Sidebar

8 Tips Packing untuk Traveling yang Efisien

Packing akan memakan waktu lama dan gagal apabila tidak kita persiapkan dengan baik, Ikuti 8 tips packing ini untuk membuat perjalanan anda sesuai rencana

SHARE :

Ditulis Oleh: Ghozali Qodratullah

Packing merupakan salah satu kegiatan persiapan perjalanan yang sangat merepotkan ketika Anda belum mengetahui bagaimana caranya. Foto dari sini

Salah satu hal yang merepotkan dan memakan waktu saat akan bepergian adalah berkemas atau packing. Selain memakan waktu, packing juga kerap menyita tenaga karena harus berpikir keras mana barang yang harus dibawa dan mana barang yang harus ditinggal, semua barang terasa penting. Terlebih jika Anda jarang melakukan perjalanan yang harus memaksa Anda untuk membawa kebutuhan Anda lebih dari satu hari.

Berikut ini tips packing yang bisa Anda lakukan gar Anda lebih siap untuk mernikmati perjalanan Anda.

1. Buat Daftar

Membuat daftar itu perlu agar tidak ada benda yang ketinggalan. Selain itu, membuat daftar bisa membantu Anda mensortir benda yang tidak perlu dibawa.

Ketika membuat daftar, pastikan Anda telah mengetahui apa saja yang akan Anda lakukan ketika Anda traveling. Hindari membawa yang kurang dibutuhkan atau mudah ditemukan ketika kita berada di tempat tujuan Anda. Pastikan barang yang Anda masukkan ke dalam ransel Anda adalah benda yang memang diperlukan dan tidak dapat ditemui ketika melakukan perjalanan.

2. Gulung Baju

Menggulung baju merupakan cara yang tepat untuk memaksimalkan penggunaan ruang pada ransel Anda. Ketika Anda hendak menggulung baju, pastikan bahan baju Anda adalah baju yang tidak mudah kusut untuk digulung.

Ini pengecualian ketika Anda memiliki baju dengan bahan yang mudah kusut, tidak usah menggulungnya, lipatlah baju menjadi ukuran paling kecil yang efisien.

3. Kategorikan Barang Anda

Kategorikan barang bawaan Anda, mulai dari pakaian, alat mandi, barang elektronika, dokumen, hingga kabel. Pembuatan kategori seperti ini untuk mempermudah dalam melakukan pengecekan benda mana saja yang belum terbawa. Setelah semua benda telah Anda kategorikan, masukan benda tersebut per kategori ke dalam kantong, plastik atau tempat kecil lainnya, sehingga akan lebih mudah dalam memasukkan masukan mengeluarkan barang berdasarkan kategori benda tersebut.

Penggunaan kantong kecil ini juga bermanfaat untuk menghindari barang yang tercampur maupun terselip di dalam ransel Anda. Penggunaan kantong kecil ketika akan melakukan packing akan mempermudah imajinasi Anda dalam membuat skenario memasukkan kantong-kantong kecil tersebut ke dalam ransel. Hal ini akan sangat menghemat waktu anda sehingga tidak perlu memasuk-keluarkan benda-benda Anda lagi karena salah tempat di dalam ransel Anda.

4. Susun Barang Berdasarkan Prioritas yang Dibutuhkan Terlebih Dahulu

Penyusunan barang yang baik adalah berdasarkan tingkat seberapa sering benda tersebut dibutuhkan. Peralatan mandi dan baju mandi tentu saja baru kita keluarkan ketika kita sudah masuk ke dalam kamar penginapan. Berbeda dengan kamera atau tisu yang akan lebih sering Anda butuhkan ketika sedang dalam perjalanan. Gunakanlah ransel dengan ketersediaan saku yang banyak, sehingga mempermudah Anda dalam memisahkan dan mengambil benda-benda tersebut yang memang akan lebih sering Anda butuhkan.

5. Gunakan Tas Kecil Untuk Benda Utama

Bawalah tas kecil yang bisa Anda pakai kemana saja tanpa mengganggu aktivitas Anda. Tas kecil ini bisa Anda isi dengan benda-benda penting dan berharga, semisal ponsel, dompet, tiket, kunci penginapan atau lainnya. Tas kecil seperti ini juga mempermudah Anda dalam bergerak tanpa harus bolak-balik menurunkan tas ransel Anda.

6. Bawa Persediaan Kantung Plastik dan Karet Gelang

Sediakanlah kantung plastik dan karet gelang yang bisa Anda selipkan dalam saku kecil ransel Anda. Kantung pastik bisa digunakan semisal saat hujan guna melindungi dompet dan ponsel Anda. Membawa karet juga akan berguna untuk merapikan kabel charger dan earphone Anda ketika berada di dalam ransel.

7. Bawa Barang Multifungsi

Penggunaan barang yang multifungsi akan meringkas jumlah barang bawaan Anda. Semisal ketika Anda merasa sudah cukup menggunakan kamera ponsel, maka Anda tidak perlu lagi membawa kamera selain kamera ponsel. Anda juga bisa memasukkan benda kecil namun penting lainnya ke dalam daftar bawaan Anda.

8. Sisipkan Uang Cadangan di Bagian yang Mudah Dijangkau

Jangan menyimpan uang dalam satu tempat, gunanya adalah untuk menghindari Anda kehilangan semua uang Anda ketika kejadian buruk menimpa Anda. Sisipkanlah sebagian pada bagian ransel Anda yang tidak mudah untuk dijangkau atau tidak mudah terlihat.

Baca Juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END