Sidebar

Pertama Kali Naik Kapal Laut? Ini Dia Tips yang Dapat Kamu Lakukan

Bingung lantaran baru pertama kali naik kapal laut? Nggak usah bingung, Kamu bisa baca 9 tips naik kapal pada artikel ini!

SHARE :

Ditulis Oleh: Mia Kamila

Pertama kali naik kapal laut? Gimana ya rasanya? Pertanyaan itu mungkin kerap timbul dalam benak Kamu. Saya pun merasa demikian. Terlebih kalau sering mendengar beberapa pengalaman orang yang lain yang sudah pernah naik kapal laut.

sumber foto di sini

Ini adalah tips buat Kamu yang baru pertama kali naik kapal laut:

1. Siapkan barang bawaanmu, terutama barang yang akan Kamu gunakan selama perjalanan mengarungi samudra

Sebelum Kamu memutuskan naik kapal laut, hal yang perlu Kamu ketahui adalah lamanya perjalanan. Lamanya perjalan yang akan kamu tempuh dapat Kamu jadikan patokan untuk mengukur barang bawaanmu. Agar tidak terkesan ribet dan gampang untuk mencarinya Kamu bisa memisah sebagian barang bawaanmu yang akan Kamu gunakan selama di dalam perjalanan atau dalam kapal.

Biasanya saya lebih suka mengelompokkan barang-barang tersebut untuk di kemas dalam satu wadah. Misal beberapa baju yang akan sering digunakan, maka saya akan mengemasnya di tas yang berbeda. Sementara baju-baju yang akan saya gunakan di tempat tujuan saya masukkan dalam ransel atau koper tersendiri.

2. Kenali keadaan tubuhmu, pastikan Kamu dalam keadaan benar-benar sehat selama dalam perjalanan

Sebelum Kamu naik kapal. Tak ada salahnya Kamu perikasa ke dokter untuk memastikan bahwa kamu benar-benar sehat. Kamu nggak akan tahu kondisi di laut yang akan kamu lalui selama perjalanan.

3. Bawalah obat-obatan untuk pertolongan pertama

sumber foto di sini

Obat-obatan sangatlah perlu untuk dibawa ketika Kamu sedang dalam perjalanan. Nggak asik bila saat dalam perjalanan Kamu tiba-tiba sakit. Perjalananmu akan terganggu pastinya. Sediakan obat seperti paracetamol, obat diare, obat anti mabuk dan obat pusing.

Ketika ombak besar, pastinya akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh Kamu. Jadi ketika ada perubahan pada kondisi tubuh Kamu, pastinya Kamu sudah siap untuk kondisi tersebut.

4. Jaga barang-barangmu dengan baik, karena kehilangan barang tidak ditanggung oleh pihak kapal

Sumber foto di sini

Secara umum, memang kita harus menjaga barang-barang yang kita bawa. Tapi perlu Kamu ingat bahwa penumpang pada kapal laut lebih banyak daripada Kamu naik Peawat atau kereta. Agar lebih safety Kamu harus lebih ekstra untuk menjaga setiap barang-barang yang Kamu bawa.

5. Bawa bekal makanan cepat saji dan tahan lama

Kamu harus tahu bahwa makanan dalam kapal harganya bisa mencapai tiga kali lipat harga makanan di darat. Jadi, ada baiknya Kamu membawa makanan sendiri yang cepat saji dan tahan lama. Misalnya, Kamu bisa membawa abon, atau telur rebus.

6. Lindungi barang-barang kalian dengan plastik agar tidak terkena air laut

Ada baiknya Kamu melindungi barang-barang Kamu dengan plastik. Terutama barang-barang berharga Kamu. Di kapal rawan sekali dengan air laut. Kamu tak akan tahu bila ada sesuatu yang bocor  dan mengenai barang-barang Kamu.

7. Bawalah penambah daya cadangan untuk cadangan daya

Smartphone adalah barang penting yang harus selalu on. Terutama ketika Kamu dalam perjalanan. Meskipun sinyal tidak mendukung, alat yang satu ini harus tetap on. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan alat tersebut. Seperti halnya mendengarkan musik atau bermain game.

Untuk itu sediakan powerbank untuk cadangan daya smartphone Kamu.

8. Tidak ada salahnya Kamu membawa games untuk mengisi waktu luang selama dalam perjalanan

Waktu yang lama saat menempuh perjalanan membuat Kamu merasa bosan. Kamu perlu membawa games untuk mengisi waktu luangmu. Jika Kamu naik kapal bareng bersama temanmu maka Kamu perlu membawa games seperti uno, misalnya. Hal tersebut setidaknya dapat mengatasi kebosanan selama dalam perjalanan.

9. Pemandangan di luar dock kapal bagus lho! Ini bisa menjadi pengalaman menarikmu

Jika kamu terbiasa dengan pemandangan saat menggunakan moda trasportasi darat seperti kereta atau moda transportasi udara. Maka sesekali Kamu harus merasakan pemandangan saat menggunakan moda transportasi kapal laut. Kamu bisa menikmati sunset sekaligus sunrise secara langsung di laut lepas.

***

Bila Kamu penasaran ingin merasakan sensasi naik kapal, Kamu bisa menggunakan 9 tips di atas sebagai panduan.

Baca juga  artikel lainnya, ya!

 

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Makna Dibalik Kode Booking Pesawat yang Belum Anda Tahu

Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia 2020, Indonesia Turun Peringkat

4 Ketentuan Bagasi Kereta Api yang Wajib Diketahui

Panduan Lengkap Cara Naik Kereta ke Bandara Soekarno-Hatta

Perbedaan LRT dan MRT, Warga Indonesia Udah Paham?

Saat Tiba-tiba Kapal Tenggelam, Inilah yang Harus Segera Anda Lakukan

FALLBACK
The END