Tip Liburan ke Riau Saat Terjadi Fenomena Equinox

Anda yang berencana liburan ke Riau pada pertengahan September ini harus memperhatikan pengumuman dari BMKG baik-baik. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pada 22 September 2018, Provinsi Riau diprakirakan akan mengalami fenomena equinox.

Equinox sendiri adalah fenomena astronomi di mana posisi matahari akan berada tepat di atas garis khatulistiwa. Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam akan sama panjang. Equinox akan berlangsung pada jam yang sama di seluruh dunia, yakni 10.20 GMT.

Baca juga: Tips packing paling efisien dan tidak ribet

Dampak lainnya, sinar matahari akan lebih terik dari biasanya. Jangan heran bila suhu udara Riau pada 22 September nanti lebih panas. Namun demikian, suhu udara tidak akan berubah ekstrem.

Mengutip dari tempo.co, diprakirakan suhu udara di Riau tidak akan lebih dari suhu tertinggi yaitu 36-37 derajat Celsius. Sinar matahari yang lebih terik akan membuat proses penguapan air dan pembentukan awan lebih sempurna. Maka, kemungkinan besar saat malam tiba hujan turun disertai petir dan angin kencang.

Bila Anda sudah merencanakan buat liburan ke Riau, sebaiknya perhatikan kembali barang-bawang yang akan dibawa. Berikut tip liburan di Riau saat terjadi equinox;

1. Pertama, kenakan pakaian dengan bahan tipis

pakaian pantai

Tip liburan ke Riaru: Anda bisa kenakan celana pendek dipadukan basic t-shirt yang berbahan tipis dan menyerap keringat. Foto dari

Pakaian tipis akan membuat tubuh nyaman bergerak di tengah cuaca panas dan sinar matahari yang terik. Selain tipis, pastikan bahan pakaiannya juga menyerap keringat dan adem.

2. Bawa jaket untuk mengantisipasi tiba-tiba turun hujan seperti yang diprakirakan oleh BMKG

Disebutkan bahwa saat equinox terjadi, sinar matahari cenderung bersinar lebih terik. Namun, saat malam tiba, bisa jadi hujan deras disertai angin kencang dan petir menyambar akan menemani malam-malam Anda di Riau. Maka, baiknya menyediakan jaket juga. Buat menghangatkan tubuh saat malam tiba.

Tak perlu jaket berbahan bulu angsa, sweater atau pun jaket parka berbahan cotton twilll pun sudah cukup.

3. Selalu sedia air mineral di ransel Anda

tip liburan ke riau

Saat liburan ke Riau bertepatan dengan equinox, kebutuhan air pada tubuh harus tercukupi. Foto dari shutterstock.com

Cuaca yang terik membuat tubuh lebih cepat merasa dahaga. Membawa air mineral dalam ransel bisa membantu melepaskan dahaga. Selain itu, tubuh pun akan terhindar dari risiko terserang dehidrasi.

4. Gunakan sunblock dan skincare lainnya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari

tip liburan ke riau

Liburan ke Riau saat equinox dipastikan akan lebih terik, lindungi wajah dengan sunblock. Foto dari shutterstock.com

Penggunaan sunblock begitu penting. Namun demikian, Anda harus memperhatikan jenis sunblock atau pun sunscreen yang akan Anda gunakan. Yang patut Anda perhatikan, banyak orang yang menganggap sunblock dan sunscreen adalah hal yang sama. Padahal keduanya memiliki fungsi yang beda. Kami telah mengulas beda sunblock dan sunscreen yang cocok diaplikasikan saat jalan-jalan. Selengkapnya baca dengan klik di sini.

Selain sunblock, pelembab wajah begitu dibutuhkan untuk menutrisi kulit agar tidak kering atau pun rusak selepas liburan.

Baca juga: Bingung mau wisata Riau di mana saja? Berikut kami rekomendasikan 11 Destinasi wisata Riau terpopuler

5. Kacamata!

fashion wanita gemuk

Pilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Foto dari indtagram Uchita Pohan

Kacamata bisa melindungi mata dari sinar matahari yang terik. Anda akan lebih nyaman berkegiatan dan tampil lebih stylish tentunya.

Dapatkan ulasan menarik tentang tips liburan dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....