tahan godaan itu. Ingat sama tujuan awalmu dan uang disaku. Tantangannya ya ini. Sulit tapi harus dijalani kalau Kamu pengen jadi seorang backpaker.

10. Jiwa sosial harus oke biar punya kenalan banyak

travel heck backpacker

Wajib banget sosialisasi sama orang sekitar. Sumber foto

Saat ini banyak banget orang yang punya jiwa sosial yang nggak ‘oke’ dan gitu deh. Bukannya suudzon, tapi kenyataannya emang gitu sih. Nah, Kalau Kamu pengen jadi seorang backpacker yang suskses irit dan punya kenalan banyak jadilah backpacker yang berakhlak mulia dan jiwa sosial yang tinggi. 

Berawal dari menyapa dan ngobrol dikit, para backpacker Indonesia dapat penginapan dan makan gratis lho. Bahkan ada juga yang diajak keliling desa tanpa harus bayar guide karena jiwa sosial para backpacker.

So, kuasai bakat ini ya biar backpackingmu suskes besar.

11. Punya bakat bikin video dan foto perjalanan yang bagus

busines trip

photo by Dwi Yoga

Perjalanan itu nggak melulu soal ngirit brow, Kamu juga harus menguasai bakat bikin video dan foto perjalanan yang bagus biar Kamu seengaknya populer dan punya fans biar bisa dapat sponsor kelak di perjalanan berikutnya.

So, kalau saat ini Kamu belum punya bakat bikin video dan foto perjalanan mending belajar dulu. Oke ?!

Bonus: Kepoin Phinemo Experience biar Kamu punya banyak referensi kegiatan liburan seru 

Selain menguasai 11 bakat di atas, Kamu harus join Phinemo Experience. Di sana, Kamu bisa menemukan beragam pengalaman seru dari para backpacker. Pengalaman yang pernah mereka alami bisa Kamu jadikan referensi perjalananmu. 

Ohya, Kamu pun bisa membagikan pengalaman liburanmu dengan para user di sana loh. Bukan hanya itu, Kamu juga bisa membagikan foto perjalanan dan berteman dengan traveler lainnya. Yang lebih seru lagi, Kamu bisa dapat poin yang nantinya bisa ditukar dengan beragam hadiah menarik dari Phinemo. 

Kamu bisa coba mulai menulis pengalamanmu di sini.

***

Meskipun 11 hal di atas sulit dilakukan, tapi para backpacker bisa melakukannya demi bisa jalan-jalan murah dan berkesan. Semangat dan selamat backpackingan ya!

banner experience