Sidebar

Tiket dan Hotel Bermasalah? Jangan Panik, Ini yang Perlu Dilakukan

Jangan panik, sebagai bekal awal berikut disajikan beberapa hal yang harus dilakukan saat tiket dan hotel bermasalah. Simpan bukti pembayaran dan laporkan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Tim Phinemo

Tidak ada seorangpun yang menginginkan masalah terjadi di dalam hidupnya. Namun terkadang masalah selalu hadir meskipun tidak diharapkan. Termasuk saat berwisata, masalah yang sering terjadi biasanya adalah tiket dan hotel mulai dari double booking, pemesanan tidak terdaftar, hingga seat/kamar habis.

Sebagai seorang yang bergerak dibidang tour travel, tentunya anda dituntut untuk menguasai jika suatu saat permasalahan ini terjadi. Dibutuhkan jam terbang tinggi untuk bisa benar-benar memahami dan memberikan penyelesaian yang tepat serta cepat atas permasalahan ini. Sebagai bekal awal berikut disajikan beberapa hal yang harus dilakukan saat tiket dan hotel bermasalah.

1. Double Booking

Double booking bisanya terjadi saat anda melakukan pemesanan tiket pesawat atau hotel dengan koneksi internet yang tidak stabil atau ada kendala dari pihak pemroses pembayaran. Saat hal ini terjadi sesegera mungkin untuk menghubungi pihak maskapai atau hotel dengan menunjukkan bukti pembayaran yang sah. Pihak maskapai atau hotel akan langsung memproses laporan dan memberikan solusi berupa pengembalian uang.

2. Pemesanan Tidak Terdaftar

Kemungkinan saat terjadi kasus pemesanan tidak terdaftar adalah adanya kesalahan dalam sistem maskapai atau hotel dan adanya perbedaan data diri yang diberikan. Segera laporkan masalah ini kepada pihak maskapai atau hotel dengan melampirkan bukti pembayaran. Dari hal ini dapat diambil pelajaran untuk memberikan data diri yang valid sesuai dengan tanda pengenal yang dimiliki.

3. Saat Seat/Kamar Habis (Over Booked)

Permasalahan semacam ini biasanya terjadi saat peak season, dimana kebutuhan akan transportasi dan akomodasi sangat tinggi. Hal ini murni kesalahan dari pihak maskapai atau hotel. Cara mencegahnya dapat dilakukan dengan melakukan check-in jauh lebih awal saat periode peak season. Jika terpaksanya tetap kehabisan seat/kamar, pihak maskapai atau hotel akan menawarkan pengalihan ke penerbangan atau kamar lainnya dengan fasilitas tambahan (uang ganti rugi, tambahan fasilitas layanan, atau upgrade kelas layanan/tipe kamar).

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Bisnis yang Untung Besar Saat Wabah Covid-19, Nasib Industri Wisata?

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

3 Pembelajaran dari Kegagalan First Travel dalam Mengelola Bisnis Tour Travel

5 Tren Produk Wisata yang Diprediksi Naik Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

3 Target Pasar Potensial Open Trip, Tour Agent Harus Tahu!

Maksimalkan Link Bio Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

FALLBACK
The END