Tips Mudik Naik Bus Agar Tetap Seru dan Menyenangkan Selama Perjalanan

Tips mudik seru dan menyenangkan dengan bus agar tidak bosan selama perjalanan (Instagram/@rafiq_tours)

Mudik menjadi salah satu momentum paling ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia, karena saat itu seluruh sanak keluarga bisa berkumpul bersama. Mudik bagi masyarakat Indonesia sudah seperti tradisi rutin yang wajib setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mudik bisa dilakukan dengan berbagai jenis mode transportasi seperti transportasi umum meliputi bus, pesawat, kereta api, dan kapal; atau transportasi pribadi meliputi motor dan mobil.

Bus menjadi transportasi yang masih banyak diminati karena aman dan cukup terjangkau, meskipun membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke tempat tujuan. Tak jarang karena lamanya waktu perjalanan membuat para pemudik menjadi bosan. Untuk mengantisipasinya, agar perjalanan mudik menjadi lebih menyenangkan berikut disajikan lima tips yang perlu diperhatikan.

1. Cari Informasi tentang Bus yang Digunakan

Sebelum berangkat carilah informasi mendalam terkait bus yang akan digunakan untuk perjalanan mudik. Informasi seperti waktu keberangkatan dan tujuan akhir sangat penting untuk meminimalisir resiko salah jurusan. Cek juga kredibilitas bus, pastikan bus layak jalan dan memiliki fasilitas yang cukup sehingga dapan menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik.

2. Beli Tiket Resmi

Belilah tiket resmi bus langsung dari pihak pool bus agar tidak terlalu mahal. Tiket resmi ini umumnya dijual di pool bus disekitar terminal-terminal keberangkatan. Tiket bus saat menjelang lebaran seperti ini memang akan sedikit lebih mahal daripada saat hari biasa, namun akan cenderung lebih murah jika dibandingkan membeli pada calo-calo.

3. Cek Jadwal Keberangkatan

Setelah tiket didapat selanjutnya adalah memeriksa jadwal keberangkatan bus. Hal ini penting agar anda tidak kehabisan bus atau menunggu bus terlalu lama di terminal keberangkatan. Berangkatlah lebih awal agar bisa mendapatkan posisi tempat duduk yang nyaman selama perjalanan.

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Sangat penting untuk menggunakan pakaian yang nyaman saat mudik mengingat waktu perjalanan bisa saja sangat lama. Pilih pakaian yang memungkinkan tubuh leluasa untuk bergerak bebas. Siapkan jaket untuk berjaga-jaga saat suhu udara di dalam bus berubah menjadi dingin. Hindari penggunaan perhiasan berharga untuk mengantisipasi tindak kejahatan pada diri sendiri.

5. Siapkan Pengusir Bosan

Bawalah barang bawaan secukupnya, dan yang paling penting siapkan pengusir bosan. Pengusir bosan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan hobi, jika anda gemar membaca membawa buku menjadi langkah tepat untuk mengusir bosan. Namun bagi anda yang menyukai musik atau film cukup dengarkan dan tonton melalui smarphone anda saja. Sebelum berangkat pastikan telah mengisi penuh daya baterai smartphone, jika perlu bawalah power bank.

Dapatkan ulasan menarik tentang mudik dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar