Suka Wisata Kota? Ini Tips Memotret Bangunan Agar Hasil Fotomu Nampak Menarik

Kamu sering jalan-jalan keliling kota sambil memotret? Kami berikan tips memotret bangunan agar hasil fotomu nampak menarik.

Ditulis Oleh Meilia Surya W

Deretan gedung dan bangunan yang megah, artistik, dan unik, seperti bangunan tua, kuno dan bangunan bersejarah pasti sering dijumpai saat traveling yang membuat orang tidak tahan untuk memotretnya. Mulai dari foto selfie, OOTD ataupun hanya memotret bangunannya saja. Saat melakukan pemotretanpun ada trik-trik tersendiri untuk menghasilkan foto yang bagus.

Selain penggunaan alat, kemampuanmu dalam mengambil foto juga menentukan hasil foto tersebut. Menggunakan kamera smartphone bukan berarti fotomu akan lebih jelek daripada menggunakan kamera DSLR, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, simak trik-trik yang dalam artikel ini:

1. Tak perlu memaksa harus memasukan semua bagian bangunan, cukup pilih sisi paling menarik dari bangunan tersebut

bahan paling menarik dari bangunan

Pilihlan bagian gedung paling menarik untuk dipotret

Dalam suatu bangunan terdapat beberapa spot yang bisa dijadikan background foto, ambilah bagian yang paling menarik, mungkin bagian yang terdapat ukir-ukiran, bagian terminimalis dan antik atau bagian lain yang nampak eye catching. Jika sering melakukannya, kelamaan intuisimu memilih angle terbaik akan terasah.

 

2. Manfaatkan sudut perspektif dari bangunan

bahan perpsektif

Memanfaatkan sisi perspektif bangunan, membuat fotomu semakin menarik.

Perspektif atau sudut pandang adalah teknik atau metode untuk menggambar objek-objek berupa benda, ruangan (interior), dan lingkungan (eksterior) yang ukurannya lebih besar dari manusia.

Teknik ini tercipta karena keterbatasan jarak pandang mata kita dalam melihat objek. semakin jauh jarak mata dengan benda, semakin kecil penampakannya dan bahkan akan hilang dari pandangan pada jarak tertentu. Sebaiknya, semakin dekat jarak mata kita, benda tersebut akan terlihat semakin besar.

Cobalah memotret bangunan dari berbagai sisi bangunan untuk mendapatkan perspektif berbeda.

 

3. Cobalah bereksperiman mengambil gambar dari sudut pandang atas (high angle) dan sudut pandang bawah (low angle)

bahan high angle

Untuk menunjukan tampilan berbeda suatu bangunan, Kamu bisa bereksperimen dengan memotretnya dari high angle

 

bahan low angel

Potret bangunan dari low angle

Selain high angle, cobalah mengambil gambar dari low angle, yaitu ambil foto dengan meletakkan kamera di bawah objek. Pilihlah sudut yang paling menarik, menggunakan tips no.2 di atas.
 

4. Manfaatkan interior bangunan untuk dijadikan foreground foto

 

 

foreground

Memanfaatkan foreground membuat foto tidak monoton.

Foreground adalah objek lain di depan objek utama. Dalam hal ini, bangunan adalah objek utamanya. Dalam memotret bangunan, memanfaatkan foreground dapat membuat hasil foto lebih menarik, berdimensi dan realistis. Foreground bisa apapun yang nampak menarik; manusia, tanaman, gedung lain, mobil dan lain sebagainya.
 
 

5. Perhatikan garis horizon saat memotret bangunan

bahan garis horizpntal

Perhatikan garis horizontal suatu untuk hasil foto yang lurus dan sejajar

 
Bukannya tidak boleh memotret bangunan secara miring, namun perlu di perhatikan sudutnya karena dapat berakibat foto menjadi tidak pas dan kurang enak dilihat.
 

6. Jadikan dirimu sebagai objek utama, padukan fashion yang kamu pakai, sesuaikan dengan bangunan yang menjadi background foto

 

 

objek foto utama

Jangan sampai salah kostum.

Jika kamu menjadikan dirimu sebagai objek utama foto dan bangunan sebagai backgroundnya, sebaiknya selaraskan pakaian yang kamu gunakan agar hasil foto lebih menarik dan tidak timpang.
 
Contohnya, ketika kamu foto di bangunan kuno yang artistik tidak cocok ketika kamu menggunakan dress atau kemeja berpakaian resmi, kami bisa berpakaian kasual.
 
 

7. Gunakan lensa wide 16mm – 35mm

bahan lensa wide

Hasil foto menggunakan lensa wide

 
Menggunakan lensa wide 16mm – 35mm akan dapat mencakup keseluruhan gedung sehingga memperlihatkan desain arsitektur gedung tersebut. Pengambilan foto gedung yang tidak menyeluruh, kesan artistik akan susah didapatkan.
Next Post